Info Area

Cianjur

Jawa Barat

Cianjur

Kabupaten Cianjur yang terkenal dengan kota penghasil beras dan tauco ini merupakan salah satu daerah yang masuk di dalam Provinsi Jawa Barat. Cianjur termasyhur pula dengan filosofi ngaos, mamaos, dan maenpo. Ngaos merupakan tradisi mengaji yang mencerminkan kegiatan keagamaan. Mamaos mewakili perilaku seni budaya yang juga terdapat dalam diri masyarakat Cianjur, senin mamaos bisa kita lihat dari tembang Sunda Cianjuran. Maenpo sendiri merupakan seni bela diri kuno yang asli dari Cianjur dan kini lebih dikenal dengan nama Pencak Silat.

Wilayah Cianjur sebagian besarnya berupa dataran tinggi, sehingga memiliki udara yang cukup sejuk. Namun, di bagian selatan Cianjur yang dekat dengan pesisir pantai merupakan daerah dataran rendah. Jadi, Cianjur cukup memiliki tempat wisata yang komplet, dari gunung sampai pantai. Komoditas utama Kabupaten Cianjur adalah hasil pertanian, berupa beras, sayur-sayuran, teh dan tanaman hias. Di daerah Cianjur Tengah dikenal sebagai penghasil padi, kelapa, dan buah-buahan. Sementara di Cianjur Selatan banyak ditemukan hasil tumbuhan palawija, perkebunan teh, karet, aren, dan cokelat.

Komoditas terkenal dari Kabupaten Cianjur adalah beras. Beras dari Cianjur sejak dulu terkenal akan kualitasnya, ukurannya cukup besar dibandingkan dengan beras pada umumnya. Aromanya juga wangi dan rasanya pulen. Beras khas Cianjur ini biasa disebut dengan beras Pandan Wangi karena satu-satunya berasa yang bila dimasak, akan memunculkan wangi beraroma pandan.

Kabupaten Cianjur yang dikelilingi pegunungan membuatnya begitu asri. Pemerintah kabupaten juga sedang gencar membuka peluang investasi di sektor properti. Hal ini karena kebutuhan permukiman yang layak dan nyaman semakin tinggi di Cianjur. Hunian-hunian berkualitas dengan harga yang terjangkau juga kini sudah mulai banyak ditemukan di Cianjur. Hal ini menandakan jika Cianjur memiliki prospek yang cerah di bidang investasi properti. Jadi, tertarik membeli rumah di Cianjur?

Populasi
2.372.459 Jiwa (2021)

Luas Wilayah
3.840,16 Km2

Plat kendaraan
F

Fasilitas Umum di Cianjur