WhatsApp berbagi data dengan Facebook, Signal dan Telegram melonjak. Ada apa?

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ December 22, 2021 ∙ 3 menit membaca

Unduhan aplikasi perpesanan yang berfokus pada privasi, Signal dan Telegram mendapat peningkatan saat pengguna mencari alternatif untuk WhatsApp yang dimiliki Facebook karena kekhawatiran tentang perubahan pada kebijakan privasi layanan.

Signal melihat sekitar 7,5 juta penginstalan secara global melalui Apple App Store dan Google Play store antara 6 Januari dan 10 Januari, menurut Sensor Tower. Itu 43 kali lipat dari minggu sebelumnya. Ini adalah minggu tertinggi atau bahkan jumlah penginstalan bulanan untuk Signal dalam sejarah aplikasi.

Sementara Telegram melihat 5,6 juta unduhan secara global dari Rabu hingga Minggu, menurut Apptopia.

Signal mengklaim memiliki “enkripsi ujung-ke-ujung yang canggih” sebagai bagian dari layanannya, yang mencegah pesan dibaca oleh mereka yang bukan penerima yang dituju.

Lonjakan unduhan kedua aplikasi ini terjadi setelah WhatsApp merilis pembaruan kebijakan privasinya pada 4 Januari. Sejak 2016, WhatsApp telah membagikan data tertentu dengan Facebook. Namun pengguna sebelumnya memiliki kesempatan untuk tidak ikut serta.

Tetapi mulai 8 Februari, pengguna akan diminta di aplikasi untuk menerima persyaratan yang diperbarui untuk terus menggunakan WhatsApp. Pengguna di Eropa dan Inggris Raya akan melihat pesan berbeda karena aturan perlindungan data di yurisdiksi tersebut.

Namun, pesan WhatsApp dienkripsi, artinya Facebook tidak akan dapat melihat isinya. Tetapi WhatsApp mengumpulkan banyak data lain yang dapat dibagikan dengan perusahaan induknya.

Data ini mencakup informasi pendaftaran akun seperti nomor telepon Anda, data transaksi, informasi terkait layanan, informasi tentang cara Anda berinteraksi dengan orang lain, termasuk bisnis saat menggunakan layanan, dan informasi perangkat seluler.

Dalam pernyataan Senin, WhatsApp mengatakan pembaruan ini tidak memengaruhi privasi pesan yang dikirim ke teman dan keluarga. Ini mengklarifikasi bahwa pembaruan akan mencakup “perubahan terkait pengiriman pesan bisnis di WhatsApp, yang bersifat opsional, dan memberikan transparansi lebih lanjut tentang cara kami mengumpulkan dan menggunakan data.”

WhatsApp mengatakan data yang dibagikan dengan Facebook digunakan untuk membantu meningkatkan infrastruktur, mempromosikan keselamatan dan keamanan, dan menyempurnakan layanan dengan membuat saran atau mempersonalisasi fitur dan konten. Ini juga dapat mencakup integrasi antara produk bermerek Facebook dan WhatsApp.

Setelah pengumuman tersebut, CEO Tesla Elon Musk mendesak pengikut Twitternya minggu lalu untuk “menggunakan Signal.”

Signal melaporkan pekan lalu bahwa kode verifikasi yang dikirim ke pengguna melalui pesan teks untuk mulai menggunakan aplikasi ditunda karena permintaan yang tinggi. Signal mengatakan pihaknya menambahkan server tambahan untuk menangani masuknya pengguna baru.

“Kami terus memecahkan rekor lalu lintas dan menambah kapasitas karena semakin banyak orang yang menyadari betapa mereka tidak menyukai istilah baru Facebook,” kata Signal dalam sebuah tweet. “Jika Anda tidak dapat membuat grup baru baru-baru ini, harap coba lagi. Server baru siap melayani Anda. ”

Meskipun ada lonjakan unduhan Signal dan Telegram, WhatsApp belum mengalami penurunan, menurut Adam Blacker, wakil presiden wawasan di Apptopia.

“Itu terlalu mendarah daging. Dugaan saya adalah sangat sedikit orang yang menggunakan WhatsApp setiap hari yang baru-baru ini menghapusnya, ”kata Blacker kepada CNBC melalui email.

“Bahkan mereka yang mengunduh dan menggunakan Signal atau Telegram akan tetap menggunakan WhatsApp karena di sanalah sebagian besar teman dan keluarga mereka berada. Mereka mungkin mulai berbicara dengan orang-orang tertentu di Signal tetapi masih mengobrol dengan ibu mereka di WhatsApp. ”

WhatsApp berbagi data dengan Facebook

Poin Utama

  • Unduhan aplikasi perpesanan yang berfokus pada privasi, Signal dan Telegram mendapat peningkatan saat pengguna mencari alternatif untuk WhatsApp milik Facebook.
  • Lonjakan itu terjadi setelah WhatsApp memperbarui persyaratan perjanjian layanannya yang tampaknya memberi pengguna sedikit pilihan untuk memilih tidak berbagi data dengan perusahaan induk Facebook.
  • Signal mengklaim memiliki “enkripsi ujung-ke-ujung yang canggih” sebagai bagian dari layanannya, yang mencegah pesan dibaca oleh mereka yang bukan penerima yang dituju.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Pernahkah Pins berpikir untuk mengubah suara asli kamu untuk membuat efek gema seperti robot, atau

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia