Pinhome

Finansial

Cara Transfer Uang di ATM BRI dan Cek Tabungan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 2 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan penyedia jasa perbankan yang memiliki banyak layanan. Hal ini dilakukan guna memfasilitasi berbagai kebutuhan nasabah Bank BRI yang tersebar di berbagai penjuru tanah air. Salah satu cara supaya nasabah semakin mudah bertransaksi yaitu dengan tersedianya ATM BRI di banyak tempat.

Pinhome – Keberadaan mesin ATM merupakan hal penting bagi pengguna jasa keuangan ini. Mesin ATM memungkinkan nasabah untuk bisa bertransaksi secara mandiri tanpa harus datang ke kantor dan menemui teller bank. Berbagai macam kebutuhan perbankan bisa dilakukan melalui mesin ini tanpa batas waktu karena ATM buka setiap hari selama 24 jam.

Pins yang menggunakan jasa Bank BRI tentunya bisa memanfaatkan layanan ATM yang sudah tersedia. Sebagai nasabah, kamu bisa melakukan transaksi mendasar seperti cek saldo, tarik tunai, atau transfer. Selain itu, melalui ATM, nasabah juga bisa melakukan berbagai macam pembayaran tagihan.

Bagi kamu yang masih awam dalam penggunaan mesin ATM, di bawah ini merupakan langkah-langkah detail tentang cara pemakaiannya supaya Pins tidak salah dalam melakukan transaksi.

Berbagai Fitur di ATM

(The Guardian)

Terdapat berbagai transaksi keuangan yang bisa kamu lakukan melalui ATM. Pihak bank ingin memastikan bahwa mesin ATM memiliki banyak fungsi guna memenuhi kebutuhan nasabah. Harapannya, pengguna bisa melakukan transaksi sesuai keperluannya secara lebih mudah dan cepat.

Layanan yang paling umum digunakan oleh pengguna mesin ATM yaitu untuk penarikan tunai. Nasabah bisa mengambil uang di rekeningnya baik dengan atau tanpa kartu. Jumlah maksimal penarikan tunainya sendiri berbeda-beda tergantung bank dan jenis tabungan yang dipilih.

Selain itu, saat ini juga terdapat ATM Setor Tunai. Sesuai dengan namanya, ATM jenis ini memungkinkan nasabah untuk melakukan penyetoran uang tanpa harus memasukkannya melalui teller bank. Hal ini tentunya memudahkan nasabah karena kini pengguna bisa menabung tanpa repot.

Transaksi berikutnya yang bisa dilakukan melalui mesin ATM yaitu melakukan berbagai jenis pembayaran. Nasabah bisa memilih pembayaran yang perlu dilakukan baik itu tagihan biaya pendidikan, belanja, kartu kredit, listrik, dan lain sebagainya. Pengguna hanya perlu untuk mengikuti arahan yang tersedia lalu tagihan akan terbayar secara langsung.

Pengguna juga bisa memanfaatkan mesin ATM untuk memudahkan pengiriman uang. Nasabah hanya perlu mengetahui nomor rekening dan bank tujuan untuk melakukan transfer via ATM.

Bagaimana Cara Mengambil Uang di ATM BRI?

(Siajun)

Meskipun saat ini zaman sudah serba digital, terkadang seseorang masih memerlukan uang dalam bentuk fisik. Guna memenuhi kebutuhan ini, banyak tersedia mesin ATM yang bisa digunakan untuk penarikan uang tunai. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan tarikan tunai lewat ATM BRI.

  • Kunjungi ATM terdekat
  • Masukkan kartu debit ke tempat yang tersedia, biasanya terletak di sebelah kanan atau tengah mesin
  • Pilih bahasa pengantar sesuai dengan yang diperlukan
  • Masukkan PIN ATM sejumlah 6 digit, kamu bisa menutupi area tombol memasukkan angka-angka tersebut supaya lebih aman
  • Kamu bisa langsung memilih nominal uang yang ingin diambil dengan menekan tombol sesuai pilihan
  • Jika uang yang dibutuhkan tidak ada di pilihan, kamu bisa klik ‘Transaksi Lain’, lalu lanjutkan dengan ‘Penarikan Tunai’
  • Masukkan nominal yang diinginkan dan sesuaikan dengan uang yang dikeluarkan ATM. Misalnya, ATM hanya mengeluarkan uang pecahan Rp100.000, maka kamu tidak bisa memasukkan nominal Rp450.000 karena tidak ada Rp50.000 di mesin tersebut
  • Setelah proses penarikan selesai, kamu bisa langsung mengambil uang yang dikeluarkan. Jangan lupa untuk mengambil kartu ATM dari mesin

Lewat ATM Bisa Transfer dengan Mudah

(Cek BPJS)

Transfer merupakan salah satu jenis transaksi yang juga sering dipakai oleh nasabah. Melalui mesin ATM, pengguna bisa melakukan transfer secara mandiri baik untuk nomor rekening dari bank yang sama atau berbeda.

Perbedaannya terletak pada biaya administrasi yang akan diambil dari rekening pengirim. Transfer sesama bank tidak akan dikenai biaya tambahan. Sedangkan transfer ke bank lain akan dikenai biaya administrasi yang besarannya berbeda-beda.

Langkah-langkah untuk kedua jenis transaksi tersebut juga memiliki sedikit perbedaan. Kalau Pins ingin mengirimkan uang ke sesama rekening BRI, cara transfernya yaitu sebagai berikut.

  • Mengunjungi ATM terdekat
  • Masukkan kartu ATM ke slot yang tersedia. Pastikan Pins memasukkannya dengan benar
  • Memilih bahasa bisa Indonesia maupun Inggris sesuai dengan keinginan
  • Masukkan PIN yang berisi dari 6 angka. Jaga kerahasiaan nomor saat mengisikannya dengan menutupi tombol
  • Pilih ‘Transfer’ lalu klik tujuan transfer BRI
  • Ketikkan nomor rekening yang dituju
  • Masukkan nominal uang yang akan dikirim. Pastikan saldo di rekening milikmu cukup sebelum melakukan transfer
  • Menunggu konfirmasi
  • Layar mesin akan menampilkan nama penerima dan nominal uang yang akan dikirim. Apabila informasi tersebut sudah benar, bisa langsung klik ‘Ya’
  • Menunggu proses selesai yang ditunjukkan dengan keluarnya struk bukti transfer
  • Akhiri sesi penggunaan dan ambil kartu ATM dari mesin

Apabila kamu perlu mengirimkan uang ke rekening selain BRI, terdapat beberapa perbedaan dalam prosesnya. Langkah-langkah lebih detailnya yaitu sebagai berikut.

  • Datang ke ATM yang tersedia
  • Masukkan kartu ATM ke tempat yang telah disediakan
  • Pilih bahasa sesuai dengan keinginan
  • Memasukkan informasi PIN dan pastikan kamu menjaga kerahasiaannya
  • Menu akan muncul, lalu pilih ‘Transfer’
  • Masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan. Apabila kamu tidak mengetahui kode bank tujuan, bisa melihatnya di daftar kode bank yang ada di layar ATM
  • Masukkan jumlah uang yang perlu dikirim
  • Mesin akan menampilkan konfirmasi pengiriman berupa nama penerima dan nominal transfer
  • Klik ‘Ya’ untuk melanjutkan transaksi
  • Tunggu struk bukti transfer keluar, lalu akhiri transaksi, kemudian ambil kartu ATM dari mesin

Cek Saldo Tabungan BRI Bisa Lewat Banyak Cara

(Kawula)

Bank BRI menyediakan berbagai pilihan bagi nasabahnya yang ingin mengetahui jumlah tabungan di rekening miliknya. Cara yang pertama yaitu dengan mengunjungi ATM BRI di sekitar. Kemudian, masukkan kartu ATM dan PIN kamu. Setelah itu, klik ‘Informasi Saldo’ dan nominal tabunganmu akan tertera di layar.

Cara cek saldo yang kedua yaitu dengan memanfaatkan layanan SMS Banking. Jika kamu ingin memakai layanan ini, pastikan nomor teleponmu sudah terdaftar. Pengecekan saldonya bisa dilakukan dengan mengetik saldo <spasi> PIN ATM dan kirim ke 3300. Kamu akan menerima informasi sesuai dengan isi tabungan.

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan online dari Bank BRI berupa mobile banking dan internet banking. Setelah mengunduh  aplikasi, kamu akan diminta untuk masuk. Barulah kamu bisa melakukan cek saldo. Sedangkan bagi pengguna internet banking, haruslah mengakses https://ib.bri.co.id/ib-bri/ lalu login. Kamu kemudian bisa cek informasi tabungan melalui menu yang ada.

Ikuti langkah-langkah berbagai transaksi di atas supaya Pins tidak salah ketika menggunakan layanan Bank BRI secara mandiri!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel