Cirebon Waterland, Foto, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Dipublikasikan oleh Budi Darmawan Kusuma ∙ 6 September 2018 ∙ 5 menit membaca

Bila kamu punya rumah di kota Cirebon pasti pernah mengunjungi  Cirebon Waterland. Tempat ini sangat cocok dijadikan untuk destinasi wisata seru bersama keluarga jika sedang berada di kota Cirebon.

Dulunya taman rekreasi air ini bernama Taman Traffic Cirebon lalu pada 1966 berganti nama Taman Ade Irma Suryani Nasution. Diambil dari nama salah satu putri Jenderal Besar Dr. Abdul Haris Nasution. 

Sayangnya usai pergantian nama, taman wisata ini tak kunjung ramai. Akhirnya pihak pengelola mengubah taman menjadi waterboom serta kawasan pasir putih seperti pulau.

Pada 1 Juli 2015, waterland resmi dibuka diatas lahan seluas 3 hektar. Dari sinilah mulai tampak perbedaan besar jumlah pengunjung yang mendatangi wisata ini.

Baca Juga:

Daya Tarik Cirebon Waterland

Sesuai dengan namanya Cirebon Waterland merupakan wahana permainan air dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan menarik. Pengunjung ditawarkan kawasan wisata air dengan konsep petualangan.

Desain dari tempat wisata sangat unik dan berbeda dengan tempat wisata air lainnya di Jawa Barat. Tersedia fasilitas permainan seperti mini coaster, area playground, penyewaan ATV dan masih banyak lagi lainnya.

Beberapa daya tarik lainnya yang ada di Cirebon Waterland adalah :

Berbagai Wahana Air

(Pexels)

Untuk wahana permainan airnya cukup lengkap. Tersedia kolam arus, air mancur, ember tumpah bahkan seluncuran besar. Kolam renangnya sendiri memiliki kedalaman 1.5 meter.

Makan Di Kapal Cheng Ho

(Pexels)

Jika sudah lelah berenang maka waktunya bersantap siang di Kapal Cheng Ho. Konsep restoran ini memang cukup unik karena bertema pelaut. Para pelayannya berpakaian ala nahkoda dan awak kapal.

Menu yang tersedia juga bervariasi yaitu pilihan menu seafood dan kuliner khas Cirebon. Kamu juga bisa langsung berfoto menghadap kapal yang langsung ke arah laut utara Jawa.

Di sisi restoran ada dermaga yang menyuguhkan laut mempesona. Pada malam hari pemandangannya tak kalah mempesona. Khususnya di pinggir dermaga yang berlatar cahaya lampu dari restoran kapal ini.

Rumah Apung

(Shutterstock)

Jika lelah kamu bisa beristirahat dulu di rumah apung. Ada sekitar 40 cottage disini yang menyerupai rumah apung di Gorontalo dan Pulau Cinta. Fasilitas yang disediakan penginapan ini lengkap.

Ada tiga tipe pilihan cottage yang ditawarkan diantaranya adalah :

Pool View Cottage

Kamar dengan luas 63 meter persegi ini memiliki teras atau balkon, meja, shower, air panas, kamar mandi pribadi, satu double bed, kolam renang serta ruang bebas rokok.

Ada pula pelayanan gratis lainnya seperti coffee atau tea maker serta air minum kemasan. Jika menginap disini kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 1.500.000 per malamnya.

Sea View Cottage

Luas dari kamar ini sama dengan pool view cottage dan dilengkapi dengan balkon atau teras. 

Ada satu double bed,shower, ruang bebas rokok, kolam renang, meja, TV serta  pelayanan gratis seperti coffee atau tea maker serta air minum kemasan.

Menariknya, kamu bisa menikmati pemandangan laut langsung dari kamarmu. Harganya sendiri sekitar Rp. 1.700.000 per malamnya.

Suite Family Cottage

Tempat ini lebih luas karena dikhususkan untuk keluarga. Luasnya sekitar 252 meter persegi dengan empat  double bed. 

Harganya sendiri mulai dari Rp. 4.000.000 per malam. Fasilitas yang tersedia kurang lebih sama dengan dua tipe diatas.

Cottage juga dilengkapi fasilitas pendukung seperti layanan kamar dan keamanan 24 jam, jasa penitipan bagasi, ruang bagasi, WiFi hingga area parkir.

Jika lapar tak perlu bingung sebab sudah ada area food court atau tempat makan disini. Ada pula layanan ruangan untuk pernikahan dengan biaya sewa bervariasi. 

Ketika senja tiba para pengunjung yang menginap di cottage akan disuguhi dengan pemandangan cantik dan terkesan romantis sehingga cocok untuk tempat bulan madu bagi pasangan baru.

Tiket Masuk

(Pexels)

Harga tiket masuk adalah Rp. 20.000 dan tiket masuk kolam renang pada hari biasa sebesar Rp. 30.000. Jika masuk hari libur maka tarifnya naik sebesar Rp. 65.000 per orang untuk dua kawasan diatas.

Bila ingin masuk ke wilayah dermaga bambu, pengunjung perlu membayar Rp. 15.000 per orangnya. Kamu juga bisa menyewa kapal nelayan sebesar Rp. 10.000 per orangnya dengan kapasitas maksimum 10 orang.

Jam operasionalnya buka mulai 09.00-21.00 WIB pada hari biasa. Sementara ketika weekend buka dari 08.00-21.00 WIB.

Lokasi dan Rute Menuju Cirebon Waterland

Tempat wisata air ini berada di Jalan Yos Sudarso nomor 1 Lemahwungkuk kota Cirebon, Jawa Barat. Kamu juga bisa mengikuti rute Google Map dibawah ini.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata bisa menggunakan mobil atau transportasi lainnya melalui pintu gerbang tol Palimanan Cirebon. Apabila datang dari arah Jakarta maka dapat mengambil Jalan Panglima Sudirman ataupun Jalan Raya Arya Winangun Palimanan. 

Dari rute tersebut maka lokasi bisa ditempuh dalam waktu 30-35 menit. Bila dari arah Jawa Tengah maka bisa mengambil rute Jalan Pantura. Jaraknya berkisar 32 km dan mampu ditempuh dalam 40 menit.

Cirebon Waterland tidak hanya menawarkan wahana permainan air saja. Kamu juga bisa menginap di cottage yang dibangun diatas laut lepas.



Baca Juga :


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah