Info Area

Review Wisata Brown Canyon Semarang

Pins sedang mencari suatu tempat wisata yang sangat menarik untuk merapikan feed instagram? Coba saja datang ke Brown Canyon Semarang. Tempat wisata ini bisa menjadi tujuan yang tepat untuk kamu kunjungi. Di tempat wisata Semarang ini, kamu akan merasakan sensasi yang sangat menyenangkan layaknya berwisata ke Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Dengan cuaca panas dan angin berdebu, maka pengalaman liburan Pins akan semakin menyenangkan. Apa saja ya keunikan dari tempat wisata satu ini?

Asal Mula Brown Canyon Semarang

tribunnews.com

Jika Amerika memiliki The Grand Canyon, maka Indonesia memiliki The Brown Canyon yang terletak di Semarang. Menariknya, Grand Canyon ini terletak di dataran rendah sehingga membuat tempat wisata ini memiliki suhu udara panas yang sangat tinggi dan curah hujan yang rendah.

Baca juga: 8 Rekomendasi Tempat Wisata di Ungaran & Sekitarnya

Nah, keunikan lagi dari Brown Canyon Semarang yang mempesona ini adalah bukan hasil karya alam, karena tempat ini sebenarnya adalah proyek penggalian yang sudah berumur sepuluh tahun. Selain itu, Brown Canyon juga bukanlah tempat wisata tetapi hanyalah bukit biasa.

mytrip123.com

Namun karena adanya penambangan material yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun lamanya, maka tanah di bukit inipun kemudian berubah bentuk seperti Grand Canyon yang memikat di Amerika.

brown canyon semarang wikipedia
from @anak_sgm_

Keindahan pemandangan dan menara puing-puing dari bukit yang telah digali selama penambangan inilah yang kemudian mencuri perhatian para pengunjungnya. Sebagian besar dari wisatawan yang datang ke Brown Canyon hanya untuk mengambil foto.

Meski cuaca sedang panas dan tempat  ini dipenuhi dengan angin berdebu, maka hal itu tidak akan menjadi masalah besar bagi wisatawan untuk tetap menikmati keindahan Brown Canyon. Wisatawan tetap nekat untuk berburu lebih banyak epik di tempat ini.

Lokasi Brown Canyon Semarang

Kamu bisa menemukan keindahan wisata di Jawa Tengah ini di Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jika Pins berasal dari Semarang atas seperti Bawen, Ungaran atau bandungan, maka bisa menuju ke Universitas Diponegoro (UNDIP) dan turun ke arah Tembalang. Anda bisa mencari Jalan Banjarsari Raya kemudian turun melalui jalan Sigar Bencah.

Dari Jalan Sigar Bencah, kamu hanya perlu lurus saja sampai menemukan  papan petunjuk di perempatan dan ambil saja arah Pasar Meteseh kemudian ambil arah yang lurus. Dari situ Pins sudah memasuki Jalan Rowosari Raya dan lurus saja sampai menemukan masjid besar bernama Masjid Jami Al Aqsha.

wisataoke.com

Setelah itu ambil saja arah kanan ke Jalan Krajan Raya dan  masuklah lewat Jalan Krajan Legok I. Dari situ kamu sudah bisa melihat Brown Canyon lebih jelas. Untuk bisa masuk ke tempat ini, kamu tidak akan dikenakan biaya masuk. Hanya saja ada kadang-kadang penduduk setempat meminta dana sumbangan dan meminta Anda untuk membayar Rp2.000 per orang.

Baca juga: Review [LENGKAP] Keindahan Kota Lama Semarang

Tips Berwisata Ke Brown Canyon Semarang

Tips Berwisata Ke Brown Canyon
instagram / @rity_doyle

Brown Canyon adalah tempat yang luar biasa, megah dan menakjubkan. Merencanakan perjalanan untuk mengunjungi Brown Canyon untuk pertama kalinya bisa sangat menakutkan dikarenakan kawasan ini bukanlah sebuah tempat wisata. Nah, Pins perlu melakukan beberapa tips yang ada di bawah ini, ya!

1. Membawa Bekal

Bawalah botol air Pins sendiri, makan siang atau makanan ringan sendiri. Kamu perlu membawa makanan sendiri dari rumah karena tidak ada fasilitas warung makan di sekitar Brown Canyon. Jadi pastikan Anda membawa makanan dan minuman yang cukup.

2. Berhati-hatilah

Pins juga perlu berhati-hati karena akan ada banyak pekerja dan truk yang melakukan kegiatan penambangan di sekitar tempat itu. Jadi pastikan kamu datang di saat yang tepat yaitu di luar jam kerja yakni sekitar jam 5 sore atau jam 7 pagi. Jika kamu benar-benar ingin datang ke sini kapan saja yang kamu mau, maka kamu perlu menggunakan topi dan masker.

3. Gunakan Alat Pelindung

Jika dirasa perlu maka kamu bisa membawa kacamata sebagai pelindung mata agar tidak mudah terkena debu mengingat banyak sekali debu bertebaran di kawasan ini. Cuaca di tempat ini juga sangat panas sehingga ada baiknya jika Pins menggunakan pula tabir surya ke kulit Anda untuk terhindar dari panasanya matahari.

4. Jangan menggunakan mobil mewah

Jalan bergelombang yang tidak rata akan menjadi tantangan terbesar kamu untuk sampai ke sana. Jadi untuk keselamatan, lebih baik datang ke sana dengan sepeda motor atau jip. Jadi ada baiknya jika Pins tidak menggunakan mobil mewah atau sangat bersih.

5. Perhatikan Anak

Jika kamu membawa anak-anak, maka perlu memperhatikannya dengan baik karena  jalan untuk menelusuri keindahan Brown Canyon sedikit mudah dan tidak ada pagar panjang di sepanjang tepi untuk mengamankan anak kecil yang memanjat ke atas bukit.

6. Bawa Kamera

Pins ingin mengabadikan momen? Maka siapkan kamera untuk bisa mendapatkan gambar yang sangat indah di tempat ini. Brown Canyon merupakan tempat yang tepat untuk kamu yang suka dengan gambar-gambar ikonik yang indah.

Baca juga: 6 Tempat Nongkrong di Semarang yang Paling Populer

Sudah tahu apa saja yang perlu Pins persiapkan jika hendak datang ke Brown Canyon bukan? Perhatikan dengan baik ya agar Pins masih bisa menikmati keindahan tempat satu ini! Selamat berwisata!


Temukan beragam pilihan rumah dijual di Semarang dan info perumahan baru di Semarang melalui Aplikasi Pinhome. Daftarkan properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.