BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Mengatasi Ruangan Rumah Terlalu Terang
0
0

Tips Mengatasi Ruangan Rumah Terlalu Terang

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 6, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
tips mengatasi ruangan rumah terlalu terangtop-right-banner

Masuknya sinar matahari yang cukup kedalam ruangan rumah tentu sangat dibutuhkan. Selain sebagai bagian dari pencahayaan, sinar matahari dapat menghalau kelembaban yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Namun, jika terlalu terang juga akan mengganggu kenyamanan. Inilah pentingnya mencari tips mengatasi ruangan rumah terlalu terang.

Pinhome – Terlebih pada siang hari. Oleh karena itu, perlu trik khusus untuk menjaga agar rumah tak terlalu terang tapi tetap cukup pencahayaan.

Baca Juga:

Tips Mengatasi Ruangan Rumah Terlalu Terang

Source : iStock

Cara untuk mengatasi agar rumah tak terlalu terang ada banyak. Setiap cara dimaksudkan agar rumah tetap sehat dengan pencahayaan cukup tetapi tak sampai menyilaukan pandangan. Apa saja caranya? Ini dia rangkumannya.

1. Pergunakan Kerai Penutup

Kerai penutup telah dikenal sejak masa yang lama sebagai cara untuk mengatasi paparan sinar matahari secara langsung pada satu bagian rumah. Biasanya terpasang di bagian kerai, atau depan jendela yang langsung menghadap keluar. Jenis kerai yang paling umum dipakai biasanya terbuat dari bambu, tetapi ada juga material lainnya, seperti plastik. Ada jenis kerai yang dipasang didalam serta diluar, masing-masing menghadirkan nuansa berbeda.

2. Hindari Menyalakan Lampu, Matikan Saat Hari Mulai Terang

Beberapa orang sering terlupa untuk mematikan lampu, bahkan saat hari beranjak terang. Hal ini punya kerugian, yang pertama tentu pemborosan dari segi energi, selain itu bisa menyebab ruangan over lightning, kondisi ini memicu pemandangan yang terlalu terang. Matikan lampu saat hari mulai terang, agar hal seperti itu tak terjadi.

Baca Juga:

3. Penggunaan Cat Dinding Putih

Warna cat dinding adalah salah satu hal yang berpengaruh pada pencahayaan. Dinding berwarna putih bisa jadi menyilaukan terlebih saat musim panas. Untuk itu, pilih warna lembut seperti pastel atau krem untuk kesan yang lebih soft, pilih juga tipe cat yang tidak glossy untuk mengurangi efek pantulan cahaya.

4. Tanamlah Tumbuhan Merambat Untuk Dinding Luar

Dengan menanam tumbuhan ada banyak keuntungan untuk sebuah rumah tinggal. Yang pertama tentu saja menghadirkan kesan asri serta keindahan, berikutnya tentu bisa menyerap panas. Tanaman merambat adalah jenis yang paling pas untuk mengurangi masuknya cahaya secara langsung.

Setidaknya dengan keempat cara tersebut maka ruangan yang terlalu terang bisa sedikit teratasi. Tapi meski demikian, jangan sampai menghilangkan sisi pencahayaan, terlebih dari sinar matahari. Sebab, seperti dijelaskan diawal, kurangnya sinar matahari masuk kedalam rumah dapat menimbulkan kelembaban.

Baca Juga:

Featured Image Source: Traveloka

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download