Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 15 Wisata Camping Di Bandung Paling Menakjubkan untuk Dikunjungi

15 Wisata Camping Di Bandung Paling Menakjubkan untuk Dikunjungi

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 15 November 2017 ∙ 8 menit membaca

Sebagai salah satu kota wisata yang berada di dataran tinggi, Bandung juga menyediakan berbagai tempat menarik untuk aktivitas camping atau perkemahan.

Kegiatan ini sendiri tidak lagi hanya sebatas acara perkemahan siswa, mahasiswa, atau karyawan melainkan juga telah menjadi acara quality time keluarga, teman, atau pasangan.

Sebuah aktivitas yang tepat untuk melepaskan penat dan beban, dengan cara menikmati indahnya alam terbuka.

Kegiatan berkemah di era ini sudah tidak seribet dulu, yang identik dengan tenda, peralatan masak, dan perbekalan sendiri. Kini, telah banyak area camping yang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan peralatan. Mulai dari tenda, api unggun,  hingga fasilitas toilet.

Bahkan, di Bandung, tersedia beragam pilihan tempat kamping mulai dari yang murah hingga yang berfasilitas bintang 5.

Nah, berikut beberapa tempat wisata camping di Bandung yang direkomendasikan untuk melengkapi liburan Kamu.

1. Wisata Camping di Bandung Ranca Upas

wisata camping di bandung ranca upas bandung
Photo by: ranca_upas

Ranca Upas memang telah dikenal sebagai salah satu kawasan bumi perkemahan yang sangat diminati oleh wisatawan maupun oleh penyelenggara pelatihan dan camping.

Letaknya yang berada di kawasan Ciwidey dengan pemandangan hutan hijau dan udara yang dingin, adalah daya tarik utama yang menjadikan setiap orang betah untuk berkemah di kawasan ini.

Letaknya yang berada di kawasan Ciwidey dengan pemandangan hutan hijau dan udara yang dingin, adalah daya tarik utama yang menjadikan setiap orang betah untuk berkemah di kawasan ini.

Kegiatan kemah juga akan semakin menarik dan berkesan dengan adanya aktivitas lain, seperti outbond, paintball, berenang, dan lain sebagainya. Kalau kamu tertarik untuk berkemah di Ranca Upas, kamu bisa langsung menuju Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM 11.

2. Wisata Camping di Bandung Ciwidey Valley

wisata camping di bandung ciwidey valley
photo by: ciwideyvalley

Selain Ranca Upas, di kawasan Ciwidey juga terdapat area camping lain yang bernama Ciwidey Valley.

Ciwidey Valley ini pada dasarnya adalah tempat wisata dan penginapan yang mengusung konsep bumi perkemahan.

Uniknya, tenda yang digunakan bukan tenda biasa, melainkan tenda dengan bentuk layaknya tenda suku Indian.

Berbentuk segitiga dan menjulang tinggi, serta dilengkapi dengan gambar atau hiasan khas suku asli Amerika ini.

Selain aktivitas berkemah, kamu pun bisa mengisi waktu luang dengan berjalan-jalan ke tempat wisata sekitar, seperti Kawah Putih, Danau Situ Patenggan, dan Kebun teh Walini.

Bagaimana? Tertarik untuk menikmati kemah di tempat ini? Jika ya, segera datang ke Jl. Barutunggul KM 17 – Ciwidey Bandung Jawa Barat, ya.

3. Wisata Camping di Bandung Green Hill Ciwidey

wisata camping di bandung green hill ciwidey
photo by: greenhill_ciwidey

Hampir serupa dengan Ciwidey Valley, Green Hill Ciwidey juga merupakan area perkemahan eksklusif di kawasan perbukitan Ciwidey.

Di sini, kamu akan disuguhi dengan tenda-tenda berfasilitas lengkap. Mulai dari kasur, selimut, sleeping bag, hingga kamar mandi.

Kegiatan pun akan semakin semarak dengan adanya aktivitas lain, seperti tracking, outbound, paint ball, renang, dan lain sebagainya.

4. Wisata Camping di Bandung Grafika Cikole

wisata camping di bandung grafika cikole bandung
photo by: mhartoto

Bagi kamu yang tengah mencari area camping ramah kantong, Grafika Cikole adalah tempat yang tepat. Dengan hanya biaya sekitar 500 ribuan, kamu telah bisa menikmati fasilitas tenda lengkap dengan matras, sleeping bag, kayu bakar, dan yang lainnya.

Lokasinya yang berada di kawasan hutan pinus, juga menjadikan area ini tempat yang nyaman dan aman untuk aktivitas berkemah.

Perjalanan untuk menuju lokasi juga sangat mudah, mengingat lokasinya yang cukup dekat dengan jalan raya.

Jadi, kamu tidak perlu mendaki atau melewati medan berat, cukup dengan mengarahkan kendaraan kamuke Jl. Raya Tangkuban Perahu KM 8 Desa Cikole, Lembang, dan kamu pun telah sampai di area camping hutan pinus ini.

5. Wisata Camping di Bandung Ciwangun Indah Camp

wisata camping di bandung Ciwangun Indah Camp
photo by: hartini.ap21

Di daerah kabupaten Bandung Barat, terdapat kawasan bumi perkemahan yang juga telah populer sebagai tempat outbond dan team building bernama Ciwangun Indah Camp (CIC).

Area camping yang berlokasi di Jl. Kol Masturi, Ciwangun – Parongpong ini akan memberikan pengalaman dan sensasi berkemah yang sesungguhnya.

Berbeda dengan camping ground di kawasan Ciwidey yang cenderung eksklusif, area berkemah ini mengharuskan kamu untuk membawa atau menyewa tenda dan perbekalan lainnya.

Bahkan, kamu pun diharuskan untuk memasang atau mendirikan tenda secara mandiri.

Jadi, di area ini, kamu hanya menyewa area camping (camping ground), kemudian segala seluk beluk aktivitas kemah harus dikerjakan secara mandiri.

Tersedia pula beragam aktivitas menarik, seperti outbound, paint ball, flying fox, wall climb, kolam renang, air soft gun dan danau buatan.

6. Wisata Camping di Bandung Pine Forest Camp

wisata camping di bandung Pine Forest Camp
photo by: google.com

Salah satu pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan berkemah kamu adalah Pine Forest Camp.

Hampir serupa dengan CIC, area camping yang berlokasi di Jl. Maribaya Timur, Cibodas – Lembang ini menawarkan pengalaman berkemah yang sesungguhnya.

kamu diharuskan untuk membawa/menyewa peralatan berkemah sekaligus mendirikan dan mengurus segala keperluan secara mandiri.

Yang unik dari area ini adalah adanya api unggun yang sangat instagrammable. Tidak hanya berfungsi untuk keperluan acara perkemahan, tetapi juga bisa menjadi area foto yang tak boleh dilewatkan.

7. Wisata Camping di Bandung Oray Tapa

wisata camping di bandung Oray Tapa

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berkemah di area gunung, Oray Tapa bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berada di kawasan Gunung Manglayang Bandung, camping ground yang satu ini akan menyajikan pemandangan alam dan kenyamanan berkemah yang khas.

Selain berkemah, tersedia aktivitas lain yang bisa dilakukan seperti bersepeda, motorcross, dan offroad.

Jika kamu tertarik untuk menikmatinya, segera kunjungi area perkemahan yang berlokasi di Mekarmanik, Cimenyan – Bandung ini.

8. Wisata Camping di Bandung D’Camp Bandung

wisata camping di bandung D’Camp Bandung
photo by: cermati

Tempat wisata camping di Bandung yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Cibodas Alam Madani Park (d’camp).

Sebuah area bumi perkemahan yang juga menyediakan area outbond dan team building bagi kalangan pelajar maupun karyawan.

Fasilitas yang tersedia di sini juga cukup lengkap, mulai dari toilet, tempat ibadah, hingga sarana hiburan lain seperti kolam renang. Sangat cocok untuk wisata camping keluarga.

Untuk lokasi, camping ground yang satu ini bertempat di Cikidang, Lembang – Bandung Barat.

9. Wisata Camping di Bandung Bale Bambu Adventure Bandung

wisata camping di bandung Bale Bambu Adventure Bandung
photo by: sir_tieno

Tempat camping yang berlokasi di Jl. Raya Soreang – Ciwidey KM 23 Bandung ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk acara kemah kamu.

Dengan harga yang sangat terjangkau, kamu telah bisa menikmati aktivitas berkemah lengkap dengan sewa tenda, sleeping bag, api unggun, dan layanan makan.

10. Wisata Camping di Bandung Glamping Legok Kondang Lodge

wisata camping di bandung Glamping Legok Kondang Lodge
photo by: ronis2453

Layaknya Ciwidey Valley, Glamping Legok Kondang Lodge juga merupakan area perkemahan eksklusif bak hotel berbintang 5.

Di tempat ini kamu bisa merasakan pengalaman tidur di tenda, namun dengan fasilitas lengkap seperti tempat tidur, kamar mandi dengan air panas, dan TV.

Jika tertarik untuk mencobanya, kamu bisa berkunjung ke Jl. Kurunangan, Lebak Muncang – Ciwidey.

11. Air Panas Ciater

wisata camping di bandung air panas ciater
photo by: dhel_motul_151

Taman Wisata Sari Ater menawarkan kawasan wisata yang lengkap untuk Kamu dan keluarga, mulai dari sekedar berenang menikmati kolam air panas alami atau sekedar piknik menikmati sejuknya udara ciater.

Beberapa solusi untuk menikmati wisata air panas ciater, Kamu bisa dengan menginap langsung di hotel Sari Ater, atau camping di kawasan Family Camping Ground Sari Ater, atau menginap di penginapan dan villa yang ada di sekitar ciater.

Salah satu poin minus dari kawasan ini adalah kebersihan.

12. Tebing Keraton Bandung

wisata camping di bandung tebing keraton
photo by: mariowiguna_teodorus

Tebing Keratan adalah salah satu wisata alam yang ada di bandung, tebing keraton berada di kampung Ciharegem puncak. Untuk menuju ke tebing keraton bisa melewati jalan Dago patokannya taman hutan raya Ir.H. Juanda (tahura) masih naik lagi melewati d’pakar.

Agar dapat naik ketebing keraton bisa menggunakan kendaraan pribadi lebih disarankan menggunakan motor pastikan kendaraan dalam kondisi oke karena jalan yang berbatu dan terjal.

Fasilitas yang terdapat di tebing keraton adalah warung makan, toilet, mushola, camping ground dan menara pandang. harga tiket masuk per Mei 2016 adalah Rp 11.000,00.

Wisata tebing keraton tidak disarankan untuk anak kecil dan lansia, pemandangan di tebing keraton sangat indah sekali kita dapat melihat keindahan hutan dan kota diatas ketinggian.

Penulis sarankan untuk datang dipagi hari. jangan lupa bawa kamera dan monopod untuk selfie 🙂 tebing keraton sangat rekomen untuk dikunjungi karena dapat melihat keindahan alam dari atas ketinggian.

13. Dusun Bambu Bandung

photo by: www.tripadvisor.co.id

Dusun bambu sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Selain pemandangannya yang bagus dan tempat makan dengan banyak pilihan tersedia juga tempat bermain anak, outbond serta tempat untuk menginap dengan pilihan villa dan camping ground.

Di sebelah Playground juga terdapat Rabbit Wonderland. Disini anak-anak bisa berinteraksi dengan kelinci dan juga bermain di labirin.

14. Puncak Bintang Bandung

wisata camping di bandung puncak bintang
photo by: rbihsan

Agar bisa masuk kesini ada dua jalur alternatif, pertama lewat dago pakar terus naik cuma ga bisa dilalui mobil jlan juga ada yg kurang baik, naik turun bikin sport jantung.

Alternatif jalan yg kedua lewat padasuka cicaheum jalannya lumayan bagus dan mobil masih bisa lewat. Tiket Masuk bayar dikenakan tarif 15 ribu.

15. Stone Garden Geopark Bandung

wisata camping di bandung Stone Garden Geopark
photo by: rbihsan

Nah, itulah beberapa tempat wisata camping di Bandung yang patut kamu coba. Selamat berlibur dan menyatu dengan alam. Buat kamu yang ingin camping di sini, bisa membawa keluarga.

Rasanya akan lebih asik lagi kalau mengambil 1 paket keluarga untuk berkemah di sini. Suasana keramaian akan menjadikan wisata camping lebih ceria.

Dapatkan informasi wisata lainnya di sini.

  1. Singgahi 10 Restoran Sunda Terfavorit di Kota Bandung
  2. Pecinta Bakso? 10 Tempat Kuliner Bakso yang Halalan Toyyiban
  3. 10 Kuliner Murah yang Gak Bikin Kantong Bolong
  4. 10 Kuliner Favorit Pas untuk Jamuan Keluarga
  5. Suka Makan Ramen? Kunjungi Tempat Kuliner Ramen Terbaik di Kota Bandung

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti koleksi pada perumahan Graha Natura Surabaya di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel