Pinhome

Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Basket

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 27 August 2021 ∙ 6 menit membaca

Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Basket – Salah satu permainan olahraga di dunia yang paling populer adalah bola basket. Sebagaimana kita ketahui bahwa bola basket adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim memiliki 5 pemain inti.

Perbedaan bola basket dengan olahraga lain adalah bola basket tidak memiliki hak khusus seperti sepak bola. Kalau dalam sepak bola ada kiper untuk menjaga gawang. Sementara dalam bola basket hal tersebut tidak ada.

Bola basket pertama kali terkenal di Amerika Serikat. Lalu setelah itu olahraga ini menjadi terkenal ke seluruh negara di dunia. Ada di benua Eropa, Asia, Afrika, Australia. Permainan ini memang sangat menarik.

Terkenalnya permainan bola basket, membuat negara mengadakan sebuah kompetisi khusus bola basket. Seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, lalu National Basketball Association (NBA). Sampai di negara kita juga ada, Indonesia Basketball League (IDL).

Baca juga:

Apa Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Basket?

Tujuan dan manfaat permainan basket
(NBA)

Olahraga basket adalah olahraga yang cocok untuk dimainkan di dalam atau di luar lapangan. Istilah tersebut biasa dinamakan dengan indoor dan outdoor.

Nah, alasan permainan ini bisa dilakukan dimana saja, karena bola basket tidak memerlukan lapangan luas seperti sepak bola.

Selain lapangan yang tidak perlu terlalu luas, permainan ini juga relatif lebih cepat dibandingkan bola voli atau sepakbola. Sepak bola memerlukan waktu yang cukup panjang, sedangkan bola voli ditentukan oleh point yang masuk.

Bola basket ditentukan oleh waktu yang hanya butuh 40 menit. Setiap 10 menit ada waktu untuk istirahat. Jadi bola basket memang tidak memerlukan waktu yang cukup panjang.

Penggemar bola basket tentu tidak mengenal usia, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Penggemar bola basket juga tersebar di seluruh dunia, seperti sepakbola. Maka tidak heran kalau bola basket adalah olahraga yang populer di setiap negara.

#1. Tujuan Permainan Bola Basket

Permainan tersebut memiliki tujuan dan manfaat yang sangat luar biasa terhadap tubuh kita. Terutama dalam menjaga fisik kita agar tetap bugar. Maka, tidak mengherankan bila para atlet basket memiliki badan yang ideal dan tubuh yang sehat.

Selain bertujuan untuk menyehatkan tubuh, permainan basket juga ditujukan untuk ajang pertandingan. Dengan demikian, seseorang dapat menggali prestasi dan bakatnya di bidang olahraga, khususnya basket.

#2. Tujuan Bola Basket di Lapangan

Ketika berada di lapangan bola basket, cara memenangkan permainan ini adalah dengan memasukan bola ke dalam ring yang sudah disediakan di lapangan tersebut.

Di lapangan terdapat dua ring yang sudah di sediakan, yakni ring sendiri dan ring lawan. Jadi tugas dari permainan ini adalah memasukan bola ke dalam ring lawan.

Ketika seseorang memasukan bola tersebut, maka nilai dari bola yang dimasukan berbeda-beda, tergantung dari arah mana bola dimasukan.

Ketika bermain bola basket, Anda dilarang untuk memukul bola dengan telapak tangan yang terbuka. Dilarang juga memainkan bola, menggelindingkan atau menggiring bola ke segala arah.

Di sisi lain, teknik shooting adalah kemampuan dasar bagi seorang pemain bola basket agar dapat menembak bola ke dalam ring lawan.

Keahlian ini adalah salah satu strategi permainan dan bisa memberikan hasil real terhadap timnya secara langsung dalam memenangkan pertandingan bola basket.

Kerjasama tim dalam permainan bola basket adalah yang paling utama.Hal ini karena permainan ini adalah olahraga yang memerlukan beberapa teman atau permainan beregu.

Kerjasama tim dalam sebuah klub akan menentukan kemenangan dalam permainan bola basket itu sendiri. Oleh karena itu latihlah kerjasama dalam sebuah tim untuk memenangkan pertandingan bola basket.

Seorang kapten atau pemimin dalam tim tentu harus memiliki sikap kepemimpinan yang baik.

#3. Manfaat Bermain Bola Basket

Bermain bola basket juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan fit. Manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

A. Menjaga Ketahanan Tubuh.

Ketika kita bermain bola basket, maka secara otomatis akan membuat kita banyak gerak. Semakin banyak gerak yang kita lakukan, akan membuat kita terbiasa dalam gerakan tersebut.

Maka dengan gerakan yang kita lakukan itu akan membuat tubuh ini kuat dan akan memberikan efek pada ketahanan tubuh. Semakin banyak bermain bola basket maka semakin baik ketahanan tubuh yang kita miliki.

B. Melatih otot tubuh.

Permainan bola basket adalah permainan yang menggerakan seluruh tubuh. Baik itu kaki, kepala, tangan dan juga otot yang kita miliki.

Dengan banyaknya gerakan yang dilakukan saat bermain bola basket, maka secara otomatis akan melatih otot kita menjadi kuat, apalagi saat melempar bola ke dalam ring.

C. Meningkatkan keterampilan motorik

Sebagaimana pada pembahasan sebelumnya, bermain bola basket dapat menggerakan seluruh tubuh sehingga secara otomatis akan meningkatkan saraf motorik.

D. Menahan daya imunitas tubuh

Selain dari buah-buahan yang dapat mengoptimalkan sistem imun tubuh. Akan tetapi ketika kita bermain bola basket, maka akan meningkatkan imunitas tubuh kita.

Olahraga ini akan mampu mencegah virus yang bersifat patogen dan bakteri masuk ke dalam tubuh kita.

E. Membangun koordinasi dan keseimbangan tubuh

Permainan bola basket adalah permainan yang melibatkan tangan, kaki, dan mata. Dilihat dari anggota tubuh, jelas memerlukan koordinasi yang baik antara anggota tubuh.

Semakin Anda melatih keterampilan antara kaki, tangan dan mata, maka Anda akan membangun keseimbangan tubuh sehingga bisa melakukan permainan dengan baik dan benar.

F. Menurunkan berat badan

Salah satu langkah untuk membuat tubuh kita diet adalah olahraga basket. Olahraga ini bisa membakar kalori sekitar 700-750. Dengan adanya pembakaran kalori ini akan membuang lemak yang berlebih di dalam tubuh ini.

G. Membentuk tubuh yang ideal

Sebagaimana dalam pembahasan sebelumnya, olahraga basket adalah olahraga yang dapat membakar kalori. Maka tidak mengherankan bila olahraga ini akan memberikan bentuk tubuh yang ideal.

H. Tubuh menjadi lebih tinggi

Manfaat ini sudah tidak asing lagi bagi kita karena rata-rata pemain bola basket memiliki tubuh yang tinggi.

Olahraga basket akan membantu Anda menjadi lebih tinggi karena permainan ini akan meregangkan otot kaki, tulang belakang, serta tulang kaki. Dengan meregangnya otot-otot tersebut akan membuat tubh kita tinggi.

I. Menghindari osteoprosis

Bergeraknya seluruh tubuh saat bermain basket akan menghindari tubuh kita dari osteoporosis. Tubuh kita akan menjadi kuat dan tulang-tulang dalam tubuh kita akan semakin membaik.

J. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Bbermain bola basket akan melatih tubuh kita untuk melakukan dribble, berbalik cepat, lari, melompat dan melempar bola ke dalam ring.

Latihan ini akan membuat pernapasan dalam tubuh kita menjadi lebih teratur dan meningkatkan pasokan darah sehingga akan mengangkut manfaat oksigen ke otot-otot. Nah dengan adanya ini, basket meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Penutup

Nah itulah dia tujuan dan manfaat bermain bola basket. Melihat banyaknya manfaat dari permainan ini, tentu saja bermain basket bisa jadi opsi tepat untuk mengisi waktu sembari berolahraga.

Bila kalian masih pemula dan ingin memahami cara bermain bola basket, kalian dapat berlatih dengan beberapa teknik dasar seperti teknik passing, teknik shooting, dan teknik blocking.

Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat kepada kalian khususnya bagi yang mencintai bola basket.

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia