Pinhome

KPR / KPA

Yuk kenali Beberapa Jenis KPR Beserta Detailnya

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 22 April 2020 ∙ 6 menit membaca

Bagi sebagian orang, adanya Kredit Pemilikan Rumah, atau yang lebih sering disebut KPR, merupakan hal yang sangat membantu. Terlebih, kini ada pula jenis KPR subsidi yang akan sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah idaman. Sebagian orang mungkin masih bingung mengenai apa itu KPR bersubsidi. Oke Pins, yuk kita simak beberapa informasi mengenai macam-macam KPR bersubsidi beserta detailnya berikut ini.

Pinhome – Seperti yang Pins ketahui, rumah merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Nah, dengan adanya KPR yang bersubsidi ini, Pins bisa mendapatkan rumah idaman untuk tinggal bersama keluarga tercinta dengan lebih mudah. Bagaimana tidak, di zaman yang kini kian modern, kebutuhan untuk tempat hunian semakin meluas.

Jenis KPR
(tren asia)

Selain itu, harga rumah-rumah juga semakin melonjak. Oleh karena itu, Pins bisa menggunakan jasa KPR atau kredit pemilikan rumah bersubsidi ini untuk mendapatkan rumah hunian dengan lebih mudah. Selain lebih mudah, Pins juga bisa membayarkannya dengan lebih aman lho. Kenapa bisa lebih aman? Karena KPR bekerja sama langsung bersama bank, sehingga pembayaran Pins akan aman. Yuk intip beberapa  KPR subsidi berikut ini:

KPR Konvensional

Untuk KPR subsidi, Pins harus tahu bahwa sebenarnya ada banyak jenis dari KPR subsidi ini. Bagaimana cara membedakannya? Nah, di sini, Pins tidak perlu bingung karena akan dijelaskan dengan sedetail mungkin. KPR yang pertama yaitu KPR konvensional.

Pada umumnya, KPR subsidi, KPR konvensional merupakan jenis yang paling banyak diminati di kalangan masyarakat.Mengapa banyak diminati? KPR konvensional ini akan menawari masyarakat mengenai jumlah dana untuk rumah yang diinginkan.

Selanjutnya, Pins hanya perlu membayar jumlah yang disepakati untuk setiap bulannya dengan jangka waktu yang juga telah disepakati. Jumlah uang yang dibayar, akan tergantung pada lama masa pembayaran ya Pins. Jadi, jika Pins membayar dalam jangka waktu yang dekat, maka pembayaran setiap bulannya akan lebih tinggi namun dengan waktu yang tidak lama. Menarik kan KPR subsidi konvensional ini.

Baca juga: Memilih KPR, Perhatikan 5 Hal Penting Berikut Ini!

KPR Bersubsidi

Untuk jenis yang kedua dari KPR subsidi yaitu KPR bersubsidi itu sendiri. Seperti halnya subsidi yang sering kita dengar, KPR bersubsidi ini mengandung unsur subsidi dari pihak pemerintah ya Pins. Nah, dari sini Pins bisa mendapatkan keringanan untuk KPR yang Pins miliki.

Akan tetapi, KPR ini tidak untuk semua kalangan ya Pins. Jenis KPR subsidi ini hanya diperuntukkan bagi beberapa kalangan saja yakni MBR atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Selain itu, pada KPR ini, Pins akan terbebas dari Pajak Penambahan Nilai (PPN).

Tak hanya itu, Pins juga tidak perlu membayar suku bunga lho. Jika dilihat dari segi pembayaran atau cicilan tiap bulannya, nilai dari KPR subsidi lebih rendah dibandingkan dengan KPR konvensional. Bisa dikatakan bahwa KPR bersubsidi ini memang dikhususkan untuk membantu masyarakat kurang mampu untuk dapat memiliki rumah dengan meringankan pembayaran.

KPR Syariah

KPR subsidi yang ketiga yaitu KPR syariah. KPR syariah ini merupakan metode pembiayaan yang di dalamnya menerapkan aturan sesuai syariah islam dalam proses pembelian rumah. Semua transaksi KPR pada KPR syariah ini akan disesuaikan dengan murobahah.

Dengan begitu, Pins bisa lebih tenang dan bisa semakin yakin dengan kehalalan jenis KPR subsidi ini. Pembayaran dari cicilan juga akan disesuaikan dengan kesepakatan bersama. Pins bisa membayar cicilan hingga sekitar 15 tahun sebagai waktu maksimal.

