Pinhome

Ini Waktu Doa yang Mustajab Agar Dikabulkan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 25 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Berdoa adalah momen tepat untuk berkomunikasi kepada Allah SWT. Selama berdoa, kamu bisa memohon agar suatu hal yang diharapkan  dapat berjalan dengan lancar. Jika doa tersebut memang niatnya baik, maka Allah SWT akan mengabulkan doa tersebut di waktu yang tepat. Lantas, kapankah waktu tersebut? 

Pinhome – Guna mengetahui jawabannya, Pins perlu tahu dulu waktu doa yang mustajab. Selain itu, pahami juga bagaimana tanda doa diijabah Allah. Berikut ini penjelasan mengenai cara Allah mengabulkan doa yang perlu Pins pahami. Yuk simak uraiannya!

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Hajat Yang Mustajab

Cara Allah Mengabulkan Doa

(Pexels)

Baca Juga: Baca Ini Saat Hujan! Doa Turun Hujan Beserta Arti Lengkapnya

Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh seorang muslim yang beriman. Dalam surah Ghafir ayat 60, Allah SWT berfirman: 

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: “Berdoalah kepada-Ku, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka jahannam dalam keadaan hina dina.”

Namun, cara Allah mengabulkan doa sangat tidak terduga. Dia menjawab doa yang diminta hamba-Nya dengan cara sendiri. Hal tersebut sesuai dengan hadis yang artinya demikian:

“Tidaklah seorang muslim berdoa kepada Allah dengan satu doa, melainkan pasti Allah memberikannya kepadanya, atau Allah menghindarkannya dari kejelekan yang sebanding dengan doanya, selama ia tidak mendoakan dosa atau memutuskan silaturahim.” Lalu seseorang berkata, “Kalau begitu, kita akan memperbanyak doa.” Beliau bersabda, “Allah lebih banyak memberi (dari apa yang kalian minta).” – HR. Tirmidzi. 

Saat doa yang Pins panjatkan belum dikabulkan, ada baiknya jika kamu tak buru-buru menyimpulkan. Bisa jadi Allah SWT sedang menyiapkan waktu terbaik untuk mengabulkan doamu. 

Imam Al-Baijuri dalam kitabnya “ Tuhfatul Murȋd ‘alȃ Jauharatut Tauhȋd” mengatakan bahwa doa akan dikabulkan lewat pelbagai cara. Dalam kitab tersebut, ia mengungkap setidaknya ada tiga cara Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya. Berikut uraiannya: 

  1. Allah SWT mengabulkan doa yang dipanjatkan umat-Nya dalam waktu cepat. Artinya, ketika seorang hamba memohon kepada Allah SWT, maka Allah langsung memenuhi permintaanya. 
  2. Allah SWT bisa menunda pemberian dan pengabulan doa yang diminta hamba-Nya. Alasannya cukup beragam, seperti adanya kemaslahatan maupun hikmah tertentu yang hanya diketahui oleh Allah SWT.
  3. Allah SWT barangkali juga mengabulkan doamu dalam bentuk lain alias tidak sesuai dengan apa yang diminta. Hal ini mungkin dilakukan karena apa yang diminta sesungguhnya tidak memiliki manfaat baginya. Sementara, yang diberikan Allah memiliki jutsu bermanfaat dan memiliki keberkahan. 

Tanda Doa Diijabah Allah SWT 

(Pexels)

Allah SWT menjawab doa dengan caranya sendiri. Walau demikian, sebetulnya kamu bisa mengetahui apakah doa tersebut diijabah atau tidak. Berikut ini tanda doa diijabah Allah SWT. 

Semangat ibadahnya bertambah

Walau mungkin doamu belum didengar, tapi bukan berarti kamu meragukan hakikatnya. Sebab, Allah SWT akan menjawab doa dengan banyak cara. Salah satunya yakni dengan membuatmu lebih semangat beribadah. 

Perlu diketahui bahwa ibadah merupakan jembatan hubunganmu dengan Allah SWT. Maka demikian, Allah SWT dapat menunjukkan kasih sayangnya melalui ibadah yang dijalankan. Jadi, bisa diartikan bahwa doa yang dipanjatkan dijawab Allah dengan cara lain. Atau, barangkali Allah SWT sedang menundanya sembari menunggu waktu terbaik. 

Jiwa menjadi lebih tentram

Tanda doa yang diijabah juga dapat dirasakan dari dalam diri seseorang. Umumnya, seorang muslim yang rajin berdoa akan mendapatkan ketentraman jiwa. 

Seorang ulama pernah bertanya kepada Ja’far al-Shadiq,“Apa tanda diterimanya doa?”. Lalu, Ja’far al Shadiq menjawab, “Ketenteraman hati. Bukankah itu juga janji Allah SWT?”

Yakin bahwa doa yang dipanjatkan akan terkabul 

Meyakini bahwa doa akan terkabul juga merupakan salah satu tanda dari-Nya. Pasalnya, keyakinan ini dapat membuat hati tentram dan melahirkan sugesti positif serta dorongan yang kuat pula. Dengan demikian, kamu pun akan fokus untuk terus beribadah dan memohon kepada Allah SWT. 

Selain tiga hal di atas, Rasulullah SAW pun pernah bersabda yang artinya demikian: 

“Tidak ada seorang muslim pun yang berdoa dengan sebuah doa yang tidak terkandung di dalamnya dosa dan pemutusan silaturahmi, kecuali Allah akan memberikannya salah satu dari ketiga hal berikut: Allah SWT akan mengabulkannya dengan segera, mengakhirkan untuknya di akhirat atau memalingkannya dari keburukan yang semisalnya.”

Guna membuat doa semakin didengar, maka kamu dapat memanjatkan permohonan tersebut di waktu yang mustajab. Berikut ini ada beberapa waktu doa yang mustajab: 

  1. Hari arafah atau tepatnya 9 Dzulhijjah merupakan salah satu waktu waktu doa mustajab. Oleh karenanya, memanjatkan doa di waktu ini sangatlah dianjurkan. 
  2. Kamu pun dapat memanjatkan doa di antara azan dan ikamah. Pada waktu tersebut kemungkinan doa dikabulkan cukup besar. Konon, waktu doa mustajab ini sama dengan perang berkecamuk.
  3. Setelah salat wajib, jangan buru-buru melipat sarung atau mukena. Sebaiknya, gunakan waktu tersebut untuk berdoa karena waktu itu merupakan salah satu doa mustajab. 
  4. Malam lailatul qadar memungkinkan doamu dikabulkan. Terlebih jika kamu mengimbanginya dengan melakukan banyak amalan salih. 
  5. Pada hari Jumat, kamu dapat memanjatkan doa dan permohonan yang berlimpah. Sebab, hari ini merupakan salah satu waktu doa mustajab. 
  6. Air zam-zam merupakan salah satu keajaiban yang diberikan oleh Allah SWT. Sebab, mata airnya tidak pernah kering sampai sekarang. Bahkan saat mengonsumsinya pun, doa menjadi mustajab. 

Demikian penjelasan mengenai kapan Allah SWT akan mengabulkan doa kita. Walau tidak disebutkan secara gamblang, namun kiranya penjelasan di atas bisa menjadi rasa penasaranmu. Semoga bermanfaat, ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel