30+ Tempat Wisata Di Bukittinggi Paling Hitz dan Populer

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah ∙ 1 February 2021 ∙ 10 menit membaca

Rumah di Bukittinggi memiliki keunikan pada bagian atapnya yang berupa tanduk kerbau. Struktur ini digunakan di hampir semua bangunan adat pada tempat wisata di Bukittinggi.

Selain penampilannya yang cantik, struktur ini ternyata dirancang agar tahan akan gempa bumi. Uniknya lagi bangunan tidak memiliki paku dan sangat ideal dengan cuaca tropis.

Selain dari bangunannya, Bukittinggi terkenal pula akan makanan khasnya yang menggugah selera. Selain itu, pemandangan alamnya juga tak kalah menawan dengan bukit yang berjejer mengelilingi kota.

Bagaimana tertarik untuk mengunjungi tempat nongkrong dan bersejarah di Bukittinggi ini? lets check this out!

Review Tempat Wisata Di Bukittinggi Sumatera Barat

Bukittinggi merupakan sebuah kota madya yang berada di Sumatera Barat, dengan perekonomian terbesar kedua setelah Padang. Dulunya kota ini sempat dijadikan ibu kota sementara pada masa pemerintahan darurat RI.

Ada banyak situs bersejarah khas kolonial Belanda yang dapat ditemukan dengan mudah di kota ini. Tempat wisata di Bukittinggi lainnya adalah hutan rindang, kebun binatang, taman air, bunga dan lainnya.

Nah, bagi kamu yang berminat berlibur ke kota ini, berikut 30+ pilihan tempat wisata yang populer dan hitz di Bukittinggi:

Jam Gadang

Tempat wisata di Bukittinggi
(Wikimedia Commons)

Jika berkunjung ke Bukittinggi wajib hukumnya berwisata ke Jam Gadang. Dalam bahasa Indonesia, “Jam Gadang” berarti jam besar yang sesuai dengan struktur bangunannya.

Tempat Wisata di Bukittinggi ini dirancang oleh Jazid Radjo Mangkuto yang rampung di tahun 1926. Biaya pembangunannya menghabiskan 3.000 gulden.

Di sekitar Jam Gadang juga dibangun taman-taman indah dengan beranekaragam spot menarik untuk nongkrong. Disini kamu bisa menyantap kuliner khas Minang, berbelanja di pasar atas dan bawah, berswafoto, menikmati air mancur dan lainnya.

Lobang Jepang

Tempat wisata di Bukittinggi
(Wikimedia Commons)

Destinasi wisata di Bukittinggi yang populer berikutnya adalah Lobang Jepang. Sama halnya dengan Jam Gadang, destinasi satu ini juga memiliki sejarah dan cerita yang panjang lagi kelam, dimulai sejak masa penjajahan Jepang di Indonesia.

Bila kamu masuk ke dalamnya akan ada 21 buah terowongan yang dulunya dipakai sebagai tempat tinggal, penyimpanan senjata, ruang rapat & pertemuan, dapur, ruang penyergapan, tempat penyiksaan tahanan dan lain-lain.

Panjang lobang Jepang diperkirakan sekitar 1.470 meter. Jarak Lobang Jepang dari Jam Gadang hanya butuh waktu 15 menit dengan berjalan kaki. Pada gerbang utama, kamu akan melewati anak tangga turun ke bawah.

Meski lokasinya tersembunyi dan gelap, lokasi ini selalu ramai wisatawan kok. Jadi tidak perlu khawatir atau merasa takut berlebihan ya.

Ngarai Sianok

Tempat wisata di Bukittinggi
(Wikimedia Commons)

Dalam bahasa Minang, Ngarai berarti lembah. Nah, Ngarai Sianok adalah sebuah lembah luas dan besar yang menyuguhkan pemandangan spektakuler bagi setiap pengunjung.

Lembah ini memiliki panjang sekitar 15 km, kedalaman 100 meteran, dan kelebaran lembah sekitar 200 m.

Lembah Ngarai Sianok membentang dari Nagari Koto Gadang di sisi selatan hingga Nagari Sianok Anam Suku di sisi utara. Di tepian Ngarai juga disediakan tempat bersantai yang sejuk dan rindang.

Kebun Binatang

Tempat wisata di Bukittinggi
(Wikimedia Commons)

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan lebih dikenal dengan nama Kebun Binatang. Lokasinya berada di atas Bukit Cubadak Bungkuak.

Kebun Binatang Bukittinggi ini menjadi salah satu kebun binatang paling tua di Indonesia dengan koleksi flora terlengkap di Sumatera.

Kebun Binatang dibangun sejak tahun 1900-an oleh pemerintah Hindia-Belanda. Dengan lokasi yang luas dan dipenuhi pepohonan besar dan rindang.

Kamu bisa berjumpa langsung dengan hewan-hewan langka tanpa takut kepanasan. Selain itu, bisa pula langsung bersentuhan dengan mereka.

Janjang Saribu

Tempat wisata di Bukittinggi
(Wikimedia Commons)

Bila kamu pernah bermimpi ingin mengunjungi Tembok Besar di China, kini tak perlu jauh-jauh terbang hingga ke Tiongkok karena Bukittinggi juga memilikinya.

Meski tidak sama persis dengan aslinya namun destinasi wisata Janjang Saribu ini benar-benar mencerminkan Tembok Besar China.

Dalam bahasa Minang, Janjang berarti tangga. Nah, jumlah tangga di sini sangat banyak sekali sehingga dijuluki dengan nama tangga seribu.

Lokasinya sebagian besar membentang di kawasan Koto Gadang hingga ke sepanjang Ngarai Sianok. Tempatnya juga diselimuti pepohonan dan berbagai satwa yang jinak.

Benteng Fort De Kock

Tempat wisata di Bukittinggi
(Wikimedia Commons)

Cukup banyak tempat wisata di Bukittinggi yang berasal dari peninggalan penjajahan Belanda. Salah satunya ialah benteng yang dikenal dengan nama Fort De Kock ini.

Benteng ini dibangun dengan tujuan pertahanan Belanda ketika mendapat gempuran dari masyarakat Minangkabau. Selain di Bukittinggi, benteng sejenis ini juga terdapat di lokasi terusan jalan Tuanku Nan Renceh dan juga Batusangkar.

Dua daerah ini termasuk lokasi paling sulit ditaklukkan oleh Belanda pada masa perang Padri tahun 1821 – 1837. Lokasi Benteng Fort De Kock ini berjarak sekitar 1 km dari pusat kota Bukittinggi.

Jembatan Limpapeh

Tempat wisata di Bukittinggi
(Wikimedia Commons)

Meski tak ubahnya seperti jembatan perlintasan biasa namun jembatan ini merupakan akses satu-satunya yang menghubungkan antara benteng Fort De Kock dengan Kebun Binatang Margasatwa dan Budaya Kinantan.

Ketika melewati jembatan ini, kamu akan merasakan goyangan yang cukup menguji adrenalin khususnya yang phobia ketinggian. Selain itu, dari atas jembatan pengunjung dapat menyaksikan pemandangan kota dengan leluasa dan nyaman.

Taman Monumen Bung Hatta

Tempat wisata di Bukittinggi
(Wikimedia Commons)

Bung Hatta merupakan salah satu bapak proklamator yang jasanya sangat besar untuk negara ini. Nah, dalam mengenang hal tersebut, masyarakat Bukittinggi membangun monumen untuk beliau.

Di puncak bukitnya, dibangun pula patung Bung Hatta yang gagah dan kokoh. Patung tersebut memperlihatkan kepala sang proklamator yang sedikit menunduk.

Salah satu tangannya terangkat sedikit seakan-akan menyapa semua pengunjung yang hadir dan lewat. Selain itu, Taman yang dibangun di lereng bukit rendah ini cukup rindang dan sejuk.

Istana Bung Hatta

(Wikimedia Commons)

Tempat wisata di Bukittinggi berikutnya adalah Istana Bung Hatta atau disebut dengan nama gedung Negara Tri Arga.

Meskipun pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke dalam namun taman-taman dan rerumputan hijau luas di sekitarnya sudah pasti bisa membuat pikiran kita sejuk dan damai.

Museum Rumah Bung Hatta

(Wikimedia Commons)

Bukittinggi merupakan kota kelahiran Bung Hatta, sehingga tidak heran kenapa ada monumen, gedung bahkan museum yang ditujukan untuk mengenang jasa-jasa beliau untuk negara.

Museum rumah Bung Hatta yang luasnya 1.000 m2 dijadikan sebagai museum sekaligus rumah kelahiran beliau.

Lokasi destinasi wisata favorit di Bukittinggi ini sangat dirawat dan dijaga. Museum dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya kota Bukittinggi.

Taman Panorama

(Tribunnews)

Bukittinggi memang surganya pemandangan indah yang menyejukkan mata. Salah satu yang paling ramai dikunjungi adalah Taman Panorama.

Lokasinya tidak jauh dari Jam Gadang maupun Lobang Jepang. Selain pepohonan rindang dan sejuk, di beberapa titik juga terdapat gazebo loh.

Tidak sampai di situ, dibangun pula gardu pandang bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Soal souvenir berupa lukisan, ukiran dan kaos, kamu bisa berjalan ke bagian belakang taman ini untuk melihat-lihat atau membelinya sebagai oleh-oleh.

Janjang Ampek Puluah

(Kompasiana)

Dalam bahasa Indonesia, diartikan sebagai “Anak Tangga Empat Puluh”. Kamu harus melewati tangga ini untuk bisa sampai ke pasar yang ada di puncaknya.

Namun harus berhati-hati ketika habis hujan. Air dari pasar atas langsung mengalir ke anak-anak tangga ini sehingga membuatnya licin.

Baca Juga : 12 Mall di Padang yang Bisa Kamu Kunjungi

Air Terjun Lembah Anai

(Wikimedia Commons)

Tempat wisata di Bukittinggi yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telingamu. Lembah Anai merupakan nama sebuah air terjun yang lokasinya di tepi jalan umum.

Siapapun bisa melihatnya dengan mudah bahkan tanpa turun dari atas kendaraan. Saking dekatnya dengan jalan raya, percikan air yang jatuh ke bawah bahkan bisa terasa langsung mengenai kita ketika lewat di depannya.

Di sini, kamu bisa bersantai dan berswafoto, sembari menikmati santapan khas Bukittinggi yang sangat enak tentunya.

Bukit Ngarai Takuruang

(Wikimedia Commons)

Tempat wisata di Bukittinggi berikutnya ialah sebuah area perbukitan yang bernama Ngarai Takuruang. Lokasinya berada di Taman Panorama, Kayu Kubu, Kec. Guguk Panjang.

Spotnya berupa bukit menjulang tinggi yang membelah sungai jernih menjadi dua jalur. Konon, tempat ini terbentuk akibat adanya gempa bumi besar di zaman dahulu.

Rumah Adat Baanjuang

(Wikimedia Commons)

Rumah Adat Baanjuang merupakan salah satu motif rumah adat di kawasan kebun Binatang. Di sebelah kanan dan kiri, dibangun pula anjungan yang bisa membuat pengunjung merasakan aura kedaerahan khas Sumbar

Tidak sampai di situ, di dalam rumah adat Bukittinggi ini tersimpan banyak sekali koleksi-koleksi benda bersejarah milik Ranah Minang.

Ada pula beberapa awetan binatang berbentuk aneh, seperti rusa berkepala dua, kerbau berkaki delapan, kambing berwajah dua dan lain-lain.

Kaos Kapuyuak

(Detik Travel)

Kapuyuak sendiri merupakan nama brand kaos anak-anak muda milenial yang terkenal di Bukittinggi. Kaos bermerk nama hewan mirip kecoa dan ditujukan untuk lucu-lucuan ini bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga atau teman selepas pulang dari sini.

Lokasinya ada di Jln. Sudirman No. 19. Ketika membeli kaos ini, kamu juga bisa request quote / kata-kata apa yang akan ditempel di depan maupun belakang kaos.

Kamu juga bisa membelinya secara online baik dari media sosial maupun website resminya (Kapuyuak.id).

Pasar Atas

Sesuai dengan namanya, Pasar Atas berlokasi di bagian atas yang lokasinya tidak jauh dari Jam Gadang. Pasar ini menyajikan aneka kuliner khas Bukittinggi yang siap untuk memanjakan lidah wisatawan.

Selain itu, juga menyediakan beraneka ragam souvenir dan oleh-oleh khas kota wisata ini.

Baca juga : 30+ Tempat Wisata Di Pasaman Barat, Keindahan Alam Kota Sawit

Ngarai Maaram

(Tribunnewswiki)

Tempat wisata di Bukittinggi berikutnya merupakan sebuah ngarai indah. Berlokasi di bagian belakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi.

Museum Tri Daya Eka Dharma

(Wikimedia Commons)

Museum bersejarah ini berlokasi di Jl. Panorama No.22, Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Disini kamu bisa menyaksikan beberapa ukiran maupun patung-patung alutsista di masa perjuangan dulu.

Taman Kebun Salak Panganak Agrowisata

(Wikimedia Commons)

Kebun ini berlokasi di Puhun Pintu Kabun, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi. Taman ini dibuka setiap hari mulai dari jam 08.00 pagi hingga jam 16.00 sore.

Taman Logo Bukittinggi

Tempat wisata di Bukittinggi selanjutnya yakni sebuah taman indah berlokasi di Jl. Gurun Panjang, Aur Tajungkang Tengah Sawah, Kec. Guguk Panjang.

Di taman ini, kamu bisa melihat logo tulisan “Bukittinggi” yang besar. Cocok pula dijadikan spot berswafoto sebagai bukti dokumentasi para wisatawan.

Taman Exponen 66

Taman Exponen 66 berlokasi di Jl. Kusuma Bhakti No.64, Kubu Gulai Bancah, Kec. Mandiangin Koto Selayan. Taman ini merupakan monumen yang diresmikan tahun 2015 silam oleh walikota Bukittinggi kala itu.

Rumah Pohon Inyiak

Salah satu objek destinasi wisata di Bukittinggi yang lagi tenar dan viral saat ini ialah sebuah rumah pohon yang diberi nama Inyiak.

Di sini, kamu akan disuguhi pemandangan rumah-rumah unik beratapkan rerumputan dan penuh nuansa tradisional. Lokasinya berada di Kayu Kubu, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Taruko Cafe

(Wikimedia Commons)

Bagi kamu pecinta jajanan ala Minang bernuansa modern patut mengunjungi Taruko Cafe. Lokasinya hanya berjarak 15-20 menit saja dari Jam Gadang.

Tepatnya berada di kaki bukit Tabiang Takuruang. Selain itu, bentuk / tekstur bangunan cafe ini sangat mirip dengan Rumah Gadang.

Tak heran bila direkomendasikan sebagai cafe yang patut dikunjungi jika ke Bukittinggi.

Pasar Aur Kuning

(Pxhere)

Pasar Aur Kuning merupakan sentra pasar di Sumatera Barat. letaknya di Jln Diponegoro, Tarok Dipo, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Pasar Aur kuning adalah pasar konveksi dan tekstil terbesar di provinsi ini.

Baca juga : 13+ Tempat Wisata Di Padang Panjang, Kota Serambi Mekkah Milik Sumbar

Tempat Wisata Di Sekitar Bukittinggi

Bukittinggi berada di daerah perbukitan sehingga banyak wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Apa saja itu? Berikut diantaranya :

  • Danau Maninjau
  • Danau Singkarak
  • The Great Wall
  • Danau Tarusan Kamang
  • Lawang Park

Destinasi alam menjadi salah satu tujuan sebagian orang untuk refreshing. Tempat wisata di Bukittinggi menawarkan keindahan area perbukitan dengan dilengkapi struktur bangunan adat yang kental.


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah