Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Yaumul Hisab Artinya Hari Perhitungan Seluruh Amalan. Begini Penjelasannya!

Yaumul Hisab Artinya Hari Perhitungan Seluruh Amalan. Begini Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 21 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Yaumul hisab artinya hari perhitungan setelah hari akhir. Hari akhir atau kiamat acap kali membuat beberapa orang ketakutan. Terutama oleh mereka yang tak pernah melakukan amal shaleh. Kelak setelah terjadinya kiamat, semua manusia akan dipertemukan dengan yaumul hisab. Saat proses ini, masing-masing dari Pins akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT atas segala hal yang pernah dilakukan semasa hidup. Lantas, sebetulnya apa arti yaumul hisab? 

Pinhome – Jika kebetulan Pins belum mengetahuinya, di bawah ini dijelaskan artinya dari yaumul hisab serta penjelasan apa yang terjadi pada hari tersebut. Dengan mengetahui yaumul hisab, harapannya Pins dan umat muslim lainnya dapat senantiasa bertakwa dan beriman hanya kepada Allah SWT. 

Pengertian Yaumul Hisab

(Flickr)

Bila meruntut dari bahasanya, kata hisab (الحساب) berarti menghitung. Sementara, menurut pengertiannya sendiri, hisab atau yaumul hisab artinya hari perhitungan di mana Allah SWT kepada memperlihatkan kepada kita amalan-amalan yang diperbuat semasa hidup. 

Dalam sebuah surah, Allah SWT berfirman seperti berikut: 

إِنَّ إِلَيْنَا إِيَابَهُمْ (25) ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا حِسَابَهُمْ 

Artinya: “Sungguh, kepada Kami-lah mereka kembali. Kemudian sesungguhnya (kewajiban) Kami-lah membuat perhitungan atas mereka.” – QS. Al-Ghasyiyah 25 dan 26. 

Ketika yaumul hisab, amalan baik dan amalan buruk yang telah dilakukan akan diperlihatkan dan dihitung. Hal ini dilakukan untuk menentukan apakah seseorang layak mendapatkan keridaan Allah SWT lalu masuk surga, atau justru sebaliknya. 

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah mengatakan demikian: 

نَحْنُ الآخِرُونَ السَّابِقُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Kita adalah orang-orang yang belakangan, namun terdahulu pada hari kiamat.”

Jika merujuk dari hadis tersebut, kita bisa dibilang sebagai manusia pertama yang akan dihisab oleh Allah SWT dan malaikat-Nya. Guna memperjelas hadis tersebut, dalam surah Al-Anbiya ayat 47, Allah SWT pun berfirman seperti berikut:

وَنَضَعُ الْمَوَازِيْنَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔاۗ وَاِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ اَتَيْنَا بِهَاۗ وَكَفٰى بِنَا حَاسِبِيْنَ

Arab latin: wa naḍa’ul-mawāzīnal-qisṭa li yaumil-qiyāmati fa lā tuẓlamu nafsun syai`ā, wa ing kāna miṡqāla ḥabbatim min khardalian atainā bihā, wa kafā binā ḥāsibīn.

Artinya: “Dan Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, maka tidak seorang pun dirugikan walau sedikit; sekalipun hanya seberat biji sawi, pasti Kami mendatangkannya (pahala). Dan cukuplah Kami yang membuat perhitungan.”

Baca Juga: Hadits Tentang Memaafkan Dan Manfaatnya

Apa yang Terjadi Saat Yaumul Hisab? 

yaumul hisab artinya
(Piqsels)

Hisab atau perhitungan amal akan dilakukan oleh Allah SWT secara langsung. Waktu atau durasinya bergantung dengan amalan perbuatan yang dilakukan umat manusia semasa hidupnya.

Jika semasa hidupnya selalu taat, proses hisab akan berjalan dengan cepat dan lancar. Begitu pula sebaliknya. 

Pada yaumul hisab, Allah SWT akan berlaku seadil-adilnya. Selain itu, manusia pun tidak dapat berbohong atau mengada-ada karena semua amalan tersebut sudah dicatat oleh malaikat. 

Bahkan dalam sebuah surah disebutkan bahwa ketika menjawab pertanyaan saat hisab, bukan mulut yang berbicara, tapi anggota tubuh lainnya. Allah SWT berfirman:

ٱلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰٓ أَفْوَٰهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَآ أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُم بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ

Arab latin: Al-yauma nakhtimu ‘alā afwāhihim wa tukallimunā aidīhim wa tasy-hadu arjuluhum bimā kānụ yaksibụn.

Artinya: “Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksian lah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.” – QS. Yasin ayat 65.

Perhitungan amal saat yaumul hisab berdasarkan pada isi catatan amal yang diberikan kepada setiap manusia saat pemutusan awal. Proses penerimaan catatan tersebut pun berbeda-beda. Ada yang menerima dari kanan, kiri, maupun belakang. Dalam surah Al-Insyiqaq ayat 7-12, Allah SWT berfirman yang artinya seperti berikut: 

“Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakang, maka dia akan berteriak “Celakalah aku”. Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala.” 

Baca Juga: Sebutkan Ciri-Ciri Orang Munafik Dan Akibatnya!

Amalan Pertama yang Dihisab

yaumul hisab artinya
(Pixabay)

Terdapat dua amalan pertama yang akan dihisab, yaitu: 

Shalat

Shalat merupakan amalan yang pertama kali dihisab. Pasalnya, amalan ini berkaitan dengan hak Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: 

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ

Artinya: “Sesungguhnya amalan hamba yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya baik maka dia pasti beruntung. Namun jika rusak shalatnya maka dia pasti merugi.”

Hak sesama manusia 

Amalan selanjutnya berkaitan dengan hak sesama manusia, yaitu hubungan manusia satu dengan manusia lainnya semasa hidup. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: 

أَوَّلُ مَا يُقْضَى بَيْنَ النَّاسِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِى الدِّمَاءِ

Artinya: “Yang pertama kali diadili di antara manusia pada hari kiamat adalah tentang urusan darah.”

Dalam Al-Quran, Allah SWT menjelaskan bahwa telah memasang timbangan amal kepada setiap manusia. Mereka yang memiliki atau timbangan amal baiknya lebih berat, maka akan menjadi yang beruntung masuk surga.

Sementara, mereka yang timbangan amal baiknya ringan, akan dimasukkan ke dalam neraka. Pasalnya, mereka merupakan orang yang merugi karena tak memanfaatkan karunia Allah semasa hidupnya.


Temukan pilihan rumah, tanah di jual seperti tanah dijual jogja dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel