BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Warna Cat Plafon Rumah yang Bagus dan Minimalis
0
0

10 Ide Warna Cat Plafon Rumah yang Bagus dan Minimalis

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 26, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
warna cat plafontop-right-banner

Warna cat plafon rumah memang identik dengan warna putih. Warna satu ini menjadi warna andalan yang umum digunakan pada warna rumah dalam segi apapun. Namun seiring dengan perkembangan desain interior rumah, kini mulai banyak yang mengaplikasikan warna cat rumah dengan warna beragam, tidak terkecuali untuk warna cat plafon minimalis. Simak artikel untuk mengetahui ide warna cat plafon rumah yang bagus dan minimalis!

Dapatkan tempat tinggal baru kamu yang nyaman dan siap untuk dihuni tanpa harus renovasi di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Kamu dapat memanfaatkan Take Over KPR untuk membantumu membeli hunian KPR orang lain yang cocok untuk tempat tinggal kamu!

Baca juga: Ini Dia Beragam Plafon Rumah Minimalis Terbaru

Ide Warna Cat Plafon Rumah

Penutup rangka atap rumah yang biasa disebut dengan plafon memang terkadang sering terlupakan oleh para penghuni. Keberadaannya yang jauh dari pandangan mata, membuat desain plafon tidak pernah dipikirkan penghuni secara serius.

Padahal fungsinya cukup penting dalam membuat tampilan bagian atas rumah sedap dipandang. Salah satu caranya dengan memilih warna cat plafon yang bagus agar hunian kian nyaman dan menarik.

Pemilihan warna cat plafon rumah yang bagus dan tentunya tetap terkesan modern dapat Pins lihat dalam ulasan di bawah ini. Rumah akan terlihat minimalis dan tentunya bernuansa segar. Apa saja warna yang cocok? Mari kita simak ulasan lengkapnya:

1. Warna Putih

warna cat plafon
Source : Apartment Therapy

Seperti yang memang sudah Pins ketahui, warna putih menjadi warna cat plafon minimalis terbaik yang cocok dipadukan dengan warna apapun. Warna satu ini bersih dan dapat membuat ruang semakin cerah dan terang. Ruang kecil dan terbatas pun bisa terlihat luas dengan pemakaian warna putih di dalamnya. 

Apalagi untuk Pins yang menyukai tampilan bersih dalam sebuah ruang. Tambahkan pula perabot warna putih untuk kesan monoton yang menarik. Tema rumah bergaya Jepang modern pun cocok sekali menggunakan plafon warna putih dengan material kayu sebagai pelengkap dekorasi.

Warna umum satu ini menjadi warna terbaik dalam deretan pilihan warna pada plafon bagi mereka yang tida menyukai tampilan rumah yang berbeda. Tidak jarang pula warna putih dianggap pilihan terbaik untuk cat plafon gypsum di ruang tamu.

Baca juga: Tips Membuat Plafon Rumah Minimalis Mudah dan Sederhana

2. Warna Hitam

warna cat plafon
Source : Apartment Therapy

Untuk kamu yang memiliki hunian bergaya minimalis, selain warna cat plafon putih, kamu bisa menggunakan warna gelap seperti warna hitam. Tidak perlu takut rumah akan terasa sumpek dan gelap, warna hitam bila dipadukan dengan warna terang justru membuat hunian terasa adem.

Salah satunya adalah menggunakan warna putih susu. Kontras ruang akan terlihat dengan suasana layaknya berteduh di bawah pohon. Selain itu, Pins bisa mengisi ruang dengan perabot berwarna netral seperti abu-abu, warna coklat maupun putih dan tambahkan tanaman hias.

Baca juga: 15 Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

3. Warna Abu-abu

warna cat plafon
Source : Decorpad

Cat plafon yang bagus untuk hunian minimalis selanjutnya hadir dari warna netral yang cenderung kalem, yaitu warna abu-abu. Warna abu-abu muda pada bagian atas rumah menghadirkan suasana sejuk dan cenderung simpel. Di dalam desain rumah minimalis pun warna satu ini menjadi andalan selain warna hitam dan putih.

Kusen jendela dan pintu coba dibuat dengan tipe lebih besar agar cahaya alami dapat masuk ke dalam ruang. Hal ini dapat membuat ruang kamar tidur Pins lebih segar dan tentunya sirkulasi udara di dalamnya berjalan dengan baik.

Dengan plafon berwarna abu-abu dan dipadukan dengan dinding berwarna senada, hunian akan terlihat tidak lebih luas dan nyaman.

4. Warna Beige (Krem)

warna cat plafon
Source : Home Stratosphere

Beige yang dikenal pula berwarna krem merupakan perpaduan warna coklat muda seraya pasir dengan campuran kuning pucat. Warna satu ini sangat kalem dan memunculkan suasana tenang yang nyaman. Warna beige cocok diterapkan pada cat dinding hunian minimalis maupun warna plafon.

Dengan plafon berwarna beige, Pins bisa bermain dengan tipe pencahayaan lampu ruang. Seperti contohnya di atas, hunian minimalis pun dapat terlihat eksklusif dengan permainan warna satu ini.

Tambahkan perabot berbahan kayu dengan lantai kayu berwarna senada, maka hunian akan terlihat semakin hangat dan tentunya sangat kekeluargaan. Tidak lupa pula untuk menambahkan dekorasi tradisional minimalis di dalamnya yang akan menambah nilai estetik ruang tamu mu.

Baca juga: Kombinasi Warna Cat Rumah Abu-Abu Muda dan Lainnya

5. Warna Two Tone

Source : Pinterest

Nah, plafon pun dapat dibuat artistik dan tidak biasa dengan permainan warna two tone di dalamnya. Perpaduan dua warna berbeda dalam desain plafon akan membuat suasana ceria pada ruang. Salah satu contohnya adalah warna abu-abu gelap yang dipadukan dengan warna krem, ataupun warna ceria seperti kuning dan hijau.

Pemilihan dua warna ini bisa kamu sesuaikan pula dengan warna dari furniture di dalamnya maupun dekorasi seperti bantal, karpet maupun lukisan minimalis. Selain warna, kamu juga bisa bermain dengan model plafon yang kini mulai beraneka ragam dan tentunya membuat hunian tidak membosankan. Tentu ini akan menciptakan kombinasi warna cat plafon yang bagus, bukan?

6. Warna Biru Muda Minimalis

warna cat plafon
Source : The Home Depot

Warna biru muda yang mewakilkan warna langit yang tenang sangat cocok pula menjadi warna plafon hunian. Warna yang memiliki arti kenyamanan ini dapat menjadi peneduh hati dikala gundah.

Baik diaplikasikan pada ruang dapur, ruang keluarga maupun kamar tidur, warna satu ini bisa menimbulkan suasana relaksasi. Cocok sekali diterapkan dalam hunian bergaya minimalis. 

Bila Pins ingin lebih menonjolkan warna plafon biru langit dalam ruang, kamu bisa menerapkannya pula pada perabot di dalamnya. Contohnya dalam dapur, selain warna biru pada cat plafon, kabinet dalam dapur pun dapat dibuat dengan warna yang sama.

Baca juga: Inspirasi Kamar Tidur Warna Biru yang Menenangkan

7. Warna Coral (Merah Merjan)

warna cat plafon
Source : My Domaine

Ternyata warna satu ini memang sedang laris di pasaran. Warna feminin yang cenderung menarik ini dapat membuat hunian terasa hangat. Warna coral yang berasal dari pencampuran warna orange dan merah muda memberi semangat tersendiri dalam hunian.

Apalagi bila Pins aplikasikan pada kamar tidur, kamar akan terasa lebih nyaman dan tentunya menjadi penambah mood yang baik. Padukan dengan dinding berwarna putih, dengan perbandingan yang bisa disesuaikan.

Selain itu, coba tambahkan beberapa dekorasi detail berwarna senada agar ruang tetap terlihat hidup dan tidak monoton. Salah satunya bisa dari menyamakan warna plafon dengan bed cover atau sprei milik Pins lho!

8. Cat Plafon Sama Dengan Dinding

Source : Painzen

Mix and match ternyata tidak berlaku saja pada kategori fashion, dalam desain interior pun Pins bisa menemukan warna yang cocok dan selaras dalam sebuah ruang. Salah satu caranya adalah dengan memberi warna yang sama antara dinding dan plafon.

Semua warna bisa Pins gunakan. Namun untuk kesan minimalis, Pins bisa menggunakan warna-warna yang soft seperti warna pastel pada warna plafon dan dinding. Baik dipadukan pada perabot berbahan kayu maupun warna putih pun warna tersebut masih bisa diterima.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Plafon GRC yang Perlu Kamu Ketahui!

9. Warna Kuning

Source : The Spruce

Siapa bilang kamu hanya bisa mengaplikasikan warna-warna kalem pada plafon? Faktanya, Pins bisa lho menggunakan warna kuning pada plafon untuk ruangan yang lebih ngejreng.

Bila langit-langit ruangan berwarna kuning, kamu bisa memasangkannya dengan warna cat dinding yang lebih lembut. Ini meliputi abu-abu atau warna netral lainnya untuk menonjolkan plafon warna kuning.

10. Warna Merah

Source : The Spruce

Selain kuning, Pins bisa memainkan warna-warna berani lainnya untuk cat plafon, seperti warna merah. Warna merah menggambarkan suasana yang lebih mencolok dan dramatis, tetapi tetap percaya diri. Alhasil, ruangan yang membosankan pun terasa hidup, terutama ruangan yang memiliki banyak cahaya.

Pins bisa memasangkan langit-langit berwarna merah dengan dinding putih atau abu-abu agar tidak memusingkan mata orang yang masuk ke dalam ruangan. Ingat, tidak semua warna plafon merah harus berwarna seperti mobil pemadam kebakaran, kok. Kamu bisa memilih warna merah anggur untuk efek yang lebih elegan dan bersahaja.

Itulah beberapa ide menarik mengenai warna cat plafon rumah yang bagus diaplikasikan pada hunian. Selain rekomendasi di atas, Pins bisa membuat warna menarik lainnya yang kreatif dan tentunya membuat hunian semakin menarik. Jangan pernah takut mencoba hal baru ya Pins!

Baca juga:

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kertamukti Sakti Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download