BlogPemilik PropertiFinansial5 Tren Crypto 2023 yang Harus Kamu Perhatikan
0
0

5 Tren Crypto 2023 yang Harus Kamu Perhatikan

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
tren-crypto-2023top-right-banner

Tahun 2022 menjadi tahun yang fenomenal untuk industri crypto. Ada banyak berita crypto dan blockchain hingga NFT yang bertebaran di berbagai media yang memberikan beragam informasi, ada yang positif ada juga yang negatif. Namun terlepas dari itu semua, kira-kira bagaimana tren crypto di tahun 2023? Apakah akan ada banyak hal positif yang mendominasi?

Untuk kamu yang ingin belajar crypto dan ingin tahu lebih tentang tren crypto 2023, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Regulasi Crypto yang Berkembang di Berbagai Negara

berkembangnya-regulasi-crypto
Source : Inside Bitcoins

Dilansir dari Finextra, tren crypto tahun 2023 ini, semua regulator crypto di seluruh dunia diharapkan untuk bisa bekerja sama dalam rangka memberikan framework peraturan dan pengawasan global yang jelas dan efektif untuk pasar crypto. Tanpa adanya koordinasi global, bahkan hukum lokal yang kuat pun tidak akan mampu menghentikan arbitrase cross-border regulatory dan potensi pelanggaran yang terjadi.

Lembaga-lembaga internasional seperti BIS, IMF, G7, G20, BIS, Bank Dunia, dan lainnya menyampaikan pesan bahwa kolaborasi regulasi internasional dan kerangka kerja regulasi yang kohesif sangat dibutuhkan.

Dilansir dari Cryptonews, penegakkan regulasi crypto dilakukan sebagai tanggapan langsung dari kejadian FTX yang pernah terjadi di tahun 2022. Akibatnya, pada tahun 2023, cenderung terlihat pengawasan aset digital cryptocurrency yang lebih besar, dengan peraturan pasar crypto yang lebih diperketat dan ditegakkan di yurisdiksi seluruh dunia.

Baca juga: 15 Daftar Aplikasi Crypto Terbaik dan Aman

Pertumbuhan Investasi Stablecoin

pertumbuhan-investasi-stablecoin
Source : cryptonews.com

Dilansir dari Cryptonews, berinvestasi dalam cryptocurrency akhir-akhir ini bisa terbilang sulit karena tren crypto 2023 diprediksi akan mengalami gejolak, yang artinya bisa terjadi penurunan dan kenaikan harga yang drastis. Oleh karena itu, tidak sedikit investor yang akan memilih stablecoin daripada koin crypto lainnya sebagai aset investasi di tahun 2023.

Mengapa stablecoin? Hal ini diprediksi karena akan semakin banyak investor yang mencari tempat berlindung, atau koin crypto yang aman dari pasar crypto yang fluktuatif.

Stablecoin dianggap lebih aman jika dibandingkan dengan aset crypto lainnya karena terkait dengan mata uang seperti dolar AS atau harga komoditas seperti emas. Tidak hanya itu, stablecoin juga menyimpan aset cadangan sebagai jaminan dan mengontrol pasokan dengan algoritma.

Perkembangan DeFi dan NFT yang Cepat

perkembangan-nft-dan-defi
Source : NFT News Pro

Menurut Finextra, tren crypto di tahun 2023 diprediksi bahwa pasar crypto seperti Decentralized Finance (DeFi) dan Non-Fungible Token (NFT) dapat bangkit kembali ketika peraturan baru yang lebih ketat diterapkan. Baik pasar DeFi dan NFT diharapkan untuk lebih berkembang dengan bantuan perkembangan inovatif, termasuk mengatasi masalah keamanan utama.

Kita akan melihat lebih banyak inovasi teknologi di pasar DeFi, yang mengarah ke aplikasi yang lebih kompleks dan menarik. Inovasi teknologi tersebut kemungkinan termasuk pembuatan aset digital baru dan sistem pembayaran online, termasuk token utilitas, saham digital, natural asset token, stablecoin, dan lain sebagainya.

Perkembangan infrastruktur baru akan terus berlanjut seperti adanya decentralized perpetual exchanges dan platform teregulasi yang menghubungkan keuangan tradisional Traditional Finance (TradFi) ke DeFi.

Sementara itu, NFT mulai mendapatkan popularitasnya sejak 2021. Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak pembicaraan tentang game crypto dan koleksi crypto dengan munculnya NFT. Dengan adanya aset baru ini, telah terjadi pergeseran dalam cara menggunakan aset yang dimiliki oleh para investor atau kolektor.

Tren crypto lainnya adalah bahwa NFT marketplace yang sebelumnya berada dibawah jaringan Ethereum, nantinya akan semakin banyak ada dalam jaringan yang berbeda. Akan ada semakin banyak platform berbasis blockchain yang memungkinkan para kolektor untuk memperdagangkan aset crypto mereka di pasar NFT.

Adopsi Crypto yang Semakin Meningkat

meningkatnya-adopsi-crypto
Source : Syracuse

Bagaimana prediksi crypto di tahun 2023? Dilansir dari Coingape, sejauh ini hanya ada sekitar 4% dari populasi global yang menggunakan produk atau layanan crypto dalam beberapa cara. Tahun 2023 diprediksi akan menjadi tahun dimana orang-orang biasa, para selebriti, hingga institusi mulai menggunakan dan mengadopsi crypto untuk berbagai tujuan, entah untuk berbisnis hingga menghasilkan pendapatan atau untuk mempromosikan sebuah produk.

Pada tahun 2023, tren crypto mungkin akan ada pergerakan lebih lanjut menuju adopsi teknologi Web 3.0 termasuk blockchain karena banyak orang akan mulai menyadari bahwa teknologi ini menawarkan banyak manfaat dibandingkan sistem tradisional seperti peningkatan keamanan dan transparansi, biaya yang lebih rendah, transaksi yang lebih cepat, dan ruang penyimpanan yang lebih efisien.

Bagaimana kira-kira nasib dan masa depan crypto di 2023 nanti? Simak video ulasan lengkap dari Pintu berikut ini. 

Baca juga: Apa Itu NFT Art? Contoh dan Cara Menjualnya

Teknologi Blockchain yang Semakin Berkembang dan Dikenal

berkembangnya-teknologi-blockchain
Source : Computer World

Dilansir dari Finextra, teknologi blockchain akan menunjukkan sejumlah tren menarik yang akan menentukan perkembangan masa depan crypto dan industri blockchain dan bagaimana teknologi ini berkembang di tahun-tahun mendatang?

Selama beberapa tahun terakhir, minat terhadap teknologi blockchain telah tumbuh dengan cepat, dengan peningkatan adopsi teknologi oleh berbagai pihak, yang dipicu oleh berbagai manfaat yang dapat diberikannya. Akibatnya, pasar blockchain diperkirakan akan semakin berkembang pada tahun 2023 dan seterusnya.

Adopsi sistem berbasis blockchain semakin menjadi standar baru di berbagai industri. Semakin banyak Industri di luar keuangan yang saat ini mencari solusi blockchain.

Blockchain semakin dipandang ideal untuk industri seperti keuangan, perdagangan internasional, asuransi, hukum, logistik, manajemen supply chain, perawatan kesehatan, asuransi, media dan e-commerce di mana pembayaran harus transparan, aman dan efisien.

Kesimpulan

Jika kita berbicara tentang masa depan crypto dan blockchain di tahun 2023, akan ada banyak kemungkinan yang terjadi akibat semua kejadian fenomenal di tahun 2022.

Contohnya seperti regulasi crypto yang semakin berkembang di berbagai negara, pertumbuhan investasi stablecoin, perkembangan DeFi dan NFT yang meningkat, adopsi crypto yang semakin meningkat oleh institusi hingga selebriti, dan teknologi blockchain yang semakin berkembang dan dikenal.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Podomoro Park Bandung dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download