Pinhome

Tips Properti

Trik Membuat Dekorasi Ruang Tamu Minimalis agar Terlihat Luas

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Ruang tamu bagaikan muka atau tampilan pertama saat orang memasuki rumah. Untuk mendapatkan kesan yang membawa aura positif, ruang tamu didekorasi sedemikian rupa agar siapapun yang memasukinya merasa nyaman. Kira-kira gimana ya cara dekorasi ruang tamu yang pas untuk ruangan mungil? Ini dia dekorasi ruang tamu minimalis rekomendasi dari Pinhome.

Pinhome – Dekorasi ruang tamu minimalis bisa diaplikasikan untuk ruang tamu berukuran kecil agar tetap terasa nyaman. Berikut beberapa tips membuat dekorasi ruang tamu kecil menjadi terlihat lebih luas:

Aplikasikan Furnitur Multifungsi

(Pinterest)

Memanfaatkan furnitur multifungsi di ruang tamu kecil merupakan trik terbaik yang bisa Pins lakukan. Furnitur multifungsi adalah perabot rumah tangga yang bisa berguna sebagai dua atau lebih fungsi yang berbeda, misalnya dengan meletakkan rak yang bisa juga dijadikan sebagai partisi antara ruang tamu dan ruang keluarga. Memakai coffee table yang bisa berguna untuk tempat penyimpanan di bawahnya pun bisa Pins aplikasikan.

Dengan menggunakan furnitur multifungsi pada dekorasi ruang tamu minimalis, Pins jadi lebih menghemat space yang ada. Ruang tamu terlihat tidak sumpek walaupun memang ukurannya mungil.

Gunakan Sofa dengan Ukuran yang Sesuai

(The Evrygirl)

Salah satu spot utama pada ruang ini adalah pada sofa. Menyesuaikan ukuran sofa dengan luasnya ruangan merupakan hal yang harus diterapkan. Hal ini akan membuat space yang ada di ruangan menjadi lebih luas. Jika ruang tamu tidak terlalu luas, janganlah memakai sofa dengan bentuk letter L. Bentuk ini cukup memakan banyak ruang.

Pilihlah sofa yang sederhana dengan warna yang sesuai. Supaya dekorasi ruang tamu minimalis lebih proposional, letakkan meja dan stand lamp dengan bentuk ringan yang akan memberikan kesan luas dan lapang pada ruang tamu.

Cat Tembok Warna Cerah

(Pinterest)

Hack dalam memberikan kesan pada ruang tamu adalah menggunakan warna cerah untuk dinding. Tembok warna cerah seperti putih, abu-abu muda, kuning muda, krem ataupun warna pastel akan memberikan kesan lapang dan juga bersih pada ruang tamu Pins. Warna-warna cerah ini juga lebih mudah dikombinasikan dengan warna pada furnitur di sekitarnya.

Beragam kombinasi warna antara dinding dan furnitur membuat suasana ruangan menjadi tidak membosankan. Dengan begitu Pins dapat menjamu para tamu yang datang dengan lebih nyaman.

Dekorasi Dinding Ruang Tamu dengan Maksimal

(Pinterest)

Bagian penting lainnya dalam ruang tamu adalah pada bagian dinding. Dekorasi dinding ruang tamu bisa menjadi spot yang eye-catching bagi siapapun yang datang. Walaupun ruangan tidak terlalu besar, namun Pins tetap bisa maksimal dalam memanfaatkan dekorasi dinding ruang tamu loh. Banyak pilihan dekorasi dinding ruang tamu agar menciptakan suasana yang lebih hidup.

Pertama memanfaatkan dinding untuk tempat penyimpanan. Berikan rak, ambalan, atau kotak berkaca untuk penyimpanan barang seperti buku, pajangan, foto dengan bingkai ataupun barang yang Pins koleksi. Kedua, manfaatkan dinding sebagai identitas dari pemilik rumah dengan memajang berbagai jenis bingkai berisi foto-foto. Pilihlah bingkai dengan desain frame yang simple. Jika tidak ingin memasang foto pribadi atau keluarga di ruang tamu, Pins bisa juga memajang lukisan maupun karya seni lainnya. Ketiga, letakkan cermin memanjang di dinding belakang sofa. Hal yang satu ini tentu akan membuat kesan ruang tamu menjadi lebih luas.

Baca Juga: Model Rumah Minimalis: Hadirkan Kemewahan dalam Kesederhanaan

Dekorasi Ruang Tamu Kecil dengan Tanaman Hijau

(myDomaine)

Suasana ruang tamu akan lebih hidup jika ada yang hijau-hijau alias tanaman. Pins bisa memanfaatkan tanaman asli ataupun tanaman artificial. Tanaman asli mempunyai nilai plus dalam menjaga kualitas suhu dalam ruangan, sedangkan tanaman artificial nilai plusnya adalah tidak perlu adanya tindakan perawatan.

Letakkannlah pot tanaman pada sudut ruangan, meja samping ataupun meja tengah (coffee table). Kesan sejuk dan asri seketika akan tampak pada ruang tamu. Pilihlah warna natural untuk meningkatkan looks nyaman pada ruang tamu Pins.

Gunakan Karpet untuk Membuat Ruangan Semakin Comfy

(Real Home)

Dekorasi ruang tamu kecil sangat tertolong oleh adanya karpet. Karpet membuat ruangan mungil menjadi terlihat hangat. Tamu yang memasukinya pun merasa lebih nyaman. Karpet kini tidak melulu hanya tentang fungsinya sebagai alas tetapi juga sebagai nilai estetika.

Gelar karpet di bawah coffee table dan pastikan ukuran karpetnya lebih luas dari meja tersebut. Jangan lupa untuk memilih warna, tekstur dan pola yang sesuai. Pilihlah warna-warna yang sederhana. Memilih warna yang tepat akan menghindari ruangan dari kesan sesak dan sumpek.

Baca Juga: Ini Saatnya Make Over Kamar Tidur Kamu!

Nah, Pins gimana sudah terbayang kan hal-hal apa saja yang bisa diaplikasikan saat mulai membuat dekorasi ruang tamu minimalis impian? Jangan khawatir lagi ya karena ruang tamu kecil pun punya kesempatan untuk tampil optimal dan keren, lho!


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel