Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Perbandingan Burung Trucukan vs Burung Kutilang dan Lainnya

Hobi

Perbandingan Burung Trucukan vs Burung Kutilang dan Lainnya

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Jika mendengar trucukan vs burung kutilang, cendet, cucak rowo dan cucak wilis pasti akan bingung mana yang lebih indah dan juga lebih merdu suaranya. Walaupun burung tersebut memiliki nilai jual yang berbeda, namun Pins harus mengetahui apa saja perbedaan dari burung-burung tersebut.

Dengan mengetahui burung trucukan vs burung kutilang, cendet, cucak rowo dan cucak wilis secara jelas, maka Pins juga akan lebih yakin saat hendak memilih untuk memelihara salah satunya atau langsung kesemuanya. Pada artikel ini nanti Pins akan mengetahui lebih detail tentang ciri-ciri khusus dari burung-burung tersebut.

Perbandingan Burung Trucukan vs Kutilang, Cendet, Cucak Rowo dan Cucak Wilis

Berikut ini beberapa penjelasan tentang burung trucukan, kutilang, cendet, cucak rowo, dan cucak wilis:

Burung Trucukan

sumber: Pinterest

Para penggemar burung pasti mengenal burung trucukan. Burung yang satu ini banyak ditemukan di pasar burung dan dijual. Burung trucukan ini masih terjaga di alam dan banyak ditemukan di semak belukar, perkebunan, hutan, bahkan ada di pekarangan rumah. Selain pemakan buah, burung ini juga menyukai, serangga, ulat, maupun cacing.

Ciri dari burung trucukan ini yang paling khas yaitu mampu berkicau sambil membuka kedua sayapnya atau yang biasa disebut dengan istilah garuda. Burung ini memiliki suara yang merdu serta harga yang terjangkau.

Burung Kutilang

sumber: Dijelas.in

Yang kedua yaitu burung kutilang. Burung kutilang ini merupakan salah satu jenis burung yang paling populer di Indonesia. Di Pulau Jawa burung kutilang mudah dijumpai. Burung kutilang memiliki panjang kurang lebih 20 cm dengan bagian atas tubuhnya berwarna coklat kelabu, bagian bawah berwarna putih abu-abu serta memiliki topi, dahi, dan juga jambul berwarna hitam. Penutup pantatnya berwarna kuning.

Burung ini tergolong ceriwis serta aktif bergerak dengan suara kicauan yang nyaring serta merdu dan mampu diulangi secara cepat. Harga kultilang ini juga terbilang masih terjangkau.

Burung Cendet

sumber: Dijelas.in

Selanjutnya yaitu burung cendet. Burung cendet merupakan burung kicau yang memiliki suara yang merdu serta bervariasi. Burung ini merupakan burung yang giras serta galak. Cendet memiliki suara pekikan tajam dengan kicauan yang indah, serta kicauan yang bervariasi. Burung cendet memiliki panjang 20 hingga 25 cm serta ujung paruhya melengking.

Cucak Rowo

sumber: Media Indonesia

Cucak rowo terbilang burung yang mahal. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah namun tidak pernah sepi penggemar. Kicauan burung cucak rowo dapat dibedakan dari jenis kelaminnya. Pada cucak rowo jantan kicauannya memiliki nada yang tinggi dan melengking sedangkan pada betina akan terdengar besar dan dalam.

Cucak Wilis

sumber: Burung Cantik

Burung cucak wilis memang kurang populer sebab memiliki kicauan yang dianggap monoton dari burung yang telah disebutkan di atas. Namun, kelebihan burung yang satu ini yaitu dapat dengan mudah untuk beradaptasi, mudah dirawat, cepat jinak serta mudah berbunyi. Sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya dalam perawatannya. Burung ini kicauannya juga dapat terisi oleh burung jenis lain seperti perenjak dan ciblek.

Dari beberapa penjelasan yang telah disebutkan di atas maka Pins dapat memilih burung mana yang lebih tepat untuk dipelihara untuk menambah kehidupan di rumah. Milikilah jenis burung yang sesuai dengan keinginan serta isi kantong. Demikian beberapa ulasan tentang berbagai jenis burung seperti burung trucukan dan burung kutilang. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga: Tips Memilih Sangkar Burung Cucak Hijau


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel