Candi Arjuna

Dipublikasikan oleh Fahima Inas Malaika dan Diperbarui oleh ∙ 19 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Komplek dataran tinggi Dieng terkenal begitu banyak memiliki destinasi wisata alam dan sejarahnnya. Banyak hal menarik yang bisa Pins kunjungi di daerah Dieng ini, mulai dari Telaga Warna Dieng, Bukit Seroja Wonosobo, Kembang Langit Park, Kawah Sikidang dan masih banyak yang lainnya.

Namun di artikel ini, Pinhome akan mereview salah satu wisata di Dieng yang tak kalah populer yakni Candi Arjuna. Simak ulasan lengkapnya, yuk!

Review Wisata Candi Arjuna Dieng

travelspromo.com

Candi Arjuna Dieng ini adalah salah satu candi yang berada di komplek wisata Datarang Tinggi Dieng, Wonosobo. Candi Hindu ini dikenal sebagai Candi Tertua diantara candi yang ada, diperkirakan Candi ini di bangun pada abad ke 8 Masehi, masya allah.

Di komplek percandian Dieng tidak hanya terdapat Candi Arjuna saja Pins. Di sekitar Candi Arjuna ini kamu juga bisa menemukan Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra.

Sejarah Candi Arjuna Dieng

tribunnews.com

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kalo Candi Arjuna ini diperkirakan dibangun pada abad ke 8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno yang merupakan sebuah kerajaan Hindu.

Wisata di Wonosobo ini juga di perkiraan menjadi candi tertua di Jawa. Hal ini ditunjukan dengan ditemukannnya sebuah prasasti atau peninggalan jaman dahulu yang dimana prasasti itu tertulis tahun 731 Caja atau sekitar 808M.

Sejak di bangun pada abad ke 7M sampai ditemukannya candi arjuna ini kurang lebih sudah berjarak lebih dari 1000 tahun yaitu pada sekitar abad ke 19 tepatnnya pada tahun 1814 Candi Arjuna ini ditemukan oleh seorang tentara Belanda yaitu \\\”Thedorf Van Elf\\\”, yang dimana pada waktu itu candi arjuna ini masih tergenang air, kemudian air itu mulai di keringkan dan dirawat hingga saat ini.

Baca juga: Spot Kekinian Jembatan Merah Putih Dieng Wonosobo

Lokasi Candi Arjuna Dieng

mediaindonesia.com

Candi Arjuna Dieng ini berada di pusat kota Dieng, kabupaten Banjarngera , tepatnnya di desa Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara.

Lokasinnya cukup mudah dijangkau karena memang Dieng dikenal banyak memiliki tempat wisata. Jadi kalaupun bingung kamu bisa bertanya kewarga sekitar.

Untuk lebih jelasnnya anda juga bisa mengikuti arahan google maps mengenai Candi Arjuna berikut :

Rute Perjalanan Menuju Candi Arjuna

Untuk rute menuju Candi Arjuna, ada 2 jalur yaitu Timur dan Barat. Kita ambil contoh untuk Timur itu Jogja jika Barat itu Jakarta.

Dari kedua contoh ini, kamutinggal sesuaikan dengan lokasi dimana anda berada. Jika Pins dari Semarang, Solo, Malang ataupun mana bisa menggunakan cara satu yaitu melalui rute Jogjakarta.

Tetapi jika kamu datang dari arah Barat, contohnya Jakarta, Bandung, Purwokerto dan sekitarnnya bisa menggunakan rute Jakarta.

1. Rute dari Jogjakarta

  • Silahkan anda datang ke terminal terdekat di Jogja, kemudian pilih Bus yang berujuan ke Wonosobo.
  • Setelah menaiki bus, silahkan anda turun di Terminal Wonosobo
  • Kemudian anda bisa naik bus kecil mikro / angkutan desa menuju arah batur, dieng.
  • Sesampai di terminal dieng, anda tinggal pesan gojek untu diantar menuju Candi Arjuna

2. Rute dari Jakarta

  • Bagi anda yang datang dari Jakarta anda bisa menggunakan 2 pilihan, yaitu Kereta Api dan Bus.
  • Jika kereta api, anda harus menuju ke terminal purwokerto dulu dari situ anda pilih bus ke arah wonosobo.
  • Kemudian sesampainnya di Terminal Wonosobo anda tinggal mencari angkutan desa atau bus kecil untuk bisa sampai ke terminal Dieng.
  • Dari situ anda bisa langsung menuju ke Candi Arjuna atau ingin diantarkan ketempat wisata lainnya di daerah Dieng.

Harga Tiket Candi Arjuna

AkomodasiHarga Tiket
Tiket TerusanRp. 20.000
Tiket Masuk Candi ArjunaRp. 15.000
Parkir MotorRp. 3.000
Parkir MobilRp. 5.000

Harga yang dikeluarkan untuk dapat menikmati keindahan Candi Arjuna cukup terjangkau kan teman-teman, jadi tunggu apalagi? Bingung liburan kemana? Ke Dieng aja, Pins!

Baca juga: 10 Pantai Cantik Dekat Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Tips Berwisata ke Candi Arjuna Dieng

  •  Usahakan datang bukan di waktu Libur karena di waktu libur, objek wisata candi arjuna ini akan ramai di padati pengunjung
  • Gunakan Jaket yang cukup tebal, karena suhu disini itu sekitar 6-12 derajat celcius
  • Bawa perlengkapan obat-obatan, atau juga bisa membawa lotion karena
    biasannya kulit anda akan kering karena kedinginanan.
  • Waktu yang tepat untuk datang ke Candi Arjuna adalah di waktu sebelum fajar, atau setelah sholat shubuh karena nantinnya anda akan disambut dengan sunrise yang begitu indah.
  • Janganlupa untuk tetap memperhatikan Sampah ya teman-teman, buanglah sampahmu di tempat yang sudah di sedikan, dan jangan sampai mencorat coret ornamen Candi

Tempat Wisata Lainnya dekat Candi Arjuna

Buat kamu yang sudah berkunjung ke Candi Arjuna Dieng, mungkin kamu bisa mampir juga ke beberapa tempat wisata terdekat lainnya, seperti:

1. Kawah Sikidang

kompas.com

Tidak jauh dari Candi Arjuna, kamu dapat menemukan sebuah kawah yang masih aktif namun menjadi salah satu destinasi wisata di Dieng yang tidak pernah sepi.

Di Kawah Sikidang ini kamu bisa melihat secara dekat kawah yang aktif. Selain itu kamu juga bisa berkuda mengelilingi kawah ini.

2. Telaga Warna Dieng

kompas.com

Telaga Warna Dieng rekomendasi banget deh pokoknnya!

Si sana kamu juga bisa naik ke batu ratapan angin yang dimana dari atas batu ratapan angin, kamu bisa melihat telaga warna dan telaga dieng yang berdampingan cantik.

3. Sunrise Sikunir

Sunrise Sikunir
goodnewsfromindonesia.id

Gokil abis deh tempat ini, bagi kamu yang sedang belajar untuk Mendaki Gunung bisa mengunjungi Bukit Sikunir ini. Sikunir ini terkenal akan golden sunrisennya yang begitu mengaggumkan.

Oh iya, kalau kamu ke Dieng jangan lupa mampir untuk berkuliner makanan dieng ya. Ada lombok Dieng yang gede-gede banget lomboknnya tapi ngga pedes, kerupuk Dieng, dan buah Carica.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang ingin tahu lebih banyak soal Candi Arjuna Dieng. Selamat jalan-jalan!


Temukan pilihan rumah dijual di Wonosobo atau info perumahan baru di Wonosobo melalui Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. 

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.