Pinhome

Lifestyle

Wisata Setigi Gresik

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 26 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Tahukah Anda wisata Setigi Gresik yang terdapat di Jawa Timur akhir-akhir ini banyak yang memperbincangkan? Wisata yang memiliki kependekan nama Selo, Tirto, dan Giri ini sangat unik dan juga instagramable. Jika Anda berminat untuk pergi ke Setigi liburan ini, maka alangkah  baiknya Anda mengerti tentang lokasi tepatnya dimana dan juga HTMnya. Artikel ini akan menjawab kedua hal tersebut.

Wisata yang dahulunya adalah tempat bekas penambangan kapur ini sekarang menjadi destinasi wisata di Jawa Timur yang sangat diperhitungkan. Setigi ini memiliki nilai yang bisa juga dibilang berbau sejarah, karena ada tambang batu kapur yang sudah ada sejak lama.

Wisata alam ini masih baru di Gresik. Meskipun demikian, wisata ini mampu menjaring pengunjung yang banyak sekali. Bisa dilihat setiap hari libur pasti ramai pengunjung. Pengunjung dapat menikmati suguhan alam yang cakep untuk dinikmati. Serta aktifitas hunting foto juga merupakan aktifitas yang sangat favorit.

panorama wisata setigi gresik
@doyokskpk

Nama wisata SETIGI sendiri sebenarnya merupakan sebuah singkatan. Yaitu singkatan dari Selo, Tirto, dan Giri. Selo memiliki arti Batu, Tirto yang berarti Air, dan Giri yang berarti Bukit. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa wisata alam ini menyuguhkan keindahan berupa bukit yang berisi batu-batu, air beserta hijaunya tumbuhan.

Selain menawarkan pemandangan alam yang eksotis, wisata alam Setigi ini juga menyediakan aneka wahana menarik yang patut untuk dinikmati, siantaranya seperti; bebek air (sepeda air), ATV, kolam renang, jembatan peradaban, goa Pancawarna, taman desa, goa emas, dan lain sebagainya. Maka pas sekali jiga tempat seperti ini menjadi destinasi liburan bagi keluarga.

suasana wisata setigi gresik
@rindra170

Jika kamu berada di Gresik, sayang sekali jika belum mendatangi wisata unik satu ini. Kamu bisa mengajak liburan bersama orang-orang terdekatmu, baik itu keluarga, sahabat, maupun pasangan. Harga tiket masuk yang ditawarkan cukup terjangkau, serta dilengkapi juga dengan fasilitas yang memadai.

Harga Tiket Masuk Wisata Setigi Gresik

Wisata yang hampir mirip dengan Tebing Breksi di Jogja ini sangat patut Anda kunjungi. Apalagi, jika Anda adalah warga Jawa Timur. Setelah mengetahui lokasi dan juga rutenya, Anda juga harus mengetahui harga tiket masuknya. Dengan mengetahui harga tiket masuk, Anda jadi paham berapa uang yang harus Anda siapkan sehingga Anda tidak khawatir lagi.

Harga tiket masuknya sendiri sangat murah. Untuk setiap orang yang berkunjung ke Setigi akan dikenakan biaya Rp. 15.000 per kepala. Selain itu, setiap kendaraan yang Anda bawa akan dikenakan biaya parkir. Untuk Anda yang membawa kendaraan roda dua atau sepeda motor. Anda akan dikenakan biaya Rp.5000.

Berbeda jika Anda membawa kendaraan roda empat atau lebih, Anda akan dikenakan Rp. 10.000. Harganya tentu sangat murah untuk Anda yang akan mendapatkan berbagai fasilitas yang ditawarkan di Wisata Setigi di Gresik ini. Fasilitas yang akan Anda dapatkan dengan Rp. 15.000 per kepala ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Parking area yang sangat luas untuk menampung kendaraan para wisatawan
  2. Tempat makan dan area istirahat
  3. Tempat beribadah untuk umat Muslim (Mushola)
  4. Berbagai titik foto yang estetik dan instagramable
  5. Gazebo untuk bersantai
  6. Dan lain sebagainya

Fasilitas yang lengkap tersebut menandakan bahwa memang tempat ini sudah sangat siap untuk dibuka sebagai tempat wisata. Selain itu yang harus Anda ketahui terkait hal ini adalah jam operasional dari tempat wisata ini. Anda bisa datang ke sini setiap hari.

Dengan HTM yang sangat murah tersebut, kenyataannya Setigi menawarkan daya tarik yang luar biasa. Daya tariknya terletak perpaduan antara wisata alam berupa latar belakang bukit kapur dan juga berbagai spot yang disediakan seperti Jembatan Peradaban, Taman Desa, Goa Emas, dan lain sebagainya.

Ditambah lagi dengan wahana seperti ATV, maka Anda akan bisa berputar mengelilingi keindahan wisata dengan cara yang menyenangkan.

Lokasi Wisata Setigi Gresik

Tempat wisata yang memadukan konsep wisata alam dan juga sejarah ini letaknya adalah di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, di Kabupaten Gresik. Jika Anda dari arah Tol Manyar, maka letak tempat wisata ini adalah 27 kilometer dari exit tol tersebut. Dengan menggunakan kendaraan roda empat, Anda akan sampai di Desa Sekapuk ini sekitar 40 menit.

Google Maps

Rute

Jika Anda berangkat dari Kota Surabaya, maka Anda akan bisa sampai dengan rute sebagai berikut:

  1. Di Surabaya kota, Anda harus mengambil arah barat ke Jalan Kanginan I menuju Jalan Kanginan sepanjang 70 meter
  2. Setelah itu, belok kanan ke Jalan Kanginan dan terus berjalan selama 150 meter
  3. Setelah 150 meter tadi, belok kiri ke Jalan Ambengan
  4. Kemudian, belok kanan ke Jalan Kusuma Bangsa (Anda akan melewati Indomaret Kusuma Bangsa untuk hal ini)
  5. Belok kiri ke Jalan Kalianyar dan terus jalan sepanjang 400 meter
  6. Kemudian terus lurus ke Jalan Jagalan (Anda akan menemukan Alfamart di sebelah kanan) dan teruslah jalan sepanjang 1,8 km
  7. Selanjutnya, gunakan 2 lajur kanan yang mana gunakan untuk berbelok sedikit sehingga Anda tetap berada di Jalan Dupak
  8. Teruskan perjalanan Anda ke Jalan Dupak Rukun atau Jalan Tol Surabaya-Gresik
  9. Masuk jalan tol,  dan Anda akan menempuh 18km
  10. Belok kiri ke Jalan Raya Manyar atau Jalan Tuban-Gresik
  11. Kemudian beloklah kiri ke Jalan Pemuda atau Jalan Raya Daendels atau Jalan Raya Sekargadung—Sidomulyo atau Jalan Tuban-Gresik selama 7,7 km
  12. Kemudian Anda harus belok kanan ke Jalan Raya Segapuk dan terus berjalan sepanjang 800 meter
  13. Belok kiri
  14. Anda akan sampai di Wisata Alam Setigi

Dengan mengikuti rute dari Surabaya ke Setigi di atas, Anda akan sampai dengan cepat. Menurut perkiraan, Anda akan sampai dalam waktu 1 jam 7 menit lamanya. Tentunya rute di atas digunakan bagi Anda yang menggunakan minimal roda empat dikarenakan jalur di atas melewati jalan tol.

Jam Buka

Untuk jamnya, jika Anda datang di weekdays yakni hari Senin hingga Jumat, maka jam operasionalnya adalah jam 08.00 hingga 17.00. Berbeda lagi jika Anda datang saat weekend atau pada Sabtu dan Minggu, maka jam operasional dari Setigi ini adalah jam 08.00 dan ditutup lebih lama yakni jam 18.00. Jam ini adalah jam yang mana sifatnya bisa berubah, disesuaikan dengan kondisi wisata alam tersebut.

Bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk berkunjung ke Wisata Setigi Gresik? Jika sudah, jangan lupa membawa kamera Anda, ya! Jangan sampai Anda lupa mengabadikan moment indah di tempat wisata eksotis di Jawa Timur tersebut.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel