Info Area

Candi Muara Takus

Jika sebelumnya banyak candi di Jawa yang jadi perbincangan, maka pulau sebelah juga tidak mau kalah. Pulau Sumatra, tepatnya Riau juga punya candi bersejarah yang wajib Pins kunjungi. Arsitektur candi yang satu ini terbilang unik lho.

Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas mengenai candi budha bernama Muara Takus. Tak hanya soal sejarah, tetapi juga arsitektur, fasilitas, dan info menarik lainnya.

Baca Juga: Dekotoz Villa Kampar, Info Foto, Rute, dan Harga Sewa

Sejarah Candi

(Kompas)

Sampai dengan saat ini belum terpecahkan kapan bangunan candi ini didirikan. Tapi menurut para sejarawan, candi ini dibangun pada abad ke 4, abad ke 7, abad ke 9 bahkan yang terakhir ada yang mengatakan pembangunan pada abad ke 14.

Tetapi diluar itu semua, candi ini dianggap telah berdiri sejak masa keemasan kerajaan Sriwijaya. Info lain menyebutkan bahwa Candi Muara Takus ini adalah pusat pemerintahan kerajaan Sriwijaya.

Candi ini dikelilingi oleh tembok berukuran 74 x 74 meter, dengan tinggi tembok 80cm. Selain itu diluar area candi terdapat juga sebuah tembok yang mengelilingi kompleks candi sampai ke pinggir sungai kampar.

Pada tahun 2009 yang lalu Candi Muara Takus ini sempat didaftarkan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO namun sampai dengan saat ini belum ada kejelasannya.

Mengenai asal muasal kata muara takus, ada dua pendapat yang memberi penjelasan berbeda. Pendapat pertama mengatakan bahwa “Takus” berasal dari salah satu anak sungai yang berada di kabupaten Kampar yaitu Sungai Kampar.

Sedangkan pendapat kedua mengatakan nama Takus ini berasal dari bahasa China, yang artinnya Besar, Tua, Candi atau Kuil.

Baca Juga:

Situs di Candi Muara Takus

(Aneka Tempat Wisata)

Berikut adalah beberapa situs yang ada di candi yang terletak di Kampar, Riau:

1. Candi Mahligai

Bangunan candi ini adalah yang paling utuh dibanding candi lainnya di Komplek Candi Muara Takus.

Terbagi atas tiga bagian yaitu ada kaki, badan dan atap, bangunan ini memiliki pondasi berupa persegi dengan ukuran 9,44 m z 10,6 m, serta memiliki 28 sisi yang mengelilingi alas candi.

2. Candi Tua

Lebih dikenal sebagai Candi Sulung dan merupakan bangunan terbesar diantara bangunan candi lainnya di komplek Candi Muara Takus.

Di dalamnya kamu dapat melihat bentuk dekorasi arca singa yang berada di sebelah barat dan timur pada pintu masuk ke candi ini.

3. Candi Bungsu

Letaknya tidak berada jauh dari Candi Tua, hanya saja bagian atas dari candi ini berbentuk persegi empat.

Di dalam Candi Bungsu kamu dapat melihat tiga potongan emas dan satu keping terdapat didasar lubang, serta goresan gambar-gambar tricula yang menghiasi candi.

4. Candi Palangka

Letaknya berada di sisi timur Tupa mahligai dengan ukuran Candi sekitar 5,10 x 5,7 meter. Candi ini dikenal oleh masyarakat sebagai tempat altar pada masa kerajaan Sriwijaya.

Baca Juga:

Harga Tiket Masuk

Lokasi dan ketenaran candi biasanya selaras dengan harga tiket masuknya. Berbeda dengan Candi Borobudur atau Prambanan yang menjadi obyek wisata favorit, harga tiket di Muara Takus terbilang lebih terjangkau.

Tiket Masuk Candi Muara Takus SumatraBiaya
Tiket Masuk Candi / WeekendRp. 5.000
Parkir Motor
Rp. 2.000 / Seiklasnnya
Parkir Mobil
Rp. 5.000 / Seikilasnnya

Untuk tiket masuknya masih cukup terjangkau kan? Jadi kamu tidak perlu khawatir akan menghabiskan uang banyak ketika berkunjung ke candi ini

Jam Operasional Candi

Candi Muara Takus beroperasi setiap hari sejak pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB. Jadi, pastikan kamu berkunjung di waktu yang tepat ya.

Lokasi Candi

(Andalas Tourism)

Letak Candi Muara Takus ini dapat kamu temukan di desa Muara Takus, Kec. XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau 28453 atau kamu juga bisa mengikuti arahan google maps berikut ini :

Tips Wisata

Untuk kamu yang sedang ada di Sumatera jangan lupa mampir ke Candi Muara Takus ini ya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika berkunjung ke Candi Muara Takus Riau.

  1. Silahkan datang di hari biasa agar menghindari kemacetan di objek wisata ini.
  2. Usahakan datang di pagi atau sore hari
  3. Bawalah bekal yang cukup
  4. Membawa kamera untuk mengabadikan moment di sana
  5. Tetap menjaga kebersihan dan ketertiban di Area Candi.

Jika ada kesahalan informasi dalam penulisan artikel ini mohon segera di ingatkan , agar nantinnya bisa segera diperbaiki dan memudahkan para wisatawan lain dalam mencari informasi yang valid mengenai Candi Muara Takus. Demikian terimakasih.

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan perumahan sekunder di Riau terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Andalas Tourism