Pinhome

Finansial

Cara Menghemat Energi Listrik Di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah – Kenaikan harga bbm tidak hanya dapat membuat harga bahan pokok naik, tetapi juga kenaikan dasar tarif listrik. Biaya listrik setiap bulannya pastinya tidaklah sedikit.

Apalagi jika boros dalam menggunakan listrik, hal ini dapat berdampak dengan bengkaknya pengeluaran di akhir bulan. Lakukanlah penghematan dalam menggunakan listrik supaya uang dapat disisihkan untuk pengeluaran lainnya. 

Baca Juga: Cara Menghemat Air di Dalam Rumah

Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah

cara menghemat energi listrik di rumah
Future clean / renewable or alternative energy for modern living concept : House model, light bulb with green leaf, solar panel, wind mill on wood balance scale, depicts the awareness of environment.

Energi listrik di rumah perlu dipangkas penggunaannya agar menghemat pengeluaran. Berikut tips untuk melakukan penghematannya:

Cucilah Pakaian Sekaligus 

Mencuci pakaian sekaligus dapat memberikan dampak karena menghemat penggunaan listrik. Apabila menggunakan mesin cuci, maka cara ini sangatlah dianjurkan.

Cara ini juga dapat menghemat penggunaan air sehingga tidak akan mengalami masalah keuangan di akhir bulan. Ketika kita setiap harus mencuci maka beban biaya listrik perbulannya akan membekak.

Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah Pakailah Deterjen Secukupnya

cara menghemat energi listrik di rumah

Pemakaian deterjen berlebihan akan membuat kita harus membilas pakaian berulangkali. Hal ini dapat membuat tagihan listrik kita menjadi membengkak.

Bersihkan noda dipakaian menggunakan cara alami seperti cuka dan jeruk nipis. Mencuci pakaian dengan cara manual juga dapat membantu menghemat listrik.

Pastikan Alat Pendingin Makanan Tertutup

Alat pendingin makanan apabila terbuka akan membuat pengeluaran membengkak. Makanan yang ada di dalamnya akan mengeluarkan embun sehingga membebani kinerja kompresor.

Apabila hal ini terjadi maka akan menambah pengeluaran konsumsi listrik karena meningkatnya kinerja kompresor. Kinerja kompresor akan meningkat terus menerus apabila pintu lemari pendingin Anda terbuka. 

Gunakanlah Printer Inkjet

cara menghemat energi listrik di rumah

Guankanlah printer inkjet supaya menghemat pengeluaran listrik. Cara kerja printer inkjet memanglah tidak secepat printer laser, tetapi printer jenis ini menggunakan energi yang lebih sedikit. Printer jenis ini juga tentunya lebih terjangkau daripada printer laser.

Pakailah Jenis Komputer Yang Mendukung Energy Star

Carilah komputer yang daoat mendukung Energy Star. Komputer jenis ini berbeda dari yang lainnya karena dapat memangkas energi sebesar 70%. Meskipun hal ini terlihat sepele tetapi sangat berdampak besar untuk memangkas biaya energi didalam rumah.

Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah – Pakailah Mode Auto-Sleep

cara menghemat energi listrik di rumah

Ketika menggunakan komputer, pakailah mode auto-sleep untuk menghemat energi. Jangan pernah sekali-kali menggunakan screen-saver karna justru hal ini dapat meningkatkan energi listrik. 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk memangkas biaya energi di rumah sendiri. Berlatihlah untuk berhemat dari mulai sekarang agar uang tidak tebuang sia-sia. 

Baca juga: Gambar Rumah Berenergi Solar


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel