Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • UMKM Adalah Pahlawan Devisa? Simak Cara UMKM Bantu Ekonomi

UMKM Adalah Pahlawan Devisa? Simak Cara UMKM Bantu Ekonomi

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 24 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Perekonomian suatu negara dipengaruhi oleh berbagai hal. Salah satu yang memiliki peran besar tentunya yaitu berjalannya usaha di dalam negara tersebut. Walaupun banyak orang yang beranggapan bahwa perusahaan besar sangat berperan dalam berjalannya ekonomi di Indonesia, kenyataannya usaha-usaha kecil seperti UMKM memiliki pengaruh lebih besar.

Pinhome – Pengaruh besar usaha kecil tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Di Indonesia sendiri, jumlah pengusaha kecil sangatlah banyak dan mencakup berbagai jenis bisnis. Akibatnya, cakupan bisnis dari usaha-usaha tersebut sangatlah luas bahkan bisa menjangkau daerah-daerah terpencil.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik di tahun 2016, UMKM terbukti telah memberikan sumbangan besar terhadap perekonomian Indonesia. Usaha ini menyediakan hingga 99% dari total lapangan kerja dan menyerap 89,2%. Selain, bisnis kecil juga menyumbang 60,34% dari total pendapatan nasional dan 58,18% dari total investasi.

Baca Juga: Jenis Usaha Mikro UMKM

Sebelum membahasnya lebih jauh, simak penjelasan berikut ini mengenai pengertian dari kategori usaha ini!

Pengertian UMKM

(Kotak Pintar)

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008, usaha ini merupakan perusahaan berskala kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau badan yang memiliki jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu.

Usaha yang dimasukkan dalam kategori ini telah diatur dalam Undang-Undang dan memiliki kriteria tertentu. Apabila sebuah perusahaan memiliki pendapatan atau kekayaan melebihi yang telah diatur oleh UU, maka bisnis tersebut sudah tidak masuk ke kelompok ini. Selain dari penghasilan yang telah diatur oleh Undang-Undang, semua lini usaha bisa masuk kategori ini baik pengusaha jajanan kecil sampai brand pakaian.

Jenis Usaha yang Masuk Kategori Ini

(Kompas)

Baca Juga: Apa Itu Eform BRI Dan Bagaimana Cara Cek Penerima BLT UMKM?

Ada 3 usaha yang merupakan bagian dari kategori ini. Penamaannya pun sesuai dengan singkatannya yaitu usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah. Tiga hal tersebut memiliki kriteria pendapatan yang berbeda, lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut.

  • Usaha Mikro

Kelompok pertama dalam kategori ini yaitu usaha mikro. Usaha ini merupakan kelompok dengan ketentuan penghasilan paling rendah dibandingkan dua kelompok lainnya. Usaha yang masuk ke kelompok ini memiliki jumlah kekayaan tidak lebih dari Rp50 juta di luar tanah dan bangunan. Selain itu, penghasilan bersih tahunannya yaitu paling banyak Rp300 juta.

  • Usaha Kecil

Kriteria berikutnya yaitu usaha kecil yang memiliki penghasilan lebih tinggi dari usaha mikro. Bisnis yang masuk ke kategori ini jumlah kekayaannya yaitu antara Rp50-500 juta dan penghasilan per tahunnya berada pada kisaran Rp300 juta sampai Rp2,5 miliar.

  • Usaha Menengah

Usaha menengah memiliki pendapatan paling besar di kategori ini. Setiap tahunnya penghasilan bisnisnya terhitung Rp2,5-50 miliar. Kekayaan bersihnya sendiri yaitu berada di antara Rp500 juta sampat Rp10 miliar.

Pentingnya UMKM untuk Ekonomi Negara

(Suara)

Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah tersebar di seluruh Indonesia. Cakupan usaha ini sangatlah tinggi karena jumlahnya juga banyak. Melihat hal ini , tidak mengherankan jika usaha-usaha ini memiliki peran besar dalam perekonomian Indonesia. Berikut ini beberapa pengaruh dari bisnis tersebut untuk ekonomi.

  • Pemerataan Ekonomi

Usaha-usaha kecil bisa didirikan di berbagai tempat bahkan daerah yang berada di pelosok. Keberadaan usaha kecil bisa menjadi tonggak utama untuk mengembangkan ekonomi di daerah tersebut. Misalnya yaitu dibangunnya toko serba ada di suatu lokasi terpencil. Masyarakat di sana akan lebih mudah memenuhi kebutuhan yang mereka butuhkan karena toko tersebut mudah dijangkau.

  • Mengurangi Tingkat Kemiskinan

Usaha kecil bisa menjadi pilihan ketika seseorang ingin memiliki penghasilan lebih. Bisnis kategori ini skalanya lebih kecil sehingga tidak membutuhkan modal yang besar. Pelaku usaha yang berhasil membangun bisnis ini tentu akan terbantu secara ekonomi. Melalui cara ini, tingkat kemiskinan juga bisa menurun karena semua orang bisa mendapatkan penghasilan lebih.

  • Membuka Lapangan Pekerjaan

Sebuah usaha tentunya tidak bisa dijalankan sendiri. Seorang pelaku bisnis membutuhkan bantuan orang lain supaya usahanya bisa berjalan dengan lancar. Hal ini tentunya menguntungkan banyak orang karena adanya lapangan kerja baru. Selain pemilik usaha terbantu, para karyawannya juga bisa mendapatkan penghasilan sehingga hal ini merupakan hubungan yang saling menguntungkan.

  • Memberi Sumbangan Besar Terhadap Pendapatan Negara

Walaupun usaha yang masuk ke kategori Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah memiliki skala bisnis yang kecil, tidak sedikit pula yang telah berhasil menjual produknya hingga keluar negeri. Bisnis seperti ini akan meningkatkan ekspor sehingga akan berpengaruh ke devisa negara. Hal ini dibuktikan dengan data BPS di tahun 2016 tentang sumbangan usaha kecil ke total ekspor sebesar 14,17 persen.

  • Usahanya Lebih Stabil

Salah satu alasan lain tentang pentingnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yaitu bisnisnya cenderung lebih stabil. Keberadaan bisnis dalam kategori tersebut tidak terlalu terpengaruh ekonomi global seperti misalnya nilai tukar mata uang. Sifat usaha yang seperti itu tentunya penting bagi negara jika terjadi perlambatan ekonomi. Misalnya saja yaitu ketika terjadi krisis moneter di tahun 1998, usaha kecil menjadi sektor penggenjot pulihnya ekonomi Indonesia.

Ternyata keberadaan UMKM sangat penting, ya, Pins, untuk ekonomi Indonesia. Walaupun skala bisnisnya kecil, namun karena jumlahnya banyak dan bermacam-macam, usaha ini bisa memiliki pengaruh yang besar. Jika Pins ingin ikut berperan dalam ekonomi, bisa coba untuk memulai bisnis sendiri.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel