Pinhome

  • Blog
  • Berita Pinhome
  • Webinar Pinhome X UNS: Ingin Jadi Full Stack Engineer Handal dan Sukses Berkarir di Start Up?

Berita Pinhome

Webinar Pinhome X UNS: Ingin Jadi Full Stack Engineer Handal dan Sukses Berkarir di Start Up?

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pengalaman adalah guru terbaik. Ungkapan ini dimaknai oleh CEO & Founder Pinhome, Dayu Dara dan CTO & Founder Pinhome, Ahmed Aljunied dengan membagikan pengalaman berharga keduanya selama berkarir di dunia Start Up kepada mahasiswa di event Pinhome x UNS : Introduction to Pinhome And Full Stack Engineering, hari Sabtu 26 September 2020.

Perjalanan Pinhome ke kampus-kampus masih terus berlanjut nih Pins! Kali ini, Universitas Negeri Sebelas Maret berkesempatan menjadi destinasi Pinhome untuk berbagi ilmu dan pengetahuan terkait berkarir di sebuah start up dan karir menjadi seorang full stack engineer. Acara ini dihadiri oleh CEO Founder dari Pinhome yaitu Dayu Dara Permata, CTO Founder dari Pinhome yaitu Ahmed Aljunied, mahasiswa-mahasiswa Teknik Informatika ITS, dan juga mahasiswa-mahasiswa lain yang antusias untuk ikut belajar bersama melalui webinar yang kami selenggarakan pada Sabtu, 26 September 2020.

Webinar Pinhome x UNS : Introduction to Pinhome & Fullstack Engineering

Sesi webinar kali ini terbagi menjadi dua sesi berdasarkan materi yang disampaikan dan pembicara yang memaparkan. Pada sesi pertama, Dayu Dara Permata selaku CEO Founder dari Pinhome, juga sebagai pembicara sesi satu, melakukan pemaparan soal karir di sebuah start up dan tips juga trik agar seseorang bisa sukses berkarir di dalamnya. Sebelum menjelaskan topik tersebut, Dara terlebih dahulu memaparkan jika start up memiliki karakteristik yang unik karena model bisnisnya yang tidak konvensional dan penuh inovasi. Dara menjelaskan jika start up berdiri untuk menantang dan mengubah lanskap industri karena itu start up berdiri tidak hanya untuk menjaga posisi namun seringkali menghasilkan disrupsi tersendiri. Berangkat dari karakteristik ini, tentunya sistem kerja di sebuah start up pun menjadi berbeda. Di start up proses bekerja berjalan dengan sangat cepat, mengoptimalkan penggunaan teknologi, dan mengandalkan kompetensi sebagai basis promosi.

Lantas, apa saja sih yang perlu dipersiapkan agar seseorang bisa sukses berkarir di bidang start up? Dara menjelaskan jika terdapat beberapa hard skill dan soft skill yang perlu dimiliki untuk mendukung akselerasi karir di bidang start up. Dari segi hard skill, Dara menjelaskan jika dibutuhkan keterampilan analitis kuantitatif yang kuat, kemampuan penalaran kualitatif, dan kecerdasan bisnis. Dari sisi, soft skill dibutuhkan kemampuan kepemimpinan, keterampilan komunikasi yang baik, keinginan untuk belajar, dan kemampuan untuk bekerja sama.

Pada sesi kedua, Ahmed Aljunied selaku CTO Founder dari Pinhome melakukan pemaparan terkait tips dan trik serta karir menjadi seorang full stack engineer. Menurut Ahmed, terlepas dari keterampilan yang seorang engineer miliki, ada tiga konsep yang perlu dipahami ketika seseorang ingin menempuh jalur karir sebagai full stack engineer, yaitu decomposition, abstraction, dan indirection. Menurut Ahmed, untuk menjadi full stack engineer, seseorang hanya diwajibkan untuk memahami konsep-konsep mendasarnya saja, selebihnya improvisasi dan keterbukaan akan hal baru menjadi hal kunci. Untuk memudahkan improvisasi dan eksplorasi hal baru ini, tiga konsep sebelumnya (decomposition, abstraction, dan indirection) berperan sebagai pedoman dalam menjalankan tugas yang ada terlepas dari bidang yang ditekuni baik web hingga mobile. Pada tahap satu, decomposition berperan untuk memecahkan elemen kompleks menjadi beberapa elemen yang lebih sederhana, selanjutnya tahap abstraction merupakan tahap mengidentifikasi kesamaan di antara elemen, menggabungkannya, dan menetapkan representasi bersama, terakhir tahap indirection merupakan tahap yang dirancang untuk memisahkan entitas dalam memfasilitasi penundaan realisasi hubungan-hubungan elemen tersebut.


Selalu ada kejutan dari setiap webinar Pinhome, semisal antusiasme atau rasa ingin tahu audiens. Hal inilah yang membuat semangat Pinhome membara untuk terus berbagi kepada kalian. Nantikan terus informasi webinar lainnya hanya di sosial media kita ya Pins!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel