Pinhome Adakan Workshop Menulis bagi Jurnalis

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 16 September 2022 ∙ 6 menit membaca

Jakarta, 19 Mei 2022 – Sebagai bentuk edukasi kepada rekan-rekan jurnalis, Pinhome selaku e-commerce properti dan gaya hidup menggelar workshop Property Academy untuk jurnalis pada Rabu (18/5/). Webinar tersebut diikuti 27 jurnalis dari seluruh Indonesia secara
daring melalui Zoom meeting.

Workshop Pinhome bertajuk “Yuk, Mulai Berinvestasi Properti! Mengenal Serba-serbi Properti” dibawakan dengan ringkas oleh Head of Agent Account Management Pinhome, Verlita Panca Satria dengan sejumlah topik pembahasan.

Secara garis besar, Panca menjelaskan mengenai tahapan pencarian properti, tantangan dalam membeli rumah, menentukan tujuan membeli properti, menentukan prioritas preferensi dalam memilih properti jika budget terbatas, tipe-tipe properti dan karakteristiknya, kelebihan dan kekurangan investasi properti, serta menentukan budget properti berdasarkan kemampuan.

Menurut Panca, setidaknya ada empat tantangan dalam membeli rumah yakni pekerjaan tetap dan pendapatan tetap, lokasi, gaya hidup, dan mindset.

“Saya suka ngobrol dnegan para pegiat properti. Properti itu supaya laku tuh gimana, sih? Pasti lokasi. Biasanya kalau lokasinya udah cocok, udah cozy, dekat akses transportasi, harga tuh biasanya jadi nomor dua. Tapi kalau lokasinya udah bagus, harganya juga udah tinggi. Nah, dengan berbagai listing-an yang ada di dalam Pinhome, bisa dilihat maunya preferensi yang mana dan lokasinya di mana,” terang Panca.

“Selanjutnya gaya hidup. Pendapatan banyak difungsikan untuk memenuhi gaya hidup dibanding menabung. Tapi kaum milenial sekarang mindset-nya sudah berbeda, apalagi bagi kita yang sudah bekerja. Karena properti dalam satu tahun, kenaikan gaji kita maksimal adalah dua kali,” tambahnya. “Sedangkan investasi properti atau kita mau investasi rumah, tahun depan harganya pasti sudah 10 persen atau 15 persen dibanding tahun lalu. sedangkan gaji kita, berapa sih naiknya setiap tahun? Jadi harus nabung. Karena instrument investasi paling aman adalah properti,” jelas Panca.

Lebih lanjut, Panca menuturkan penting untuk menentukan tujuan membeli properti. Setidaknya ada tiga tujuan berbeda yaitu sebagai tempat tinggal atau untuk investasi, untuk tempat tinggal sendiri atau dengan keluarga, dan hunian sementara atau hunian permanen. Kemudian, Panca juga menjelaskan pentingnya menentukan prioritas preferensi dalam memilih properti jika budget terbatas. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan properti dan seringkali calon pembeli properti harus memilih salah satu dan mengorbankan aspek lainnya.

“Pertama yang dilihat adalah lokasi, lebih mementingkan kedekatan properti dengan tempat-tempat yang sering dituju. Bukan berarti kita punya budget terbatas, kita mau pergaulan kita juga nggak kecil. Jadi di daerah tersebut ada beberapa meeting point untuk bertemu relasi, kolega dan lain-lain,” ujar Panca.

“Lalu luas tanah atau bangunan. Jika budget terbatas, prioritaskan luas tanah atau bangunan untuk mengakomodasi kebutuhan ruang yang lebih besar,” lanjutnya.

“Lalu fasilitas, menganggap keberadaan dan kelengkapan fasilitas umum yang berada di area properti sangat penting seperti fasilitas yang menunjang kebersihan, keamanan, dan apakah ada fasilitas penunjang untuk anak-anak seperti playground atau play house? Nah ini perlu diperhatikan juga.

“Kemudian aksesibilitas. Ini balik lagi, transportasi umumnya menunjang nggak sih dengan jarak tempuh kantor. Tidak masalah dengan lokasi asalkan terdapat akses transportasi umum atau jalan tol menuju area yang sering dikunjungi.

“Terakhir, preferensi selanjutnya adalah lingkungan. Faktor ini cukup penting, pilihlah hunian di lingkungan yang baik, tak hanya lingkungan sosial tapi juga ada ruang terbuka hijau, komunitasnya bagus, dan tetangga yang guyub,” kata Panca.

Menurut Panca, preferensi-preferensi tersebut bisa didapatkan dalam sebuah hunian dengan budget terbatas, dengan catatan diperlukan beberapa pertimbangan dan riset terhadap hunian yang dipilih atau diinginkan.

Selain Panca, workshop juga diisi oleh Project Manager Pinhome Aliananda Lubis yang memaparkan mengenai program #CicilDiPinhome. Program #CicilDiPinhome adalah sebuah alternatif skema pembelian rumah yang bertujuan untuk membantu konsumen membeli rumah dengan cara dicicil selama 1-20 tahun yang tidak diperlukan komitmen untuk menghuni. Program ini hadir untuk mengatasi persoalan pembelian rumah dengan cara KPR yang seringkali menghambat calon konsumen untuk memiliki rumah yang terjangkau dan mudah.

“Program Cicil di Pinhome ini didukung dengan proses anti ribet dan fleksibel. Kami mau konsumen untuk pembelian rumah kami bikin se simple mungkin dan mudah. Pertama, konsumen menentukan rumah idaman yang ingin dimilikinya. Nah, listing-nya tersedia di website dan aplikasi Pinhome,” kata Aliananda.

“Setelah konsumen menentukan rumah yang ingin dibeli, rumah di listing Pinhome sudah terkurasi dengan baik. Jadi sudah pasti legalitas, kondisi, dan lokasi sudah terjamin oleh Pinhome. Khususnya di program ini, rumah-rumah ini adalah rumah-rumah yang dimiliki oleh Pinhome. Dari dari awal pun properti ini sudah atas nama PT Pinhome, sudah pasti legalitasnya jelas,” jelas Aliananda.

“Jika konsumen sudah pasti ingin membeli rumah, konsumen bisa menghubungi tim sales kami untuk bertanya lebih lanjut. Setelah itu, konsumen bisa mengirimkan dokumen persyaratan seperti KTP, NPWP, bukti penghasilan, serta membayar booking fee. Nantinya proses ini akan dibantu juga melalui aplikasi oleh agen. Setelah booking fee, kami juga memberi jangka waktu kepada konsumen untuk membayar first payment, bentuknya sama seperti DP,” jelasnya.

“Setelah konsumen sudah membayar first payment, kami akan bantu jadwalkan penandatanganan program cicilan, lalu rumah bisa ditempati dan konsumen akan membayar cicilan setiap bulan sampai lunas,” tambah Aliananda.

Sebagai informasi, Property Academy by Pinhome rutin menggelar kelas webinar yang membawa tema seputar Property, Finance, & Lifestyle dengan menghadirkan property expert dan pembicara-pembicara berkompeten di bidangnya.

Selain webinar rutin, Property Academy juga menyediakan komunitas di mana anggotanya dapat berdiskusi dan berkonsultasi langsung dengan property expert Pinhome. Untuk informasi lebih lanjut, silakan bergabung di Telegram Komunitas Property Academy di sini. atau kunjungi situs Gabung Property Academy. Untuk mengunduh aplikasi Pinhome – Properti, KPR & Jasa bisa kunjungi situs Pinhome di sini.


Pinhome adalah pionir platform e-commerce properti satu atap (end-to-end) yang memiliki jaringan luas agen properti individu dan kantor profesional. Didirikan oleh CEO-Founder Dayu Dara Permata dan CTO-CoFounder Ahmed Aljunied pada September 2019, Pinhome resmi beroperasi pada Januari 2020.

Pinhome menjalin kemitraan dengan berbagai stakeholders seperti bank, kontraktor, notaris, serta penyedia jasa bidang properti lainnya untuk mempermudah proses transaksi properti. Agen dan kantor properti dapat mengunduh aplikasi Rekan Agen Pinhome melalui Appstore di iOS atau Play Store di Android untuk mendapatkan pengalaman transaksi properti yang lebih menguntungkan.

Untuk konsumen, Pinhome menyediakan aplikasi transaksi properti satu atap mencakup panduan membeli properti, mulai dari cek budget ideal, cek properti, opsi pembayaran, kontak agen, kunjungan properti, estimasi harga, panduan KPR, memulai transaksi, dokumen penting, hingga proses serah terima. Semua tahapan tersebut dilakukan seamless lewat satu aplikasi. Aplikasi Pinhome dapat diunduh di Appstore atau Play Store.

Selain itu, Pinhome juga merambah sektor home service dan gaya hidup dengan menyediakan jasa kebersihan rumah, cuci AC, cuci mobil, disinfectant fogging, perbaikan AC, dan massage melalui Pinhome Home Service. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi Pinhome dan telah melayani lebih dari 31 kota serta kabupaten di Indonesia.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 10 Cara Restart Laptop yang Cepat di Windows & Mac OS

Saat laptop tiba-tiba macet dan not responding ketika dioperasikan, banyak yang memilih cara restar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Backsplash Dapur yang Cantik

Keramik backsplash adalah salah satu solusi dapur tetap bersih dan estetik dipandang. Hal tersebut

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia