Waspada Penipuan Undian Berhadiah Shopee

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 7 menit membaca

Berhati-hatilah jika ada yang menelepon Anda mengatasnamakan dari pihak Shopee. Modus penipuan makin beragam. Sudah banyak kejadian penipuan mengatasnamakan Shopee. Modusnya bisa berupa undian berhadiah, pemberian cash back, dan sebagainya. Jangan berikan data-data yang diminta kepada orang yang mengaku mengatasnamakan Shopee. Apalagi kalau yang menelepon adalah nomor HP pribadi, bukan nomor resmi dari Shopee.

Kali ini saya mau cerita pengalaman saya tertipu dengan orang yang mengatasnamakan Shopee. Saya adalah orang yang waspada terhadap penipuan semacam itu. Namun, mungkin karena sedang dilanda masalah keuangan, dengan lugunya saya bisa ketipu, menuruti keinginan penipu. Penipu menggunakan saldo Shopeepay saya senilai Rp200.000. Mungkin bagi orang lain ini bukan jumlah yang besar, tapi di masa krisis seperti, jumlah itu sangat berarti. Dan yang lebih merugikan lagi adalah, akun Shopee saya dinonaktifkan, padahal itu akun untuk jualan.

Kronologi
Jadi, pada 20 Juni 2020 ada seseorang yang mengatasnamakan dari pihak Shopee menelepon ke nomor HP yang saya gunakan di Shopee. Katanya saya mendapatkan cashback senilai Rp2.000.000 yang katanya bisa digunakan untuk belanja, atau bisa dicairkan. Penipu itu bilang kalau saya adalah salah satu dari 3 orang yang beruntung mendapatkan cashback tersebut.

Penipu menyuruh saya membuka aplikasi Shopee, tapi karena HP saya tidak ada aplikasi Shopee, saya mesti instal dulu. Saya disuruh memasukkan kode yang dikirimkan oleh Shopee. Saya tanya, apakah bisa kalau saya akses lewat broser saja, tapi katanya harus lewat aplikasi.

Sebenarnya saya curiga karena penelepon menggunakan nomor pribadi. Tapi saya yakin karena SMS-nya benar dari pihak Shopee. Entah kenapa saya bisa yakin padahal di SMS jelas-jelas disebutkan “JANGAN BERIKAN kode RAHASIA ini kepada siapa pun, TERMASUK TIM SHOPEE. WASPADA PENIPUAN!”. Karena saya terpengaruh kata-kata penipu itu tadi, saya kasih tahu kode 6 digit ke penipu tersebut.

Setelah saya buka akun Shopee saya lewat aplikasi, saya diminta untuk mengisi saldo Shopeepay, karena syarat untuk mendapatkan cashback yang 2 juta tadi adalah dengan top up Shopeepay senilai Rp200.000. Di sini saya yakin karena di aplikasi Shopee memang ada promo lucky draw, ada hadiah undian senilai 1 juta bagi yang mengisi Shopeepay minimal Rp20.000, untuk periode 16 Juni – 25 Juni 2020, kalau tidak salah. Padahal dari situ saja sebenarnya sudah mencurigakan. Program undian berhadiah tersebut hadianya Rp 1 juta. Padahal penipu tadi bilang kalau saya mendapatkan 2 juta.

Saya isi saldo Shopeepay sebesar Rp200.000. Kemudian ada SMS Shopeepay yang masuk ke HP saya. Penipu meminta agar saya menyebutkan kode 6 angka yang disebutkan di SMS tersebut, agar hadiah bisa saya terima. Di SMS tersebut juga disebutkan “JANGAN BERIKAN kode kepada siapapun, TERMASUK TIM SHOPEE”, tapi saya tidak memedulikan himbauan tersebut, dan malah memberikan kodenya begitu saja.

Saya disuruh ke ATM untuk mengecek saldo. Saldo saya masih tetap, belum bertambah. Penipu pura-pura bingung kok bisa dananya belum masuk. Padahal kalau saya pikir-pikir, katanya cashback masuk ke Shopeepay, tapi kenapa saya harus cek saldo ATM? Kalau saldo Shopeepay kan untuk belanja, kalau mau ditarik mesti request dulu.

Saya disuruh melakukan langkah-langkah seperti kalau saya mau mengisi saldo Shopeepay, tapi yang dimasukkan bukan jumlah nominal top up yang diinginkan, melainkan kode yang dikirim di SMS. Memang aneh sih, tapi yang lebih aneh, saya turuti perintah penipu itu. Di ruang ATM ada yang memperingatkan saya kalau itu penipuan. Tapi, saya seperti terpengaruh kata-kata penipu, saya mengikuti apa kata-kata penipu.

Saya masukkan kodenya, tapi terjadi error, di ATM ada tulisan kalau tidak salah “HUBUNGAN KOMUNIKASI GAGAL”. Kemudian saya disuruh untuk membuka menu REGISTRASI SMS NOTIFIKASI di ATM BRI. Saya disuruh memasukkan 2.000.000, tapi gagal, terjadi error seperti tadi. Saya juga sempat disuruh memasukkan 3.000.000, tapi gagal lagi. Di sini saya heran, katanya saya menang 2 juta, tapi disuruh memasukkan 3.000.000.

Penipu menyuruh saya mencoba menggunakan ATM lain. Saya cuma BRI. Saya disuruh keluar dulu dari ATM. Saya pun keluar. Telepon masih tersambung. Kemudian ada SMS lagi dari Shopee. Penipu menyuruh saya menyebutkan lagi kode yang dikirimkan. Di sini saya mulai curiga. Saya menyebutkan kode yang tidak benar. SMS tersebut berisi kode untuk mengubah password.

Saya buka aplikasi Shopee, saya ganti kode PIN Shopeepay saya. Tidak lama kemudian penipu menutup telepon. Akun saya juga tidak bisa diakses.

Setelah itu, saya menelepon ke CS Shopee, menjelaskan apa yang terjadi. Tinggal menunggu proses dari Shopee.

Modus Penipuan
Setelah saya bisa berpikir tenang, saya paham alasan kenapa penipu tersebut meminta kode-kode tadi.

1. Dalam kasus saya, sepertinya penipu mencoba login ke akun Shopee saya. Password yang saya gunakan memang kurang aman, cuma terdiri dari huruf, huruf kecil semua, tidak ada angka atau tanda baca apapun. Nah, penipu belum bisa masuk ke akun saya, karena terhalang verifikasi OTP (one time pasasword). Saya mendapatkan SMS dari Shopee berupa kode 6 digit, kode itu untuk masuk ke akun Shopee saya.

2. Setelah kode dimasukkan. Penipu berhasil masuk ke akun Shopee saya. Penipu mengakses Shopeepay saya, tapi lagi-lagi terhalang kode verifikasi. Setelah saya berikan kode verifikasinya, penipu bisa mengakses Shopeepay saya. Meski sudah masuk, penipu belum bisa menggunakan saldo Shopeepay, karena tidak tahu PIN Shopeepay saya.

3. Penipu sempat menanyakan tanggal lahir saya. Memangnya untuk apa sih tanggal lahir, tapi saya berikan saja. Setelah saya pikir-pikir, mungkin penipu mencoba mencari informasi kode PIN Shopeepay saya. Memang sepele, tapi dari situlah penipu menebak kode PIN Shopeepay saya, karena memang 6 digit kode Shopeepay saya pakai tanggal lahir, bulan, dan dua digit terakhir tahun kelahiran. Seandainya saya tidak memberikan informasi tanggal lahir saya, mungkin saldo Shopeepay saya masih utuh.

4. Setelah itu, penipu masih meminta kode dari Shopee. Karena saya sudah curiga, saya membuka akun Shopee saya dan saldo Shopeepay saya sebesar Rp200.000 digunakan untuk transaksi, saya tidak memberi tahu kode tersebut kepada penipu. Karena saya sudah sadar kalau itu adalah kode untuk mengubah password Shopee.

5. Jadi, setelah saldo Shopeepay saya diambil, penipu juga ingin mengambil alih akun Shopee saya. Berhubung akun Shopee saya pakai untuk jualan selama beberapa tahun, akun Shopee saya bisa dijual. Atau yang lebih parah lagi menggunakan akun saya untuk berhutang di Shopee lewat Shopee Paylater. Kalau ini terjadi, penipu bisa berhutang atas nama saya, sehingga kalau tidak dibayar, yang ditagih saya.

6. Penipu menutup telepon. Akun saya diblokir.

Saya sudah menelepon pihak Shopee, kirim email ke Shopee, juga mengubah PIN ATM. Sebelum mengubah PIN, saya cek dulu ternyata ada pengurangan saldo, sepertinya Rp20.000. Untungnya pada hari itu saya sudah menarik saldo ATM saya, meski tidak semuanya. Saldo ATM saya tidak mencapai jutaan. Saya beruntung karena sisa saldo di ATM saya sedikit, sehingga tidak kena tipu sampai berjuta-juta.

Pelajaran yang bisa diambil
1. Jangan gampang percaya dengan orang yang menatasnamakan dari pihak Shopee yang mengabarkan kalau Anda mendapatkan hadiah. Undian berhadiah di Shopee itu memang bukan penipuan, tapi pengumuman pemenang lewat aplikasi Shopee, bukan lewat telopon, apalagi peneleponnya menggunakan nomor HP pribadi.

2. Jangan memberikan kode rahasia yang dikirimkan oleh Shopee, sekalipun yang meminta adalah tim Shopee, apalagi kalau cuma orang yang mengaku-ngaku dari Shopee.

3. Gunakan password Shopee yang susah ditebak, kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan tanda baca.

4. Jika sudah terlanjur memberikan kode, segera masuk ke akun Shopee, ubah password.

5. Jangan memberikan informasi tanggal lahir kepada penipu.

6. Jika sudah terlanjur, saldo Shopeepay sudah digunakan, kemudian akun diblokir, segera hubungi CS Shopee lalu ceritakan kronologi yang terjadi.

7. Jangan menyimpan saldo Shopeepay dalam jumlah banyak.

Apakah saldo Shopeepay yang sudah dipakai bisa kembali?
Penipu mengambil Shopeepay dengan melakukan transaksi di Shopee. Kalau dalam kasus saya, penipu menggunakannya untuk top up pulsa. Saya tidak tahu apakah saldo saya bisa kembali atau tidak, kata pihak Shopee tidak ada jaminan saldo bisa kembali.

Modus lainnya adalah dengan menggunakan saldo untuk order ke toko lain, tapi toko fiktif, yang cuma digunakan supaya saldo Shopeepay berpindah ke toko tersebut. Kalau ini kemungkinan bisa kembali, karena saldo baru bisa masuk ke akun penjual kalau barang sudah sampai. Pembeli bisa melakukan pengajuan pembatalan pesanan. Tapi, karena penipu bisa membuka akun korban, penipu bisa saja membatalkan pengajuan pembatalan. Kalau sudah seperti ini, pesanan tidak bisa dibatalkan, karena pembeli tidak bisa membatalkan pesanan sebanyak dua kali. Pembeli juga bisa memperpanjang masa garansi sehingga saldo tertahan di pihak Shopee. Tapi, kalau akun sudah dikuasai penipu, penipu bisa saja melakukan konfirmasi bahwa pesanan diterima, sehingga saldo diteruskan ke toko fiktif tadi.

Ada yang ketipu sampai jutaan rupiah dengan modus seperti itu. Jangan sampai Anda menjadi korban berikutnya. Saya menjadi korban penipuan undian berhadiah Shopee karena ceroboh, karena pikiran saya waktu itu sedang tidak baik, sehingga tidak bisa berpikir jernih.

Jika Anda punya pengalaman serupa, Anda bisa bagikan lewat kolom komentar.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Vivo 3 Jutaan Cocok Untuk Gaming!

Smartphone terbaru selalu menjadi pilihan menarik bagi para pecinta gadget. Kali ini, artikel berik

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Desain atap bambu unik dan menarik serta kental dengan nuansa tradisional. Atap seperti ini cocok u

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri Menyentuh Hati

Hari ulang tahun adalah hari yang paling berbahagia untuk seseorang, termasuk pasangan kamu. Ucapan

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan pada investasi. Terkait investasi, jika

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia