Pinhome

Urutan Skincare Pagi dan Malam yang Harus Kamu Ketahui!

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 2 March 2022 ∙ 6 menit membaca

Merawat kulit tentu jadi sebuah rutinitas yang seolah tak bisa terlewatkan di setiap harinya. Urutan skincare pun tak pelak jadi salah satu kunci produk kecantikan yang Pins gunakan bisa bekerja secara optimal.

Pinhome – Bukan tanpa alasan, urutan skincare malam dan urutan skincare pagi ternyata berbeda. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai urutan skincare, ada baiknya Pins mencari tahu seberapa pentingnya menggunakan produk perawatan kulit.

Kenapa Perlu Skincare?

Mungkin selama ini lekat di benak Pins, rajin menggunakan produk perawatan kulit akan membuat tampak lebih cantik dan percaya diri. Tak hanya perkara cantik rupa saja, menggunakan skincare nyatanya sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, Pins.

Bayangkan saja ketika Pins aktif berkegiatan di luar ruangan atau di depan layar komputer dan gawai. Maka, besar kemungkinan kulit akan terpapar radiasi sinar UV A, UV B, dan blue light. Selain itu, debu atau partikel kecil tak terlihat lainnya bisa saja menempel di permukaan kulit.

Ketika kulit terpapar beberapa partikel berbahaya tersebut, sangat mungkin kulit mengalami perubahan tekstur dan warna. Kusam, keriput, jerawat, dan masalah pada kulit lainnya sangat mungkin terjadi.

Untuk itulah merawat kulit sejak dini sangat penting untuk mengurangi risiko-risiko berbahaya tersebut. Tak hanya kaum hawa, laki-laki pun berhak merawat kulit, lho. Tak dipungkiri bahwa manfaat menggunakan produk perawatan kulit akan membawa segudang manfaat bagi Pins.

Baca juga: Merk Skincare Korea Terbaik (Best Seller)

Manfaat Menggunakan Perawatan Wajah

(Republika)

Supaya Pins tidak bermalas-malasan menggunakan skincare, lebih baik catat baik-baik beberapa manfaat menggunakan produk perawatan kulit:

Mencegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit akan melambat sehingga berpotensi memicu munculnya kerutan halus. Rutin menggunakan produk perawatan kulit terbukti ampuh mengurangi risiko kerutan pada area wajah, Pins.

Mencegah Kulit Kusam

Paparan partikel debu dan sinar matahari atau cahaya gawai yang terlalu sering akan membuat kulit wajah kurang bercahaya. Dari sinilah Pins tidak boleh lupa mengoleskan tabir surya. Selain itu, produk perawatan kulit juga akan mempermudah mengangkat sel kulit mati, Pins.

Mencegah Jerawat

Kulit yang terawat dan bebas dari noda akan terhindar dari risiko jerawat hingga komedo membandel. Dengan begitu, Pins tak perlu ragu investasi produk perawatan kulit yang terpercaya demi mencegah risiko berbahaya tersebut.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kulit sehat tentu jadi tujuan utama menggunakan skincare, kulit berseri akan menjadi bonus tersendiri yang akan membuat Pins tampil lebih percaya diri. Untuk bisa mendapatkan segudang manfaat skincare, tentu Pins tidak boleh sembarangan mengaplikasikannya pada kulit.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur dengan Skincare

Produk Perawatan Kulit

Untuk diketahui, produk perawatan kulit sangat banyak jenisnya. Di bawah ini beberapa skincare wajib yang bisa Pins gunakan untuk modal merawat kesehatan kulit setiap harinya.

  • Pembersih: Produk pembersih wajah ini bisa berupa sabun muka. Apabila wajah Pins tergolong kering, hindari komposisi yang mengandung alkohol. Jika kulit cenderung berminyak, usahakan membeli pembersih wajah bebas minyak. Bersihkan rutin saat mandi dan bilas menggunakan air ruam-ruam suku.
  • Toner: Setelah mencuci muka menggunakan pembersih, Pins dapat mengaplikasikan toner. Toner akan membantu menenangkan kulit dan memulihkan nutrisi.
  • Pelembab: Jangan sampai absen mengoleskan pelembab pada kulit. Pelembab akan membuat kulit terasa kenyal dan terhidrasi dengan maksimal.
  • Tabir surya: Tabir surya atau sunscreen sangat penting untuk dibawa ke mana saja Pins bepergian. Banyak pilihan SPF yang dapat Pins andalkan. Tabir surya ini akan melindungi risiko kanker kulit atau kusam karena paparan berlebih dari sinar UV A dan UV B.

Exfoliator: Belakangan ini banyak merk exfoliator yang dapat Pins jajal. Produk ini memiliki klaim dapat mengangkat sel kulit mati secara maksimal. Dengan begitu, regenerasi kulit menjadi lebih baik dan Pins terhindar dari risiko komedo, jerawat, dan gangguan lainnya.

Serum: Sama halnya dengan exfoliator, serum juga tak boleh ketinggalan masuk ke daftar produk perawatan kulit andalan. Jika exfoliator bisa digunakan dua kali atau sekali dalam seminggu. Serum dapat digunakan di malam hari maupun siang hari, tergantung kandungan dan kegunaannya.

Baca juga: Cara Menetralkan Wajah Sebelum Ganti Skincare

Urutan Pemakaian Skincare

urutan skincare pagi
(Camile Maes)

Supaya tidak salah kaprah dan produk perawatan kulit yang Pins gunakan dapat bekerja secara optimal, sebaiknya mulai sekarang perhatikan betul urutan skincare yang baik dan benar. Berikut GudangMama rangkum urutan skincare pagi dan urutan skincare malam:

Urutan Skincare Pagi

  • Pertama, cuci muka menggunakan sabun pembersih wajah dan bilas hingga bersih kemudian keringkan dengan handuk
  • Kedua, gunakan toner secara merata, dari wajah hingga leher
  • Ketiga, gunakan essence yang bekerja untuk memberikan rasa segar pada kulit
  • Keempat, pakai serum wajah yang dikhususkan untuk digunakan di pagi hari, oleskan secara merata, dari wajah hingga leher
  • Kelima, gunakan pelembab supaya kulit tidak kering
  • Keenam, pakai tabir surya atau sunscreen dengan SPF sesuai pilihan, aplikasikan pada wajah dan leher secara merata

Urutan Skincare Malam

  • Pertama, gunakan micellar water atau make up remover untuk mengangkat kotoran di kulit.
  • Kedua, cuci muka menggunakan facial wash atau facial foam, bilas hingga bersih, dan keringkan menggunakan handuk.
  • Ketiga, eksfoliasi kulit menggunakan scrub, lakukan dua kali atau sekali seminggu.
  • Keempat, aplikasikan toner secara merata, dari wajah hingga leher.
  • Kelima, gunakan serum maupun essence yang dikhususkan untuk malam hari, tunggu beberapa saat supaya menyerap.
  • Keenam, gunakan krim mata jika Pins rutin menggunakannya.
  • Ketujuh, aplikasikan krim malam sebelum tidur.

Baca juga: Urutan Skincare Emina Untuk Hasil yang Lebih Maksimal

Komposisi skincare

Selain produk perawatan kulit dari dokter, saat ini sedang marak skincare yang bisa Pins pilih sendiri sesuai kandungannya. Melansir dari beragam sumber, berikut ini beberapa kandungan yang umumnya ditemukan pada produk kecantikan.

  • Retinoids: Merupakan senyawa vitamin A, seperti retinol dan asam retinoate. Bahan ini difungsikan untuk membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari dan mengurangi garis halus atau kerutan.
  • Vitamin C: Vitamin C pada skincare juga dikenal dengan asam askorbat. Kandungan vitamin C dapat membantu menangkal radikal bebas, membantu meratakan warna kulit, dan mengurangi kerutan.
  • Hydroxy acids: Senyawa ini juga dikenal dengan AHA. Kandungan ini dapat membantu eksfoliasi sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih berpigmen rata dan merangsang pertumbuhan kulit yang lebih halus.
  • Tea extracts: Ekstrak teh hijau sering kali jadi komposisi andalan pada sebuah merk produk kecantikan. Bagaimana tidak, teh hijau mengandung senyawa yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi sehingga mencegah iritasi dan jerawat muncul di permukaan kulit.
  • Niacinamide: Senyawa ini termasuk antioksidan yang kuat. Zat niacinamide berkaitan erat dengan B-3 yang membantu menghidrasi dan meningkatkan elastisitas kulit.

Sekarang Pins sudah tahu betul urutan skincare, ya? Selain urutan skincare malam dan urutan skincare pagi, yang patut diperhatikan yaitu komposisi dan kebutuhan kulit supaya hasil yang diharapkan menjadi maksimal. Selamat mencoba, Pins!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia