Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Model Beserta Ukuran Kolam Renang Anak yang Aman

Hobi

Model Beserta Ukuran Kolam Renang Anak yang Aman

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 12 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Kolam renang, baik pada tempat publik maupun pribadi sudah seharusnya memiliki ukuran standar untuk keamanan. Tidak terkecuali untuk kolam renang anak. Ukuran kolam renang anak pun tetap menyesuaikan dengan kebutuhan.

Pinhome – Namun yang jelas adalah biaya konstruksi untuk kolam renang anak jauh lebih hemat. Tidak heran banyak dari kolam renang untuk hunian yang hanya dibuat khusus untuk anak. Selain itu, Kolam renang anak pun juga mempunyai bermacam perbedaan ukuran pula di dalamnya. Seperti apa? Simak yuk ulasannya berikut!

(unsplash)

Keamanan buah hati memang menjadi prioritas utama bagi orang tua. Maka dari itu tidak sedikit dari para penghuni yang mempunyai anak, membuat desain suatu hunian yang ramah anak. Seperti anak tangga yang dibuat aman dengan pijakan yang tidak terlalu tebal, lantai kamar mandi yang dibuat anti slip sampai pemikiran ukuran kolam renang anak dalam hunian.

Baca Juga: Detail Biaya Pembuatan Kolam Renang Ukuran Standar

Ukuran kolam renang anak, baik dalam bentuk tiup dan menggunakan semen harus dibuat sesuai dengan standarnya. Untuk itu, di bawah ini Pinhome sajikan ulasan menarik mengenai standar ukuran kolam renang anak yang aman dengan contoh menariknya untuk hunian.

Luas Kolam Renang Anak dan Bayi

Mayoritas kolam renang anak memang lebih praktis dibuat dalam bahan plastik yang dapat Pins temukan di pasaran. Selain hemat tempat, kolam renang seperti ini juga tidak memerlukan dana yang berlebih. Namun, kekurangannya hanya satu, bila tidak dirawat dengan baik, bahan plastik bisa robek dan membuat kolam tidak bisa dipakai kembali. Namun, bagi Pins yang ingin membuatnya pada hunian, Pins bisa mengacu pada ukuran sebagai berikut:

  • 1 x 2 m (l x p)  : Luas kolam renang 2 M2
  • 2 x 3 m (l x p) : Luas kolam renang 6 M2
  • 2 x 4 m (l x p) : Luas kolam renang 8 M2
  • Dengan kedalaman minimum kolam untuk anak anak dan bayi = 60 – 80 cm

Ukuran Kolam Renang Standar Pribadi

Setelah membahas mengenai ukuran kolam renang anak, kini saatnya melihat kolam renang pribadi yang dapat Pins buat dalam hunian. Ukuran dapat mengacu kepada peletakan dari kolam renang itu sendiri, seperti:

  • 3 x 7 m (l x p) : Luas kolam renang 21 M2 dengan kedalaman yang cukup bervariasi mulai dari 60 cm bagian dangkal sampai 2,5 meter pada bagian dalam.
  • 3 x 8 m (l x p), 3,5 m x 10 (l x p), 4 x 8 (l x p), dan 5 x 12 m (l x p) semua dapat disesuaikan untuk kolam renang outdoor maupun indoor.

Ragam Model Kolam Renang Anak

Baca Juga: Desain Kolam Renang Rumah Unik Dan Instagramable

Kolam Renang Tiup Balita

(shopee)

Kolam renang balita memang didesain berbentuk lingkaran dengan pinggiran yang cenderung lebih tebal. Fungsinya untuk menghalau balita keluar dari lingkaran. Ukuran kolam renang untuk anak dan bayi memiliki perbandingan dalam segi diameter, kedalaman dan juga luasnya. Untuk kolam renang balita seperti ini memang biasanya berfungsi hanya untuk bermain saja, tidak untuk berenang.

Kolam Renang Outdoor Lingkaran

(pinterest)

Pembuatan kolam renang outdoor di hunian bisa juga berbentuk lingkaran seperti pada contoh di atas. Kamu bisa membuat dengan diameter lebih besar bila ingin dipakai orang dewasa dan anak. Namun, bila kamu menyediakan hanya untuk anak, diameternya bisa dibuat lebih kecil. Tambahkan unsur bebatuan menarik di pinggir kolam dengan warna natural yang lembut.

Kolam Renang Playground

(bigw)

Semakin besar umur anak, semakin ingin pula mereka bereksplorasi. Jenis kolam renang playground bisa dijadikan alternatif yang tepat untuk anak Pins yang mulai menginginkan sebuah tantangan. Seperti kolam renang dengan papan seluncuran, air mancur dan masih banyak lagi. Untuk ukuran kolam renang untuk anak satu ini memang tergolong lebih besar dibanding kolam tiup lainnya.

Kolam Renang Tiup Anak dan Dewasa 

(nytimes)

Kolam renang tiup satu ini memang menjadi laris dipasaran. Ukuran kolam renang untuk anak dan dewasa diatas cukup di tempatkan di halaman rumah dan menjadi alternatif yang disukai penghuni dengan lahan rumah terbatas. Kamu dan keluarga dapat berendam santai di sana sambil menikmati hidangan camilan.

Kolam Renang Anak DIY

(pinterest)

Tertarik membuat kolam renang anak hasil buatan sendiri? Dengan kolam renang DIY yang terbuat dari drum bekas dengan diameter yang cukup besar, kamu dapat membuat anak-anak senang. Kamu bisa menyesuaikan isi air di dalamnya sesuai dengan tinggi anak mu. Selamat mencoba!

Kolam Renang Anak Mainan Plastik

(amazon)

Kolam renang anak seperti mainan plastik di atas, juga layak untuk kamu adaptasi di rumah. Selain mudah dipindahkan dan dirakit, keamanannya pun terjamin. Ukuran kolam renang anak satu ini biasanya bebentuk persegi dengan panjang dan lebar berukuran sama.

Kolam Renang Outdoor Persegi Panjang 

(decoredo)

Kolam renang outdoor dalam hunian memang sangat nyaman untuk tempat bermain buah hati. Selain sirkulasi udara yang nyaman, suasana luar ruangan memang sangat disenangi buah hati untuk bermain secara bebas. Untuk kamu yang ingin membuat desain menarik kolam renang anak dalam hunian, kamu bisa menggunakan model persegi panjang seperti pada hunian di atas. Padukan dengan rumput sintetis anti slip pada bagian halaman.

Semua ukuran kolam renang untuk anak memang didesain minimalis demi keamanan anak dan kenyamanan orang tua. Selalu pantau terus saat anak-anak bermain di kolam renang ya Pins! Walau sudah di rasa aman, namun tidak ada salahnya untuk selalu waspada.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel