Pinhome

Uncategorized

Trucukan Full Isian Murai Batu

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Burung bernama ilmiah Pycnonotus goiavier akhir-akhir ini banyak dipelihara oleh para pecinta burung di tanah air. kepopuleran yang berhasil dicapai oleh burung yang memiliki gaya tarung khas garuda ini bisa terjadi bukan tanpa sebab. Meskipun belum dinobatkan sebagai pengicau kontes, tetapi suaranya cukup menjanjikan.

Mengingat kemampuannya dalam menirukan berbagai macam suara burung lain, untuk pemasteran trucukan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan masteran sesuai keinginan. Dengan kata lain, jika anda ingin burung trucukan anda mempunyai variasi ngerol maka memasternya bisa dengan suara kenari ngerol panjang atau tembakan ngeplong yaitu dengan trucukan full isian murai batu.

Teknik Pemasteran Burung Trucukan Full Isian Murai Batu

Memilih suara master untuk burung trucukan tidak hanya harus terfokus pada suara-suara master yang terdengar uni dan bagus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti: kesesuaian irama lagu yang fals dan tidak enak didengar. Pengaruh ruangan dan cahaya saat pemasteran dengan pencahayaan  yang tidak terlalu terang sehingga burung bisa lebih tenang, tidak terlalu aktif bergerak, sehingga focus pada suara burung trucukan full isian murai batu yang didengarnya.

Fokus maupun konsentrasi memang merupakan penyebab utama dari keberhasilan dan kegagalan dalam program pemasteran. Untuk menyiasati masalah cahaya, anda bisa memberikan full kerodong pada burung yang akan di master dalam suatu ruangan dengan daya yang lebih rendah, misalnya dari 20 Watt menjadi 5 – 10 Watt. Memperdengarkan MP3 baik menggunakan Handphone, media player dsb dalam ruangan selain menggunakan burung murai batu dalam wujud sebenarnya.

Yang perlu diperhatikan adalah kejelasan suaranya, jika anda menggunakan perangkat equalizer, sebaiknya tone control dari media tersebut dinonaktifkan, sehingga yang terdengar adalah suara standar / flat / default. Jika menggunakan sonic master, maka burung yang dimaster yang lebih dari satu digantung pada posisi tertentu, dan perangkat audio diletakkan dalam jarak 1 – 2 m di bawah gantangan burung.

Dengan cara tersebut, maka burung akan lebih focus dan cepat mempelajari suara kicauan yang diputar. Nah lalu berapa lama setelah pemasteran dapat terlihat hasilnya? Lama pemasteran sangat tergantung dari konsentrasi dan kemampuan burung itu sendiri. Karena dalam beberapa kasus, ada burung yang mampu menirukan satu dari lima jenis suara yang rutin didengarnya dalam waktu kurang dari 10 hari, dan pada kasus lain diperlukan waktu lebih dari 10 hari.

Dalam hal tersebut, penggantian suara bisa dilakukan selama seminggu sekali secara bertahap. Misalnya, pada minggu I anda melatih burung dengan suara master A – B – C – D – E, pada minggu  II formasi berikutnya diubah menjadi  A – B – C – D – F. Minggu selanjutnya diubah lagi menjadi A – B – C – F – G dan seterusnya sampai semua suara jenis burung salah satunya burung murai batu bisa masuk dalam memori burung trucukan anda.

Ragam suara burung untuk masteran murai batu berhasil atau tidaknya sangat bergantung pada konsentrasi burung dan tergantung dari bagaimana anda melakukan pemasteran secara tepat dengan memperhatikan pengaturan posisi burung dalam ruangan serta aspek pencahayaannya.

Demikianlah ulasan mengenai trucukan full isian murai batu, yang saat pemasteran bisa saja anda lakukan saat burung berkicau normal bahkan dalam keadaan top form, yang terpenting adalah burung selalu diperdengarkan suara masteran burung murai batu yang diinginkan secara berkala feedback kepada burung trucukan tersebut, terima kasih dan semoga bermanfaat

Tags :

Bagikan Artikel