Pinhome

8 Unsur Seni Rupa Beserta Penjelasanya, Lengkap!

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 3 October 2021 ∙ 8 menit membaca

Unsur Seni Rupa – Seni rupa merupakan salah satu cabang dari seni yang hasil dari seni tersebut atau karya dari seni tersebut bisa dinikmati dengan indra manusia seperti indra penglihatan dan indra peraba. Seni atau juga disebut dengan visual art, dari kata visual art sendiri menunjukan bahwa seni merupakan sebuah karya yang mempunyai sebuah bentuk atau wujud dan dapat dilihat.

Dalam pembuatan sebuah karya seni haruslah menggunakan sebuah unsur, yang dimana unsur menjadikan karya seni lebih berbentuk. Sesederhana apapun dari bentuk sebuah karya seni pasti menggunakan sebuah unsur seni.

Terutama sebuah seni rupa, penggunaan unsur seni rupa sangatlah di perhatikan. Sebab unsur tersebut merupakan sebuah elemen yang digunakan untuk membuat atau menciptakan sebuah bentuk seni atau karya seni yang diciptakan untuk dinikmati semua orang. Kali ini Pinhome akan membahas lebih dalam terkait unsur seni rupa, berikut ini penjelasanya.

1. Unsur Seni Rupa Titik

unsur seni

Unsur yang pertama adalah sebuah titik. Titik adalah suatu unsur dalam seni rupa yang paling dasar atau paling kecil. Semua wujud dari suatu karya seni pasti pada awal pembuatanya di hasilkan atau di buat dari unsur titik.

Dengan penggunaan titik ini saja apabila mengumpulkan dengan warna dan dengan bentuk yang berbeda jug a bisa menjadi sebuah karya seni yang enak untuk di pandang dan di nikmati keindahanya.

Baca juga: Berbagai Contoh Seni Ukir

2. Unsur Garis

Garis adalah sebuah goresan atau sebuah batasan dari suatu benda, bidang, tekstur, ruang, dan lainya. Sebuah garis ini juga tercipta karena penggabungan sebuah titik dengan posisi yang berurutan dengan besar titik yang sama.

Garis ini juga memiliki sebuah dimensi yang cenderung memiliki arah tertentu dan memanjang.  Bukan hanya itu saja garis juga memiliki beberapa sifat seperti panjang, pendek, tipis,lurus, vertikal, horizontal, melengkung, dan masih banyak lagi sifat yang lainya.

Garis dalam sebuah seni rupa dimanfaatkan untuk membuat desain untuk mendapatkan sebuah kesan dalam hasil karya seni rupa seperti kesan kaku, kuat, megah, simpel, dan yang lainnya.

3. Unsur Seni Rupa Bidang

Pengertian bidang pada unsur seni rupa ini merupakan sebuah unsur seni rupa yang terbentuk dari penggabungan beberapa unsur garis . Dalam hal ini bidang memiliki dimensi sendiri yaitu panjang dan lebar atau juga bisa disebut dengan pipih.

Bidang ini bisa tercipta dengan sederhana hanya dengan menggabungkan dua buah garis yang saling bertemu atau juga bisa karena bertemunya dua garis sapuan warna menjadi satu.

Sebuah bidang ini dibatasi dengan sebuah kontur dan juga dengan bentuknya, bentuk dari bidang ini bisa disebut juga dengan bentuk dua dimensi. Bentuk dua dimensi yaitu bentuk yang terdiri atas panjang dan lebar saja, jika menjadi sebuah karya seni hasil yang di buat hanya bisa dinikmati dari arah tertentu saja.

Bidang ini terdiri dari beberapa macam yang diantaranya seperti bidang biomorfosis (organis), bidang geometris, bidang tak beraturan, serta bidang bersudut Dalam seni rupa ini memiliki beberapa bidang yaitu segitiga, segi empat, lingkaran, trapesium, dan masih banyak lagi yang lainya.

4. Bentuk

Bentuk merupakan sebuah unsur yang komplek karena mempunyai 3 demensi yaitu panjang, lebar, dan tinggi yang di gabung menjadi satu hingga membentuk sebuah volume atau isi.

Dalam arti bahasa bentuk bisa diartikan sebagai sebuah bangun (shape) atau juga sebuah bentuk plastis (form). Shape ialah sebuah bentuk dari benda polos yang hanya nampak oleh mata, sekedar untuk mengatakan sifatnya saja. Contohnya kotak, bundar, ornamental, atau juga tak beraturan.

Berbeda dengan bentuk platis (form) yang dimana bentuk dari benda ini terlihat dan bisa di rasakan sebab adanya sebuah unsur atau juga value dari bentuk benda tersbebut. Contoh dari form sendiri misalnya seperti almari, meja, kursi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Seni Lukis, Teknik, Contoh, Beserta Penjelasan Lainya Lengkap !

5. Tekstur

Unsur tekstur merupakan sebuah unsur yang dimana unsur tersebut adalah sifat dari sebuah benda. Sifat-sifat tersebut bisa terkesan kasar, halur, mengkilap, licin, dan sebagainya. Kesan tersebut dapat dirasakan dengan melalui indra penglihatan atau pun indra peraba. Dalam tekstrur sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu tekstur semu dan nyata.

Tekstur semu merupakan sebuah tekstur dimana bentuk dari sebuah karya seni tersebut tidak nyata atau bisa dikatakan kesan dari permukaan bisa berbeda dengan ketika melihat atau menyentuhnya. Berbeda dengan tekstur nyata yang memiliki sebuah kesan sama dari permukaan benda yang menunjukan sifat sama apabila dilihat dan diraba.

6. Warna

unsur seni rupa
(pxhere.com)

Unsur seni rupa yang selanjutnya adalah warna. Ada banyak sekali teori yang menyebutkan tentang warna. Seperti halnya bersumber dari Wikipedia.org ” warna merupajan sebuah spektrum tertentu di dalam sebuah cahaya yang sempurna (warna putih)”.

Bukan itu saja pengertian dari warna dalam seni rupa juga bisa diartikan sebagai unsur yang membuat suatu karya dari para seniman lebih hidup dan lebih terkesan ekspresif. Dalam teori warna senidiri terdapat dua pendekatan yaitu yang pertama adalah teori spektrum warna salah satunya bisa dilihat terbentuknya tujuh warna yang dalam ilmu fisika sama halnya dengn warna pelangi.

Teori yang kedua adalah terciptanya warna berdasar pada pigmen warna (goethe) atau butiran halus yang terdapat pada warna. Berikut ini penjelasana terkait teori pigmen warna.

Warna Primer

Apa yang dimaksud dengan warna primer? Warna primer merupakan sebuah warna dasar atau warna pokok yang tidak bisa diperoleh dengan mencampurkan warna lain, warna tersebut adalah merah, kuning, biru.

Warna Sekunder

Pengertian warna sekunder adalah warna yang tercipta atau didapat dari hasil pencampuran antara dua warna primer Semisal seperti warna ungu, orange, hijau, dan sebagainya.

Warna Tersier

Yaitu warna yang tercipta dari hasil pencampuran dua warna sekunder atau lebih yang menjadikan warna baru.

Warna Analogis

Pengertian warna analogis ini bisa dikatakan sebagai warna yang letaknya berdekatan dengan suatu lingkaran warna. Misalnya deretan warna ungu dan warna merah, serta deretan warna kuning menuju hijau.

Warna Komplementer

Warna ini bisa juga disebut dnegan warna kontras, letak dari warna ini berada saling bersebrangan dalam sebuah lingkaran warna. Contohnya kuning dengan ungu, hijau dengan merah, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Seni Musik, Fungsi, Jenis dan Contohnya Lengkap ! – Hamparan

7. Unsur Seni Gelap Terang

Dalam seni rupa penggunaan unsur gelap terang ini biasanya di terapkan dalam karya seni 2 dimensi. Tujuan dari unsur gelap terang sendiri merupakan menjadikan sebuah hasil dari karya seni 2 dimensi tersebut terkesan nyata atau memiliki volume.

Bukan hanya itu saja fungsi lain dari gelap terang adalah menyatakan kesan keadalaman, serta memberi sebuah perbedaan kontras pada sebuah karya seni. Gelap terang ini juga dikatakan memiliki 2 wajah ketika warna ini memiliki intensitas cahaya yang besar atau tinggi maka menjadi terang, jika intensitas cahayanya rendah maka akan menjadi gelap.

Dalam penggunaan teknik gelap terang ini memiliki 2 cara yaitu yang pertama teknik chairoscuro yang dimana penggunaan cahaya untuk peralihan tahap atau gradasi. Yang kedua adalah teknik silhouette yang istilahnya menggunakan bayangan dari cahaya tanpa peralihan gradasi.

8. Unsur Seni Ruang (Kedalaman)

Ruang adalah salah satu unsur penting pada sebuah karya seni rupa. Ruang ini merupakan sebuah bentuk dari seni rupa itu sendiri, dalam hal ini ruang di bedakan menjadi 2 sifat yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi, oleh karena itu ruang merupakan sebuah sifat nyata.

Sedikit penjelasan tentang karya seni 2 dimensi yang dimana hanya mempunyai unsur panjang dan lebar. Dalam karya seni 2 dimensi ini hanya bersifat maya atau semu, sebab kesan yang di dapat dari penggambaran bentuk seni ini hanyalah datar, pipih, menjorok, cekung, cebeng, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu penggunaan unsur-unsur yang lain yang bertujuan menambah nilai kedalaman dari karya 2 dimensi ini diperlukan beberpa aspek seperti:

  • Penggunaan perspektif warna yang serasi
  • Peralihan warna, gelap terang, serta penggunaan tekstur yang tepat
  • Pergantian ukuran yang pas
  • Penggambaran bidang bertindih
  • Pelengkungan atau pembelokan bidang
  • penambahan bayang-bayang
  • Penggambaran gempal
  • Pergantian tampak bidang

Dalam penggunaan beberapa aspek diatas bisa untuk menambah kesan yang mendalam pada sebuah karya seni 2 dimensi. Berbeda jauh dengan karya seni 2 dimensi, karya seni 3 dimensi bisa disebut sebagai bentuk seni yang nyata.

Seniman membuat karya seni ini bisa langsung untuk dinikmati oleh sang penikmat. Banyak contoh dari karya seni ini seperti sebuah ruangan dalam rumah, sebuah ruang gedung, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai unsur dari sebuah karya seni merupakan hal yang penting untuk seorang seniman. Karena mengenal unsur-unsur ini adalah sebuah hal yang wajib untuk menunjang sebuah hasil karya dari seorang seniman agar mendapat apresaisi penuh oleh penikmat.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Azzahra Greenland dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia