Info Area

Candi Penataran

Tak hanya Jawa Tengah yang memiliki wisata sejarah dan edukasi seperti Candi. Jawa Timur, khususnya kabupaten Blitar juga punya candi yang tak kalah keren. Candi Penataran. Candi yang satu ini dikenal sebagai candi termegah dan terluas di wilayah Jawa Timur, lho.

Obyek wisata satu ini bisa banget jadi pertimbangan tempat berlibur untuk Pins yang memiliki rencana membeli perumahan di Blitar. Kamu yang tinggal di wilayah Jawa Timur selain Blitar, juga bisa banget mampir saat lewat ya.

Dalam ulasan ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai obyek wisata Candi Penataran.

Baca Juga: 26 Makanan Khas Tulungagung yang Sayang untuk Dilewatkan

Sejarah Candi Penataran Blitar

Candi penataran
(Wisata Bagus)

Mengenal sejarah dari candi ini dapat dimulai dari prasasti yang di temukan di salah satu bagian candi.

Diperkirakan dari informasi Prasasti tersebut bahwa Candi Penataran berdiri pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kediri yang berkuasa pada tahun 1200 Masehi hingga Kerajaan Majapahit pada tahun 1415.

Di dalam kitab Desawanana atau Nagarakratagama yang ditulis pada 1365, candi ini adalah sebuah bangunan Suci atau dikenal sebagai “Palah” yang pernah dikunjungi oleh Raja Hayam Wuruk saat perjalanan ke Jawa Timur. Pada tahun 1995 Candi ini didaftarkan untuk menjadi Salah Satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Arsitektur Komplek Candi

Candi penataran
(Kompas)

Candi ini memiliki luas sekitar 12.946 m2 yang didalamnya terdapat beberapa komplek candi yang mengelilingi. Berikut penjelasan beberapa komplek percandian di Candi Penataran:

1. Halaman Depan

Di bagian depan candi terdapat dua buah Arca yang bernama Dwarapala. Selain itu di halaman depan candi juga masih terdapat sisa pintu gerbang menuju Pendopo, Teras, Bale Agung dan juga Candi Angka Tahun.

  • Pintu Gerbang Utama 

Di pintu gerbang utama ini kamu dapat melihat sisa-sisa pintu Gerbang Komplek Candi yang terbuat dengan batu bata. Lokasinnya tidak jauh dengan arca Dwarapala.

  • Arca Dwarapala

Ini merupakan arca penjaga pintu gerbang utama karena lokasinnya mengapit pintu gerbang, sehingga masyarakat setempat juga menyebut arca ini sebagai Reco Pentung.

  • Bale Agung

Ini adalah tempat bermusyawarah para pendeta Kerajaan. Bangunan ini memiliki luas 37m x 18,84 m x 1,44 m.

Bale Agung ini berada di depan sisi barat laut halaman depan Candi Penataran.

  • Pendopo Teras

Lokasi Pendopo teras ini berada di sebelah tenggara Bale agung, tempat ini dipercaya dulunnya digunakan sebagai tempat untuk meletakan persembahan atau sesajen ketika sedang diadakan upacara keagamaan.

Selain itu Relief Candi Penataran di pendopo ini juga menggambarkan mengenai kisah Bubhuksah dan Gagang Asking, Sri Tanjung dan Sang Setyawan.

  • Candi Angka Tahun 

Candi Angka Tahun memiliki nama lain yaitu Candi Brawijaya dan Candi Ganesha yang dimana bangunan ini adalah bangunan paling terkenal di Komplek Percandian Candi Penataran.

Didalam Candi ini dapat terlihat relief Surya Majapahit yang terletak di batu penutup Cungkup Candi.

Baca Juga:

2. Halaman Tengah

Didalam halaman tengah ini terdapat dua arca Dwarapala dan enam sisa bangunanan, serta Candi Naga.

  • Arca Dwarapala

Mengenai Arca Dwarapala ini hampir ada disetiap komplek Candi karena mungkin tugasnya adalah sebagai Prajurit yang menjaga di Candi Penataran Blitar.

  • Candi Naga

Kenapa disebut sebagai Candi Naga ? Karena dilihat dari arsitektur Candi ini dikelilingi oleh Naga yang berada disekelilingnya.

Selain itu di Candi Naga ini juga teradpaat Relief relief buatan mengenai Motif Medalion.

3. Halaman Belakang

Dihalaman belakang Candi penataran ini ana akan menjumpai sembilan buah bangunan Candi yang posisinya tidak beraturan, selain itu kamu juga dapat melihat prasasti Palah yag berupa Linggapala, simak ulasannya di bawah ini.

  • Prasasti Palah 

Dihalaman belakang sendiri kamu dapat melihat prasasti Palah yang didalam prasasti ini menunjukan sejarah berdirinnya Candi Penataran ini.

Prasasti ini dibuat oleh Raja Srengga pada tahun 1119 Saka atau !197 Masehi, Prasasti ini digunakan sebagai sarana penyembahan masyarakat di sekitar kerajaan.

Baca Juga:

Harga Tiket Masuk

Pins tertarik mengunjungi obyek wisata satu ini? Tenang, kamu bisa berkunjung di hari biasa ataupun saat liburan. Cek tiket masuknya di bawah ini

Tiket Masuk Candi PenataranBiaya
Tiket Masuk Candi / WeekdaysRp. 3.000
Tiket Masuk Candi / WeekendRp. 5.000
Parkir Motor
Rp. 2.000 / Seiklasnnya
Parkir Mobil
Rp. 5.000 / Seikilasnnya

Jam Operasional Candi Penataran Blitar

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Candi Penataran Blitar usahakan bisa datang di pagi atau Sore hari ya teman-teman karena suasannya lebih sejuk di banding disiang hari.

Jam buka Candi Penataran ini mulai dari jam 08.00 Pagi sampai dengan Jam 5 Sore WIB.

Fasilitas di Candi Penataran Blitar

Candi penataran
(Viva.co.id)

Fasilitas di Candi Penataran ini juga sudah cukup lengkap teman-teman, kamu tinggal datang dan nikmati saja keindahannya hehe, diantara fasilitas yang tersedia disini adalah :

  1. Bangku di Sepanjang Area sekitar Candi
  2. Toilet Umum
  3. Mushola
  4. Tempat Parkir yang luas
  5. Pusat Kuliner
  6. Oleh-oleh Khas Blitar

Lokasi Candi Penataran Blitar

Untuk alamat candi penataran ini kamu bisa menemukannya di Desa Penataran, Nglegok, Blitar Jawa Timur 66181. Atau untuk lebih mudah Pins juga bisa mengikuti arahan google maps berikut ini :

Tips Berwisata di Candi Penataran Blitar

Sebelum kamu berkunjung ke Candi Penataran ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan ya teman-teman.

  1. Perhatikan Barang Bawaan yang Kamu Bawa
  2. Jangan datang di Hari LIBUR! RAMAI banget.
  3. Usahakan datang di Pagi atau Sore hari.
  4. Jangan Buang Sampah Sembarangan
  5. Jangan Lupa Bedoa sebelum berangkat.


Temukan beragam pilihan perumahan sekunder di Blitar terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Kompas