Info Area

16 Tempat Makan Bakso Enak di Semarang

Bakso merupakan makanan favorit orang Indonesia. Hampir semua kalangan, tua, muda, kaya, atau miskin semuanya menyukai makanan yang terbuat dari olahan daging sapi ini. Penjaja bakso mudah ditemukan, mulai dari kaki lima sampai restoran bintang lima menyediakan menu satu ini. Masing-masing daerah di Indonesia juga punya kedai bakso andalannya sendiri. Bakso enak di Semarang contohnya, bisa kamu temukan di beberapa kedai berikut ini.

Di zaman sekarang, bakso yang merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia, sudah memiliki beragam jenis. Jika dulu bakso hanya melulu bakso sapi saja, tetapi sekarang sudah beraneka ragam, dari bakso ayam, bakso ikan, bakso keju, dan lain-lainnya. Penyajiannya pun sudah bervariasi, tidak hanya disajikan dengan mie, bihun, dan disiram kuah kaldu saja, bakso sekarang juga digoreng, dipanggang, ada juga yang dibakar.

Jika kamu kebetulan mampir di Semarang, cobalah bakso enak di Semarang yang bakal membuatmu ketagihan. Berikut rekomendasinya.

1. Bakso Pak Geger

(Kuasakata)

Bakso Pak Geger adalah salah satu warung bakso yang terkenal di Semarang. Konon, tempat ini sudah ada sejak tahun 1998 dan menjadi rekomendasi pertama bakso enak di Semarang. Alamatnya di Jalan Mintojiwo I, Nomor 3, Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Satu porsinya sekitar Rp25.000 dan sudah mendapat bakso komplet di warung Bakso Pak Geger. Menunya cukup bervariasi, ada bakso sapi, tetelan jeroan, mie kuning, soun, dan aneka sayur pelengkap. Kedai Bakso Pak Geger buka setiap hari,  pukul 09.00-21.00 WIB. Disarankan jangan datang terlalu siang bila tidak mau mengantre panjang.

2. Bakso Mawardi

(Travelingyuk)

Bakso ini cukup populer di kalangan masyarakat Semarang dan para wisatawan. Bakso Mawardi terkenal karena kuahnya yang terasa gurih dan segar. Selain itu, tekstur baksonya lembut dan empuk, tidak keras. Harga satu porsi nya sekitar Rp15.000. Datang ke warung Bakso Mawardi yang berada di Jalan Citarum, Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang bila ingin mencicipi bakso legendaris ini. Jam bukanya sendiri setiap pukul 10.30-20.00 WIB.

3. Bakso Jumbo Simongan

(Keluyuran)

Masih belum puas dengan porsi bakso biasa? Bila iya, silakan coba kunjungi Bakso Jumbo Simongan. Kedai bakso satu ini memiliki menu bakso sapi porsi besar dengan kuah yang menyegarkan dan gurih menggoyang lidah. Isinya lengkap, ada mi dan sawi hijaunya. Bakso Jumbo Simongan berlokasi di Jalan Taman Srinindito V Nomor 02, Ngemplak Simongan, Kecamatan Semarang Bar, Kota Semarang. Buka mulai pukul 12.00 sampai 22.00 WIB.

4. Bakso Doa Ibu

(Tribun Jateng)

Jika ke Semarang, rasanya kurang lengkap bila tidak mampir ke warung Bakso Doa Ibu. Warung bakso enak di Semarang ini sudah buka dari tahun 1987. Berusia lebih dari 30 tahun, Bakso Doa Ibu sukses menjadi favorit warga Semarang dan para wisatawan. Berbeda dengan warung bakso lainnya, di Bakso Doa Ibu, kamu bisa memesan bakso lengkap dengan tambahan babat. Harga satu porsinya sekitar Rp20.000-an. Bakso Doa Ibu beralamat di Jalan Sompok Baru No. 57, Peterongan, Semarang.

5. Bakso Pak Wardi

(Bakso Pak Wardi Semarang)

Berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 6 Pekunden, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Bakso Pak Wardi juga wajib kamu coba bila sedang di Semarang. Sepintas, kedai bakso ini tidak berbeda dengan kedai bakso lainnya. Kamu bisa melihat perbedaannya ketika bakso sudah disajikan di depan mata.

Bakso Pak Wardi menyajikan bakso daging yang ditambahkan potongan iso dan babat. Rasanya segar dan gurih akan membuatmu ketagihan. Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harga satu porsi baksonya sekitar Rp15.000 saja. Bakso Pak Wardi mulai buka dari jam 12 siang dan tutup pada 8 malam.

6. Bakso Babat Salatiga Agung

Sesuai dengan namanya, Bakso Babat Salatiga Agung menyediakan menu bakso sapi lengkap dengan tambahan babat. Tidak hanya babat, kamu juga bisa memesan aneka pelengkap lainnya, seperti pangsit goreng atau bihun. Seporsi bakso komplet dihargai sekitar Rp25.000. Namun, harga tersebut bisa berbeda tergantung dari jenis bakso dan pelengkap yang kamu pesan.

Bakso Babat Agung Salatiga memiliki beberapa cabang di Semarang. Salah satunya ada di Jalan MH Thamrin Nomor 35, Miroto, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Buka setiap hari pada pukul 10.00-22.00 WIB.

7. Bakso Kota Cak Man

(Tripadvisor)

Bakso Kota Cak Man pastinya sudah cukup dikenal. Kedai bakso yang berasal dari Malang ini juga memiliki cabang di Semarang. Salah satu cabangnya berada di Jalan Kumudasmoro Utara Nomor 20B, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Menu khas dari Bakso Kota Cak Man bisa kamu temukan di sini. Ada aneka bakso dengan berbagai tambahan pelengkap yang bisa dipilih sesuai selera. Harganya bervariasi, tergantung isian yang kamu pilih.

8. Bakso Sapi Pak Dalimin

(Tribun Jateng)

Warung Bakso Sapi Pak Dalimin ini juga merupakan salah satu bakso enak di Semarang dan cukup terkenal, khususnya warga Puspanjolo. Alamatnya berada diJalan Puspanjolo Dalam 5, Cabean, Kota Semarang. Buka setiap hari, dari pukul 11.30 sampai 17.30 WIB.

Menu khas dari kedai bakso satu ini adalah kuahnya yang bening mirip seperti bakso Malang. Ada menu bakso balungan juga di sini yang menjadi favorit pelanggan. Satu porsi bakso di Bakso Sapi Pak Daliman diberi harga mulai dari Rp12.000 saja. Jika ingin ditambahkan balungan, kamu hanya menambah 3 ribu saja. Terjangkau, bukan?

9. Bakso Kakap Pak Wahid

(Viva)

Bagi yang tidak suka daging sapi atau memiliki pantangan terhadap daging sapi, bisa coba cicipi Bakso Kakap Pak Wahid yang merupakan bakso ikan. Rasa baksonya cukup gurih dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Kuahnya terasa segar dan ringan, sangat cocok disantap pada saat cuaca panas. Semangkuk bakso kakap dihargai Rp14.000. Bakso Kakap Pak Wahid berada di Jalan Soekarno Hatta Nomor 51, Pedurungan Tengah, Kota Semarang. Mulai buka dari pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.

10. Bakso Jumbo Krobokan

Satu lagi bakso enak di Semarang yang porsinya besar, Bakso Jumbo Krobokan. Kedai bakso ini juga masih menyediakan menu bakso dengan porsi normal, jadi tidak perlu khawatir. Selain bakso, ada pula menu mie ayam ceker dengan cita rasanya yang manis dan gurih. Kamu penasaran? Langsung saja datang ke kedai Bakso Jumbo Krobokan yang berada di Jalan Wiroto Raya Nomor 9A, Krobokan, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

11. Bakso Iga Tekape

(Kompas)

Bakso Iga Tekape menyajikan beragam menu bakso yang cukup lengkap. Di sini kamu bisa menemukan bakso urat, bakso iga, bakso beranak, dan bakso kekinian dengan isi keju mozarella. Menu bakso di sini dihargai mulai Rp13.000 sampai Rp35.000, tergantung isian bakso yang dipesan. Beralamat di Jalan Hasanudin, Ruko Hasanudin Nomor 13, Panggung Kidul, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

12. Bakso Kumis

(Tribun Jateng)

Ada dua warung Bakso Kumis di Semarang, yaitu di Plaza Simpang Lima dan Jalan Sultan Agung Nomor 90A. Bakso enak di Semarang ini tidak pernah sepi pembeli, dua warungnya selalu laris dan ramai pembeli. Tekstur Bakso Kumis cukup kenyal dan pas pada saat dikunyah. Kuahnya bening dengan citarasa gurih dan lezat. Satu porsinya dibanderol Rp15.000 saja.

13. Bakso Sapi Lesanpuro Pak Ripto

(Lesanpuro)

Bakso Sapi Lesanpuro atau juga dikenal dengan nama Bakso Pak Ripto juga merupakan salah satu warung bakso legendaris di Semarang yang wajib kamu singgahi. Kedainya selalu ramai pembeli. Bakso Pak Ripto memiliki tekstur yang lembut dengan kuah segar dan gurih. Menunya memang konvensional yang hadir dalam dua porsi, porsi setengah dan porsi satu. Per porsinya sendiri dikenai harga Rp20.00 untuk porsi satu dan Rp10.000 untuk porsi setengah. Lokasinya berada di Jalan Lesanpuro I Nomor 10, Krobokan, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Buka dari jam 1 siang sampai 9 malam.

14. Bakso Sapi Pak Siswanto

(Kompas)

Menu di Bakso Sapi Pak Siswanto cukup beragam dan lengkap. Ada bakso sapi, bakso iso, bakso babat, olor, dan masih banyak lainnya. Semangkuk bakso di warung ini hadir dilengkapi dengan jeroan. Jeroannya yang diolah dengan bersih, terasa lebih gurih dan tidak berbau amis sama sekali. Lokasinya ada di Jalan Roda Mas Raya, Panggung Lor, Semarang, Kota Semarang. Jam bukanya mulai pukul 16.00 hingg pukul 23.00 WIB.

15. Bakso Boedjangan MT Haryono Semarang

(Harga Menu)

Ingin makan bakso dengan suasana kekinian dan memiliki menu yang beragam? Coba datang ke Bakso Boedjangan. Di Semarang sendiri, cabang Bakso Boedjangan ada di Jalan MT Haryono Nomor 886, Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Konsep penyajian baksonya berupa prasmanan, kamu bisa memilih menu bakso sesuka hati sesuai dengan selera. Menu-menu lain yang disajikan di sini juga cukup unik dan beragam, salah satunya adalah bakso wagyu cincang dengan kuah rawon. Selain bakso, tersedia pula mie ayam, bakmi yamin, dan nasi goreng. Penasaran untuk mencoba?

16. Bakso Mie Ramor

(Jejakpiknik)

Sebagai rekomendasi pamungkas, bakso enak di Semarang ini namanya sudah banyak dikenal dan menjadi favorit banyak orang. Bakso Mie Ramor menjadi tujuan para wisatawan yang datang ke Semarang. Konsep kedainya sudah modern dengan menu bakso yanh beragam. Lokasinya juga mudah ditemukan.

Kelezatan Bakso Mie Ramor memang sudah melegenda, kamu patut mencobanya. Selain bakso, ada pula menu mie ayam, olahan nasi, dan lainnya. Menu baksonya sendiri terdiri dari bakso sapi, bakso urat, bakso telur puyuh, bakso keju, bakso goreng, dan lainnya.

Mana, nih bakso enak di Semarang yang ingin kamu coba? Apa kamu ingin mencoba semuanya?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.