KPR Pembelian

KPR subsidi yang keempat yaitu KPR Pembelian. KPR pembelian ini sedikit lebih berbeda dengan KPR yang lainnya. Di sini, Pins diharuskan untuk membuat pinjaman pada bank. Kemudian, uang tersebut akan digunakan untuk mendirikan bangunan dengan bangunan itu sebagai agunannya.

Di sini, Pins boleh menggunakan jasa KPR pembelian untuk mendirikan banguanan selain rumah. KPR subsidi jenis ini, juga melayani pembangunan ruko, pertokoan, apartemen, dan sejenisnya. Dengan begitu, Pins juga bisa membangun tempat usaha dengan bantuan dari KPT pembelian ini. inilah yang membedakan KPR subsidi yang satu ini dengan KPR yang lainnya.

KPR Refinancing

KPR subsidi yang berikutnya yaitu KPR refinancing. Jika pada KPR yang sebelumnya menggunakan metode pencicilan untuk mendapatkan rumah, maka KPR refinancing bisa dikatakan cukup berbeda dari yang sebelumnya. Di sini, Pins akan membutuhkan sebuah jaminan untuk mendapatkan properti yang diinginkan.

Jaminan ini, tidak hanya dikhususkan untuk membeli properti saja ya Pins. Pins juga bisa mengajukan pinjaman pribadi menggunakan KPR refinancing ini. jaminan yang digunakan juga beragam mulai dari surat tanah atau bangunan lain seperti rumah pribadi. Selain itu, jenis KPR subsidi refinancing juga bisa membantu dalam hal peminjaman dana pribadi nih Pins. Jadi, akan sangat membantu Pins sekalian.

KPR Take Over

Jika pada umumnya jenis KPR subsidi lain hanya menggunakan jasa dari satu bank, maka pada KPR take over, Pins bisa menggunakan atau mengganti bank lebih dari satu kali. Di sini, Pins bisa mengganti bank yang terhubung dengan KPR.

Selain itu, KPR take over ini juga merupakan biduk persaingan antar bank. Antara bank satu dan lainnya akan memperebutkan nasabah untuk jenis KPR subsidi ini. Jadi, Pins bisa memilih antara bank satu dan lainnya dengan mempertimbangkan limit dari KPR tersebut. Dengan begitu, Pins bisa mendapatkan tambahan limit dari jenis KPR yang satu ini.

KPR Angsuran Berjenjang

Selain beberapa KPR subsidi di atas, ada pula jenis KPR yang menyediakan fasilitas menarik lainnya, lho, Pins! Fasilitas tersebut adalah KPR dengan angsuran berjenjang yang menyediakan fasilitas penundaan pembayaran cicilan atau angsuran.

Dengan KPR subsidi jenis angsuran berjenjang ini, Pins bisa menunda pembayaran angsuran atau cicilan yang dibebankan hingga 3 tahun. Nah, dengan begitu, Pins jadi punya kebebasan untuk merencanakan keuangan dengan lebih baik pada saat masa angsuran cicilan nantinya.

KPR Duo

Untuk KPR subsidi yang terakhir yaitu KPR duo. Untuk jenis KPR yang satu ini cukup jarang ditemukan di tengah-tengah masyarakat. Bisa dikatakan, jenis KPR yang satu ini adalah paket komplit Pins. Bagaimana tidak, pada KPR duo ini menyediakan paket pembelian rumah dan seisinya secara lengkap.

Pada KPR yang satu ini, Pins akan mendapatkan kredit rumah beserta dengan isinya. Maksud dari isi rumah yaitu perabot, kendaraan, dan lain sebagainya.  Bagaimana Pins? Jika Pins tertarik dengan kredit rumah beserta isinya, maka Pins bisa memilih KPR Duo. Namun sayangnya, KPR duo jarang ditemui. Jadi, mungkin Pins harus mencari jaringan lebih luas untuk menemukannya.


Nah, itu dia Pins beberapa KPR subsidi. Yang lebih menarik lagi, Pins bisa memilih jenis KPR tersebut sesuai dengan keadaan dan kebutuhan yang ada. Dengan banyaknya KPR Pins bisa lebih leluasa bukan untuk menentukannya. Selain itu, Pins juga bisa lebih mudah mendapatkan rumah yang Pins idamkan dengan bantuan beberapa KPR tersebut.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel