BlogLifestyleEdukasi25 Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jepang
0
0

25 Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jepang

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 22, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Seperti Indonesia, orang Jepang pada umumnya suka mengucapkan “selamat ulang tahun” pada setiap hari ulang tahun. Biasanya orang Jepang mengatakan “otanjoubi omedetou”, “otanjoubi omedetou gozaimasu” atau yang lainnya mendapatkan ucapan selamat ulang tahun bahasa Jepang. 

Tetapi berhati-hatilah. Setiap versi ucapan selamat ulang tahun bergantung pada situasi atau hubungan antara pembicara dan lawan bicara. Ucapan selamat ulang tahun pun bisa dianggap tidak sopan jika cara mengucapkannya kurang tepat. Jika demikian, bagaimana  mengucapkan selamat ulang tahun dengan benar dan tepat dalam bahasa Jepang dalam situasi apapun?

Baca juga: 21 Ucapan Sweet Seventeen untuk Orang Spesial

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jepang yang Paling Dasar

Pins juga dapat menggunakan bahasa Jepang selamat ulang tahun yang paling dasar untuk mengucapkan hal tersebut kepada teman dan keluarga kamu. Berikut ini beberapa ucapan selamat ulang tahun bahasa Jepang yang bisa Pins ucapkan saat ulang tahun seseorang.

Otanjoubi Omedetou

Source : pinterest.com

Ucapan “Otanjoubi Omedetou” yang berarti “Selamat Ulang Tahun” secara akrab. Pada dasarnya sapaan “Otanjoubi omedetou” digunakan untuk menyampaikan “selamat ulang tahun” kepada orang lain dengan cara yang akrab (namun halus). Pada umumnya sapaan “Otanjoubi omedetou” hanya dapat digunakan untuk mengucapkan kepada orang terdekat dan dikenal oleh penutur, seperti anak sekolah, rekan kerja, anggota keluarga atau orang yang lebih muda, kurang mampu atau sederajat. dibandingkan dengan pembicara. Dengan kata lain, sapaan ini tidak boleh digunakan untuk orang yang kurang dikenal pembicara atau orang baru, orang tua pembicara, atau orang yang kedudukannya lebih tinggi dari pembicara, seperti guru, pengawas, tamu, pelanggan, dll. 

Kata “Otanjoubi” terdiri dari awalan “o” dan “tanjoubi” yang artinya “ulang tahun”. Awalan “o”  digunakan untuk melunakkan kata benda yang ditempatkan setelahnya. Kata “Otanjoubi” secara halus mengungkapkan hari lahir. Pada saat yang sama, “omedetou” adalah sapaan untuk  “selamat”  yang dirayakan. Jadi, sapaan “O-tanjoubi omedetou” secara halus mengungkapkan “selamat ulang tahun”.

Otanjoubi Omedetou Gozaimasu

Source : youtube.com

Ucapan “Otanjoubi Omedetou Gozaimasu” yang berarti “Selamat Ulang Tahun” secara sopan. Bahasa jepangnya selamat ulang tahun adalah “Otanjoubi omedetou gozaimasu” digunakan untuk mengungkapkan “selamat ulang tahun” kepada orang lain secara umum dan sopan. “Gozaimasu” di belakang “otanjoubi omedetou” menunjukkan kesopanan kepada orang lain. Secara umum, sapaan “Otanjoubi omedetou gozaimasu” dapat digunakan oleh siapa saja ketika pembicara ingin mengucapkan selamat ulang tahun dengan sopan kepada lawan bicaranya. 

Jika Pins ingin mengucapkan “selamat ulang tahun” kepada seseorang yang tidak kamu kenal, yang baru saja kamu temui, atau yang kedudukan atau usianya lebih tinggi dari pembicara, seperti guru, bos, pengunjung, pelanggan, dll.”, Otanjoubi omedetou gozaimasu” lah yang paling tepat. digunakan untuk menyampaikan kesantunan kepada lawan bicara.

Baca juga: 50+ Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami untuk Keluarga dan Sahabat

Hapii Baasu Dee (Happy Birthday)

Source : youtube.com

Ucapan “Hapii Baasu Dee (Happy Birthday)” yang berarti “Selamat Ulang Tahundalam bahasa Inggris. Orang Jepang juga sering mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” dalam bahasa Inggris tanpa menerjemahkannya ke dalam bahasa Jepang. Selain itu, saat merayakan ulang tahun di pesta ulang tahun, orang Jepang suka menyanyikan “Happy Birthday to You” yang berbunyi “happy birthday to you, happy birthday to you, happy birthday dear [Nama], happy birthday to you” saat merayakan hari ulang tahun pada pesta ulang tahun, khususnya pas saat meniup lilin di atas kue cake ulang tahun.

Pada dasarnya penggunaan “Happy Birthday” hampir sama dengan “Otanjoubi omedetou”, yang hanya bisa digunakan untuk orang dekat dan dikenal pelakunya. Namun, “Otanjoubi omedetou” jauh lebih jelas daripada “Happy Birthday” karena orang Jepang adalah orang Jepang, bukan orang Barat.

Kumpulan Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepada Setiap Orang

Source : tokopedia.com

Ada berbagai ekspresi untuk mengatakan “selamat ulang tahun” kepada orang lain. Berikut adalah contoh ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang untuk setiap lawan bicara.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Datang saat Menyambut Tamu

Ucapan Selamat Ulang Tahun Secara Sopan

  • [Umur]-sai no otanjoubi omedetou gozaimasu. Korekara mo douzo ogenki de.” Selamat ulang tahun yang ke [Umurl. Semoga sehat selalu.
  • “Otanjoubi omedetou gozaimasu. [Nama] ni mata aeru no o tanoshimi ni site imasu.” Selamat ulang tahun. Saya dengan senang hati menunggu pertemuan dengan [Nama] lagi.
  • “Otanjoubi omedetou gozaimasu. [Nama] ni totte shigoto mo puraibeeto mo juujitsu shita ichi-nen ni narimasu you ni.” Selamat ulang tahun. Semoga (tahun ini) menjadi tahun yang memuaskan bagi [Nama] baik dari sisi bisnis maupun pribadi.
  • Otanjoubi omedetou gozaimasu. [Nama] ni totte suteki na ichi-nen ni narimasu yoo ni.” Selamat ulang tahun. Semoga (tahun ini) menjadi tahun yang menyenangkan bagi [Nama].
  • “Otanjoubi omedetou gozaimasu. [Namal ni totte subarashii ichi-nen ni narimasu yoo ni.” Selamat ulang tahun. Semoga (tahun ini) menjadi tahun yang mengesankan bagi [Nama]
  • “Otanjoubi omedetou gozaimasu. Korekara mo okarada ni ki o tsukete genki de ite kudasai.” Selamat ulang tahun. kesehatanmu dan sehat-sehat selalu.
  • “Otanjoubi omedetou gozaimasu. Masumasu genki de ganbatte kudasai.” Selamat ulang tahun. Saya harap kamu semakin sehat dan semangat.
  • “Otanjoubi omedetou gozaimasu. Suteki na ni narukoto o kokoro kara negatte imasu.” Selamat ulang tahun. Saya berdoa sungguh-sungguh agar (tahun ini) menjadi tahun yang menyenangkan bagimu.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Secara Akrab

  • [Umur]-sai no otanjoubi omedetou gozaimasu.” Selamat ulang tahun yang ke [umur]!
  • Otanjoubi omedetou! [Nama] ni totte happii na ichi-nen ni narimasu you ni.” Selamat ulang tahun. Semoga (tahun ini) menjadi tahun yang happy bagi [Nama].
  • Otanjoubi omedetou! Kotoshi mo anata ni totte suteki na Ichi-nen ni narimasu you ni.” [Nama], selamat ulang tahun. Semoga tahun ini juga menjadi tahun yang menyenangkan bagi [Nama].
  • Happii Baasudee! Korekara no jinsei mo shiawase de afuremasu you ni.” Selamat ulang tahun. Semoga hidupmu selalu penuh dengan berkah.
  • Otanjoubi omedetou. [Nama] ni totte, suteki na ichi-nen ni narimasu you ni.” Selamat ulang tahun. Semoga (tahun ini) menjadi tahun yang menyenangkan bagi [Nama].

Baca juga: 100+ Kumpulan Ucapan Selamat Pagi Bahasa Inggris Penyemangat dan Bernuansa Romantis

Contoh Ucapan Selamat Ultah Kepada Pacar

  • Daisukina [Nama] e. Tanjoubi omedetou. Deatte kurete arigatou. Suki ni natte kurete arigatou.” Buat [Nama] yang tercinta. Selamat ulang tahun. Terima kasih sudah bertemu denganku. Terima kasih sudah mencintaiku.
  • Otanjoubi omedetou. Issho ni oiwai shite, kotoshi de [Angka]-kaime da ne. Kore kara mo zutto zutto yoroshiku ne.” Selamat ulang tahun. Tahun ini ulta yang ke-[Angka] kali sejak kita mulai merayakannya bersama. Aku mohon kita selalu dan terus bersamanya. Selalu dan tetap bantu aku di masa mendatang ya.
  • “[Nama] otanjoubi omedetou. Itsu mo itsu mo, hontou ni arigatou. Kore kara mo yoroshiku ne.” Selamat ulang tahun. Aku selalu saja berterima kasih banyak padamu. Selalu bantu aku di masa mendatang ya.
  • “[Nama], [Umur]-sai no otanjoubl omedetou! Kore kara mo zutto Issho ni iyou ne.” Selamat ulang tahun yang ke [umur]. Kita akan selalu bersama ya.

Ucapan Selamat Ultah Kepada Suami dan Istri

  • Otanjoubi omedetou. Itsu mo kazoku o sasasete kurete arigatou. Soshite, itsu mo soba ni ite kurete arigatou.” Selamat ulang tahun. Terima kasih karena selalu membantu keluarga kita. Dan, terima kasih karena selalu ada di sampingku.
  • Otanjoubi omedetou! Itsu mo kazoku no tame ni isshoukenmei de arigatou!! Kore kara mo yoroshiku onegal shimasu!” Selamat ulang tahun. Terima kasih karena selalu berusaha untuk keluarga. Mohon selalu bantu aku di masa mendatang ya
  • Otanjoubi omedetou. Itsu mo arigatou. Anata wa kazoku no takara desu.” Selamat ulang tahun. Saya selalu berterima kasih padamu. Kamu adalah yang paling berharga antara keluarga.
  • [Nama], tanjoubi omedetou. Itsu mo kazoku no tame ni arigatou. Anata wa sekai de Ichiban suteki na josei desu. Kore kara mo yoroshiku.” [Nama], selamat ulang tahun. Terima kasih karena selalu mengurus urusan untuk keluarga. Kamu adalah perempuan yang paling hebat dalam dunia ini. Selalu bantu aku di masa mendatang ya.

Mengucapkan Selamat Ulang Tahun Kepada Orang Tua dan Eyang

  • Daisuki na otou-san e. Otanjoubi omedetou gozaimasu. Itsu mo watashitachi no tame ni arigatou. Otousan no kodomo ni umarete kite yokatta desu. Otou-san. korekara mo ganbatte kudasai.” Selamat ulang tahun ayahku yang tercinta. Terima kasih karena selalu bekerja keras untuk kami. Saya bersyukur lahir sebagai anak ayah. Ayah, selalu semangat di masa mendatang ya.
  • Okaa-san, otanjoubi omedetou gozaimasu. Karada ni ki o tsukete itsu made mo genki de ite kudasai.” Ibu, selamat ulang tahun. Jaga kesehatan dan semoga sehat-sehat selalu.
  • (Ojii-chan/Obaa-chan), [Umur]-si no otanjoubi omedetou gozaimasu, Kore kara mo nagaiki shite ne.” (Kakek / Nenek), selamat ulang tahun yang ke [Umur]. Semoga panjang umur.
  • {Ojii-chan/Obaa-chan}, otanjoubi omedetou gozaimasu, Kore kara mo nagaiki shite motto iroiro na hanashi o kikasete kudasai.” {Kakek / Nenek}, selamat ulang tahun. Semoga panjang umur, dan tolong lebih banyak ceritakan berbagai hal.

Demikianlah kumpulan contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa jepang. Semoga bisa membantu dan menambah wawasan Pins semua!

Featured image: japanesestation.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Grand Family dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download