Pinhome

Uncategorized

Warna Cat Rumah Mempengaruhi Mood, Fakta atau Mitos?

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 23 November 2020 ∙ 4 menit membaca

Hai, Pins! Kamu sudah memutuskan untuk membeli rumah, tapi kamu masih galau apa warna yang cocok untuk rumah kamu? Jangan sembarangan pilih, loh! Tahu gak kalau warna cat rumah itu bisa mempengaruhi mood kamu?

Iya, keadaan sekelilingmu bisa mempengaruhi emosi dan pikiran kamu. Pernah gak sih kamu punya tempat yang kamu anggap bikin bete banget, atau kamu ke suatu tempat yang rasanya relaxing dan calming? Semua itu ada di permainan warna, Pins!

Menurut Art Therapy, jenis warna berdasarkan efek psikologisnya, dibagi menjadi dua, yaitu: hangat dan dingin. Apa saja warna yang termasuk ke kategori itu? Kita akan kupas tuntas ya, Pins!

Warna Hangat

(123)

Warna cat rumah dengan kesan hangat yang memberikan rasa nyaman

Merah, Kuning, Oranye

Warna-warna hangat seperti merah, kuning, dan oranye bisa memicu rasa nyaman, kehangatan, dan keramahan. Warna hangat cocok untuk digunakan pada ruang makan kamu Pins, karena bisa memicu meningkatkan nafsu makan. Makanya restoran-restoran banyak yang menggunakan warna merah, kuning, dan oranye.

Tapi jangan terlalu banyak menggunakan warna terang seperti oranye dan kuning ya, Pins. Warna oranye dan kuning memantulkan cahaya lebih, sehingga kadang bisa mengiritasi mata kita. Kalau Pins suka diet menghitung kalori, jangan cat ruang makan atau dapurmu terlalu banyak warna hangat ya!

Gunakan warna oranye dan kuning di ruang keluarga Pins ataupun ruang tamu untuk menciptakan kesan hangat dan bersahabat.

Warna Dingin

(Renovasi)

Warna dingin seperti hijau, biru, dan ungu memicu rasa tenang. Kok bisa? Tenang, Pin Home jelaskan satu per satu ya.

Warna cat rumah dengan kesan dingin yang memberikan ketenangan

Hijau

Kalau Pins mau rumah atau apartemen kamu memberikan rasa damai dan tenang, Pins sebaiknya mempertimbangkan mengecat warna hijau. Tau gak kenapa? Secara saintifik, mata memfokuskan warna hijau langsung ke retina, jadi otot mata tidak tertarik terlalu membutuhkan usaha keras. Oleh karena itu mata jadi lebih santai. Keren ya, Pins? Mungkin ini mengapa liburan ke gunung disukai banyak orang, karena warna hijau yang mendominasi!

Biru

Kalau warna biru, sebaiknya kamu gunakan untuk ruangan di rumah yang paling sering dilewati atau diisi oleh kamu dan keluargamu, Pins! Biru itu menenangkan, dan disebut-sebut bisa memperlambat pernapasan dan merendahkan tekanan darah. Penggunaan warna biru pada kamar tidur juga bagus karena warna biru mempermudah kamu untuk beristirahat.

Ungu

Untuk Pins yang berjiwa kreatif dan menyukai seni, coba pakai warna ungu deh! Warna ungu (sebagai campuran merah dan biru) memiliki keseimbangan dari stimulasi dan ketenangan, jadi bisa memicu kreativitas. Ungu muda juga bisa menghasilkan perasaan yang damai tenang, sehingga melepaskan tekanan kita kalau sudah lelah bekerja dari kantor.

Gimana, Pins? Masih bingung memilih warna untuk rumahmu? Jangan lupa pertimbangkan suasana ruangan sebelum kamu memilih warna. Suasana kamar anak pasti akan berbeda dengan suasana ruang kerja pribadi.

Pilih warna yang sesuai untuk menunjang mood, suasana, bahkan produktivitas kamu! Jangan lupakan pencahayaan, baik alami maupun tambahan dari lampu pijar atau lampu pendar. Padu padankan warna tiap ruangan supaya rumahmu terlihat serasi dan rapi, Pins.

Gimana sih cara supaya warna cat rumah nggak “nabrak”? Kamu bisa gunakan lingkaran warna untuk memilih kombinasi warna. Misalnya warna ungu dan abu-abu muda sering digunakan untuk perpaduan gelap terang yang serasi, dan menghasilkan kesan misterius dan kreatif loh. Contoh lainnya yaitu biru-putih, oranye-hijau, hijau-pink, dan masih banyak lagi.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memilih warna cat rumah supaya gak galau lagi ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel