Info Area

Ciamis

Jawa Barat

Ciamis

Kabupaten Ciamis letaknya berada di Tenggara Provinsi Jawa Barat. Dulunya, kabupaten Ciamis memiliki wilayah yang cukup luas, sebelum beberapa daerahnya dimekarkan. Contohnya seperti Kecamatan Banjar yang kemudian statusnya diganti menjadi kota administratif. Kemudian di bagian selatan Ciamis dimekarkan menjadi Kabupaten Pangandaran yang memiliki 10 kecamatan pada tahun 2012 lalu. Kabupaten ini juga merupakan daerah perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan dan dataran tinggi, sehingga memiliki udara yang cukup sejuk, kecuali di sebelah Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap yang berada di dataran rendah. Sebagian besar mata pencaharian penduduk di Ciamis merupakan petani, sehingga tidak heran jika wilayah Kabupaten Ciamis masih memiliki banyak daerah persawahan dengan pemandangan yang memesona.

Ciamis memiliki sejarah yang cukup panjang. Dulunya, Ciamis merupakan pusat Kerajaan Galuh. Beberapa tempat yang berkaitan dengan Kerajaan Galuh masih bisa kita temukan di beberapa daerah, seperti di Kawali, Karangkamulyan, dan Imbanagara. Karena menjadi ibu kota kerajaan, dulunya Kabupaten Ciamis diberi nama Kabupaten Galuh. Perubahan nama dari Galuh menjadi Ciamis dilakukan oleh R.A.A Sastrawinata lalu pada tahun 1916 terjadi gugatan terhadap penggantian nama Galuh menjadi Ciamis. Hingga saat ini, masih banyak pula yang menggugat nama Ciamis untuk dikembalikan lagi ke nama Galuh.

Ciamis juga memiliki potensi wisata yang tinggi. Daerah ini bisa menjadi salah satu destinasi liburan seru bersama keluarga atau teman-teman. Daerahnya yang sejuk dan asri akan membantu mengobati rasa lelah dan letih selesai beraktivitas. Kabupaten Ciamis juga bisa menjadi pilihan untuk tempat tinggal, cocok bila ingin dijadikan tempat pensiun. Kotanya yang tidak terlalu padat, udara yang masih bersih, dan warganya yang ramah, bisa menjadi pertimbangan. Properti di sini juga belum terlalu mahal, bila berminat membeli rumah di Ciamis, sebaiknya langsung cari rekomendasinya.

Populasi
1.257.769 Jiwa (2020)

Luas Wilayah
1.415,00 km2

Plat kendaraan
Z

Fasilitas Umum di Ciamis

  • Universitas Galuh

    Lihat di Peta
  • Institut Agama Islam Darussalam (IAI Darussalam)

    Lihat di Peta
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Putra Banjar (STIKES Bina Putra Banjar)

    Lihat di Peta
  • Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ma'arif Ciamis (STAI Al-Ma'arif Ciamis)

    Lihat di Peta
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah (STIKES Muhammadiyah)

    Lihat di Peta
  • Sekolah Tinggi Agama Islam Putra Galuh Ciamis (STAI Putra Galuh Ciamis)

    Lihat di Peta