Pinhome

Tips Properti

Ukuran Besi Kolom Praktis Rumah 1 Lantai

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 11 March 2018 ∙ 2 menit membaca

Ukuran besi kolom praktis rumah 1 lantai perlu menyesuaikan beban bangunan yang akan ditahan oleh tiang. jika bebanya ringan maka cukup memakai diamater besi yang kecil saja dengan jumlah sedikit, sebaliknya jika bebanya berat maka harus memakai diamater besi yang lebih besar serta jumlahnya juga diperbanyak. Tapi kita bisa memakai kolom praktis yang sudah menjadi pasaran umum jika yang dibangun hanyalah rumah 1 lantai versi standar yang biasa dibangun juga di perumahan. Besi kolom praktis tersebut banyak dijual dalam bentuk jadi di toko bangunan dengan panjang 3m, memakai besi tulangan pokok diamater 8mm, serta besi begel diamater 6mm dipasang setiap jarak 20cm. Untuk lebih detailnya mengenai besi kolomn praktis bisa kita gambarkan sekaligus dijelaskan sebagai berikut.

Gambar Detail Kolom Praktis

(UD Harga Bangunan)

Disebelah kiri merupakan contoh foto kolom praktis yang sedang dipasang untuk tiang rumah, sedangkan disebelah kanan merupakan gambar detail kolom praktis, pada gambar tersebut bisa kita lihat ukuran finish beton kolom 15 cm x 15 cm, dengan selimut beton 2,5 cm. Jadi ukuran begel kolom praktisnya 10cm x 10cm, memakai besi tulangan pokok 4 buah diamater 10 mm, dengan besi begel diamater 8 mm dipasang setiap jarak 20 cm.

Besi Tulangan Pokok Kolom Praktis

Dipasang pada sisi tegak, untuk kolom praktis rumah 1 lantai cukup memakai besi sebanyak 4 buah saja dipasang disetiap sudut begel. diamaternya kalau beban rumahnya ringan maka bisa memakai diamater 8mm, sedangkan untuk beban yang agak berat bisa pakai diamater 10mm, atau jika bebanya super berat maka perlu dihitung dulu strukturnya sehingga bisa ketahuan jumlah serta diamater besi berapa yang aman dipakai namun tetap hemat.

Besi Sengkang / Cincin / Begel Kolom Praktis

Berfungsi untuk mengikat besi tulangan pokok sehingga menjadi satu kesatuan yang kuat menahan beban tarik. besi begel untuk rumah 1 lantai bisa pakai diamater 6mm atau 8mm, dipasang setiap jarak 150 cm sampai dengan 200cm.

Jadi ukuran besi kolom praktis rumah 1 lantai itu perlu menyesuaikan desain bangunan agar kuat tapi tetap ekonomis, namun masyarakat umum seringkali memakai besi tulangan pokok diamater 10mm sebanyak empat buah, dengan besi begel diamater 8mm yang dipasang per jarak 20cm.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel