Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Yuk, Kami Jelaskan Pengertian Mobilitas Sosial Secara Detail

Lifestyle

Yuk, Kami Jelaskan Pengertian Mobilitas Sosial Secara Detail

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 21 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Menurut Pitirim A. Sorokin, ada dua jenis mobilitas sosial, yaitu mobilitas sosial horizontal dan mobilitas sosial vertikal. Gerak horizontal berarti terjadi perpindahan status seseorang atau kelompok dari sebuah kelompok sosial yang satu ke kelompok sosial yang lainnya. Sementara gerak vertikal adalah terjadinya perpindahan kedudukan sosial individu atau kelompok ke kedudukan lain yang tidak sederajat. Untuk lebih jelasnya, kami akan jelaskan pengertian mobilitas sosial secara detail di bawah ini.

Pinhome – Mobilitas sosial bisa dimaknai sebagai perpindahan status seseorang atau individu atau kelompok di dalam sebuah ruang sosial. Mobilitas sosial ini terbagi ke dalam dua kategori, yaitu mobilitas sosial horizontal dan mobilitas sosial vertikal. Nah, Pins kami akan coba jelaskan pengertian mobilitas sosial dan apa pengaruhnya terhadap kehidupan kalian. Yuk, disimak ya!

Mobilitas Sosial Horizontal

(Kompas)

Pertanyaan apa pengertian mobilitas sosial mungkin telah terjawab pada penjelasan sebelumnya. Kini saatnya penjelasan yang mendetail. Pertama adalah mobilitas sosial horizontal, hal ini terjadi bila seseorang berpindah ke kelompok sosial lain di dalam sebuah strata yang sama.

Misalnya, seseorang bekerja pada perusahaan sebagai staf keuangan. Kemudian dia berpindah kerja di perusahaan lain dengan tetap menjadi staf keuangan dengan gaji yang sama pula. Ini berarti dia mengalami mobilitas sosial dalam gerak horizontal karena tidak ada yang berubah.

Namun, bukan berarti dia akan mudah bekerja di tempat yang baru. Tentunya harus ada penyesuaian dan adaptasi kembali di lingkungan yang baru, meskipun menangani pekerjaan yang sejenis.

Mobilitas Sosial Vertikal

(Kajian Pustaka)

Apa arti mobilitas sosial yang sesungguhnya? Mari kita pahami dulu apa itu mobilitas sosial vertikal. Jika mobilitas sosial horizontal tidak mengubah kedudukan atau status seorang individu, maka terjadi hal yang sebaliknya pada mobilitas sosial vertikal. Gerak ini memungkinkan individu untuk mengalami kenaikan status yang tidak sederajat dengan status berikutnya. Perubahan status ini juga bisa naik atau justru turun.

Misalnya, seorang staf senior di sebuah perusahaan, karena prestasinya yang cemerlang, kini diangkat menjadi kepala divisi di perusahaan yang sama. Kenaikan status ini bisa dibilang sebagai mobilitas vertikal yang naik. Sebaliknya, karena tidak beres dalam bekerja, seorang staf senior diturunkan jabatannya menjadi staf biasa maka hal ini masuk ke dalam kategori mobilitas sosial vertikal yang menurun.

Dampak Mobilitas Sosial di Masyarakat

(Kumparan)

Setelah kita jelaskan pengertian mobilitas sosial di atas, selanjutnya adalah melihat dampaknya yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat. Secara tidak langsung, apapun bentuk perubahannya, mobilitas sosial pasti akan memiliki akibatnya juga di dalam tatanan sosial masyarakat. Dampaknya bisa beragam, ada yang positif dan ada pula yang negatif.

  • Dampak Positif Mobilitas Sosial
(Saintif)

Dampak positif yang bisa ditimbulkan oleh mobilitas sosial, seperti terciptanya masyarakat yang berpikiran maju dan selalu ingin berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Mobilitas sosial juga meningkatkan percepatan perubahan sosial yang ada di dalam masyarakat. Hal ini pastinya mengarah ke perubahan yang lebih baik untuk masyarakat.

  • Dampak Negatif Mobilitas Sosial
(Seputar Ilmu)

Apa arti mobilitas sosial tidak selamanya ditafsirkan sebagai perubahan yang baik. Mobilitas sosial juga berpotensi menimbulkan konflik antarindividu yang bisa saja terjadi karena terdapat penolakan dari sebuah kelompok kepada seseorang atau individu yang akan bergabung. Kedua adalah terjadinya konflik antarkelas sosial. Tidak hanya antar kelompok dan individu saja, konflik antarkelompok juga bisa terjadi jika masing-masing memiliki kepentingan yang berbeda. Jika kedua konflik di atas tidak dapat ditangani dengan baik, maka selanjutnya akan timbul konflik antargenerasi yang lebih meluas.

Mengatasi Dampak Negatif Mobilitas Sosial

(Studio Belajar)

Dampak negatif dari gerak sosial yang ada, bila tidak ditangani dengan baik tentu akan merusak tatanan kehidupan sosial masyarakat. Selain kami jelaskan pengertian mobilitas sosial, kami juga akan bahas bagaimana mengatasi dampak negatif dari mobilitas sosial tersebut.

Akibat yang ditimbulkan dari gerak sosial adalah adanya ketimpangan sosial di masyarakat. Jika ketimpangan ini tidak diatasi dengan baik, maka akan timbul kekacauan yang tidak diinginkan. Untuk mengatasinya, dapat dengan melakukan beberapa langkah, seperti :

  • Peningkatan Kualitas Pendidikan
(Teks)

Tujuan dari langkah ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di masyarakat. Dengan SDM yang unggul, diharapkan masyarakat dapat berpikir lebih cerdas dan lebih terarah.

  • Mobilitas Geografis
(Kumparan)

Di dalam langkah ini, tidak hanya status dan strata saja yang dipindah, tetapi juga daerah tempat tinggal juga perlu dipindahkan. Selain untuk pemerataan kualitas SDM dan pembangunan di daerah baru, perpindahan secara geografis diharapkan agar bisa mengurangi kecemburuan sosial di masyarakat.

  • Tersedianya Lapangan Pekerjaan
(Serupa)

Lapangan pekerjaan yang memadai tentunya akan membantu masyarakat untuk tetap mempertahankan eksistensinya. Penciptaan lapangan pekerjaan bisa mempertimbangkan kondisi pada lingkungan sekitar. Ketersediaan lapangan pekerjaan juga dapat mengurangi ketimpangan sosial di dalam masyarakat

Pins, setelah kami jelaskan pengertian mobilitas sosial di atas, apakah kamu jadi paham betapa berpengaruhnya gerak sosial di dalam kehidupan kita? Tanpa disadari, kita juga mengalami mobilitas sosial dan terkena dampaknya juga. Sebagai pribadi yang bijak, pastinya kamu tidak ingin menerima dampak negatifnya ya, Pins.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel