Pinhome

Lifestyle

Trik Mengatasi Ruangan Rumah Terlalu Terang

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Masuknya sinar matahari yang cukup kedalam ruangan rumah tentu sangat dibutuhkan. Selain sebagai bagian dari pencahayaan, sinar matahari dapat menghalau kelembaban yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Flu misalnya, ini ditengarai muncul karena virus flu kembali menguat saat ruangan rumah lembab dan kurang sinar matahari.

Tapi bila terlalu terang, tentu pandangan jadi tidak nyaman. Terlebih pada siang hari. Oleh karena itu, perlu trik khusus untuk menjaga agar rumah tak terlalu terang tapi tetap cukup pencahayaan.

Gunakaan Kerai Penutup, Hindari Penggunaan Cat Dinding Yang Berwarna Putih

Cara untuk mengatasi agar rumah tak terlalu terang ada banyak. Setiap cara dimaksudkan agar rumah tetap sehat dengan pencahayaan cukup tetapi tak sampai menyilaukan pandangan. Apa saja caranya? Ini dia rangkumannya.

rumah terlalu terang
rumah terlalu terang

1. Pergunakan Kerai Penutup

Kerai penutup telah dikenal sejak masa yang lama sebagai cara untuk mengatasi paparan sinar matahari secara langsung pada satu bagian rumah. Biasanya terpasang di bagian kerai, atau depan jendela yang langsung menghadap keluar. Jenis kerai yang paling umum dipakai biasanya terbuat dari bambu, tetapi ada juga material lainnya, seperti plastik. Ada jenis kerai yang dipasang didalam serta diluar, masing-masing menghadirkan nuansa berbeda.

2. Hindari Menyalakan Lampu, Matikan Saat Hari Mulai Terang

Beberapa orang sering terlupa untuk mematikan lampu, bahkan saat hari beranjak terang. Hal ini punya kerugian, yang pertama tentu pemborosan dari segi energi, selain itu bisa menyebab ruangan over lightning, kondisi ini memicu pemandangan yang terlalu terang. Matikan lampu saat hari mulai terang, agar hal seperti itu tak terjadi.

3. Penggunaan Cat Dinding Putih

Warna cat dinding adalah salah satu hal yang berpengaruh pada pencahayaan. Dinding berwarna putih bisa jadi menyilaukan terlebih saat musim panas. Untuk itu, pilih warna lembut seperti pastel atau krem untuk kesan yang lebih soft, pilih juga tipe cat yang tidak glossy untuk mengurangi efek pantulan cahaya.

4. Tanamlah Tumbuhan Merambat Untuk Dinding Luar

Dengan menanam tumbuhan ada banyak keuntungan untuk sebuah rumah tinggal. Yang pertama tentu saja menghadirkan kesan asri serta keindahan, berikutnya tentu bisa menyerap panas. Tanaman merambat adalah jenis yang paling pas untuk mengurangi masuknya cahaya secara langsung.

Setidaknya dengan keempat cara tersebut maka ruangan yang terlalu terang bisa sedikit teratasi. Tapi meski demikian, jangan sampai menghilangkan sisi pencahayaan, terlebih dari sinar matahari. Sebab, seperti dijelaskan diawal, kurangnya sinar matahari masuk kedalam rumah dapat menimbulkan kelembaban.

Kelembaban ini, selain menganggu kesehatan, juga dapat menimbulkan masalah baru seperti misalnya munculnya jamur atau lumut di dinding. Untuk itu, pemilihan cara penanggulangan yang sesuai dengan sumber permasalahan menjadi efektif. Penggunaan tumbuhan sangat disarankan, selain tepat untuk mengahalau masuknya sinar matahari berlebih, keteduhan dan nuansa yang asri juga akan menjadikan orang betah di rumah.

Tags :

Bagikan Artikel