49 Tools di Photoshop dan Fungsinya [Lengkap]

Diperbarui oleh Livina Hermawan ∙ November 14, 2022 ∙ 11 menit membaca

Photoshop merupakan salah satu software populer yang digunakan untuk membuat desain grafis atau editing foto dan gambar. Di dalamnya, kamu bisa menemukan berbagai fitur dan tools dari yang sederhana hingga yang rumit. Itu sebabnya, penting untuk mengetahui tools di Photoshop serta fungsinya masing-masing.

Seluruh tools di Photoshop bisa kamu temui pada Toolbar, mulai dari tools untuk membuat objek, memindahkan objek, memotong gambar, dan memperbaiki gambar, mengubah ukuran dan sebagainya.

Nah, bila Pins merupakan seorang pemula, yuk kenali bersama apa saja tools di Photoshop dan fungsinya yang perlu diketahui berikut ini!

Baca juga: Efek Edit Fotografer di Photoshop Agar Seperti Profesional

Mengenal Toolbar Photoshop

Toolbar Photoshop terletak di sepanjang kiri layar seperti gambar berikut. Secara default, toolbar muncul sebagai kolom tunggal yang panjang tapi bisa diperluas menjadi kolom ganda yang lebih pendek dengan mengklik tanda panah ganda di bagian atasnya. 

1. Tools Photoshop dan Fungsinya
2. Tools Photoshop dan Fungsinya

Layout Tools Photoshop

Sebelum mengenal satu per satu tools di Photoshop, Pins juga perlu bagaimana toolbar Photoshop itu diatur. Meskipun tampaknya tools tersebut terdaftar secara acak, sebenarnya ada urutan tertentu yang sudah dikelompokkan berdasarkan kategorinya.

Di bagian atas, Photoshop memiliki Move and Selection Tools. Dan tepat di bawahnya adalah Crop and Slice Tools, lalu Measurement Tools, dan terakhir Retouching and Painting Tool.

Selanjutnya ada Drawing and Type Tools dan terakhir Navigation tools di bagian bawah.

3. Tools Photoshop dan Fungsinya

Baca juga: Cara Mengedit Foto Di Instagram

Tools Photoshop Tersembunyi pada Toolbar

Setiap tools di toolbar diwakili oleh ikon dan bila di klik, masing-masingnya akan menyediakan berbagai tool yang berbeda dengan mengklik panah kecil di sudut kanan bawah ikon.

Untuk melihat tools tambahan, klik dan tahan ikon panah. Atau klik kanan (Win) / Control-klik (Mac) pada ikon. Lalu menu fly-out akan membuka daftar tools yang tersedia.

Misalnya, jika Pins mengklik dan menahan ikon Rectangular Marquee Tool, maka menu fly-out akan menunjukkan berbagai tools lainnya seperti Elliptical Marquee Tool, Single Row Marquee Tool, dan Single Column Marquee Tool yang telah dikelompokkan.

5. Tools Photoshop dan Fungsinya

Baca juga: 19 Aplikasi Edit Video PC Terbaik Tanpa Watermark

Default Tools Photoshop

Ikon tools yang awalnya ditampilkan di setiap toolbar dikenal sebagai default tool. Misalnya, Rectangular Marquee Tool adalah default tool yang berada di urutan kedua dari atas.

Namun, Photoshop tidak selalu menampilkan ikon default tools. Sebagai gantinya, mereka akan menampilkan ikon tools yang sedang digunakan.

Ambil conntoh misalnya saat Pins memilih Elliptical Marquee Tool dari menu fly-out, ikon Rectangular Marquee Tool tidak lagi ditampilkan di toolbar dan akan berubah menjadi ikon Elliptical Marquee Tool.

Untuk memilih Rectangular Marquee Tool pada tahap ini, Pins perlu mengklik dan menahan, atau klik kanan (Win) / Control-klik (Mac), pada ikon Elliptical Marquee Tool. Kemudian Pins bisa memilih Rectangular Marquee Tool dari menu fly-out.

Daftar Tools di Photoshop dan Fungsinya

Jadi sekarang kita telah mempelajari bagaimana kelompok dari masing-masing kategori di toolbar Photoshop, berikut ini ada daftar tools di Photoshop dan fungsinya yang bisa Pins pelajari. Penjelasan tools berikut ini akan dijelaskan berurutan dari atas ke bawah.

Tanda bintang (*) setelah nama tools menunjukkan default tools, dan huruf dalam kurung adalah shortcut keyboard untuk mengakses tools secara cepat. Untuk menelusuri tools dengan shortcut keyboard yang sama, Pins bisa tekan dan tahan Shift saat ketika menekan huruf tersebut.

Move and Selection Tools

Ikon Tools Nama Tools dan Fungsi
Move Tool * ( V )

 

Move Tool digunakan untuk memindahkan layer, seleksi, dan panduan dalam dokumen Photoshop. Bisa juga mengaktifkan “Auto-Select” secara otomatis saat memilih lapisan atau objek gambar yang dipilih.

Artboard Tool ( V )

 

Artboard Tool memungkinkan kamu mendesain beberapa web atau UX (user experience) dengan mudah untuk berbagai perangkat atau ukuran layar.

Rectangular Marquee Tool * ( M )

 

Rectangular Marquee Tool menarik garis seleksi persegi panjang. Tekan dan tahan Shift saat kamu menyeret untuk menggambar pilihan persegi.

Elliptical Marquee Tool ( M )

 

Elliptical Marquee Tool menarik garis seleksi elips. Tekan dan tahan Shift untuk menggambar pilihan dalam lingkaran sempurna.

Single Row Marquee Tool

 

Single Row Marquee Tool di Photoshop akan memilih satu baris piksel pada gambar dari kiri ke kanan.

Single Column Marquee Tool

 

Single Column Marquee Tool untuk memilih satu kolom piksel dari atas ke bawah.

Lasso Tool * ( L )

 

Lasso Tool dapat dipakai untuk menggambar garis seleksi bentuk bebas di sekitar objek.

Polygonal Lasso Tool ( L )

 

Klik di sekitar objek dengan Polygonal Lasso Tool untuk mengelilinginya dengan garis seleksi poligonal bermata lurus.

Magnetic Lasso Tool ( L )

 

Lasso Tool Magnetic untuk mengunci garis seleksi ke tepi objek saat kamu memindahkan kursor di sekitarnya.

Object Selection Tool * ( W )

 

Object Selection Tool memungkinkan kamu untuk memilih salah satu objek hanya dengan menyeret garis di sekitar objek.

Quick Selection Tool ( W )

 

Quick Selection Tool memungkinkan kamu memilih salah satu objek dengan brush. Bisa juga aktifkan “Auto-Enhance” di Options Bar untuk pilihan kualitas yang lebih baik.

Magic Wand Tool ( W )

 

Magic Wand Tool Photoshop berfungsi untuk memilih area dengan warna yang sama dengan satu kali klik. 

Crop & Slice Tools

Ikon ToolsNama Tools dan Fungsi
Crop Tool * ( C )

 

Crop Tool di Photoshop berfungsi untuk memotong gambar dan menghapus area yang tidak diinginkan. Pins bisa menghapus centang dengan klik “Delete Cropped Pixels” di Option Bar untuk memotong tanpa merusak gambar.

Perspective Crop Tool ( C )

 

Perspective Crop Tool merupakan tools di Photoshop untuk memotong gambar dan memperbaiki distorsi umum atau masalah perspektif.

Slice Tool ( C )

 

Slice Tool untuk membagi gambar atau layout menjadi bagian yang lebih kecil (irisan) yang dapat diekspor dan dioptimalkan secara terpisah.

Slice Select Tool ( C )

 

Slice Select Tool merupakan tools di Photoshop untuk memilih irisan objek yang dibuat dengan Slice Tool.

Frame Tool * ( K )

 

Frame Tool memungkinkan kamu menempatkan gambar ke dalam bentuk persegi panjang atau elips.

Measurement Tools

Ikon ToolsNama Tools dan Fungsi
Eyedropper Tool * ( I )

 

Eyedropper Tool Photoshop berfungsi untuk mengambil sampel warna dalam sebuah gambar. Tingkatkan “Ukuran Sampel” di Options Bar untuk representasi warna area sampel yang lebih baik.

3D Material Eyedropper Tool ( I )

 

3D Material Eyedropper Tool merupakan tools di Photoshop untuk mengambil sampel bahan dari model 3D di Photoshop.

Color Sampler Tool ( I )

 

Color Sampler Tool menampilkan nilai warna untuk area yang dipilih dalam gambar. 

Ruler Tool ( I )

 

Ruler Tool berfgunsi untuk mengukur jarak, lokasi, dan sudut. Biasa digunakan untuk memposisikan gambar dan elemen agar bisa tepat pada posisi yang diinginkan.

Note Tool ( I )

 

Note Tool memungkinkan kamu untuk melampirkan catatan berbasis teks ke dokumen Photoshop, baik untuk diri sendiri atau orang lain yang mengerjakan proyek yang sama. Catatan akan disimpan dalam bentuk format file PSD.

Count Tool ( I )

 

Count Tool untuk menghitung secara manual jumlah objek dalam gambar, atau agar Photoshop secara otomatis menghitung beberapa area yang dipilih dalam gambar.

Retouching dan Painting tools

Ikon ToolsNama Tools dan Fungsi
Spot Healing Brush Tool * ( J )

 

Spot Healing Brush di Photoshop berfungsi untuk menghilangkan noda dan daerah kecil lainnya dalam sebuah gambar. Gunakan ukuran kuas sedikit lebih besar dari noda untuk hasil terbaik.

Healing Brush Tool ( J )

 

Healing Brush memungkinkan kamu memperbaiki masalah daerah yang lebih besar dalam sebuah gambar dengan proses mengecat. Tahan Alt (Windows) / Option (Mac) dan klik untuk mengambil sampel tekstur yang baik, lalu cat pada daerah yang diinginkan.

Patch Tool ( J )

 

Dengan Patch Tool berfungsi untuk membuat garis seleksi di sekitar area yang bermasalah. Kemudian perbaiki dengan menyeret garis seleksi di atas area dengan tekstur yang lebih baik.

Content-Aware Move Tool ( J )

 

Content-Aware Move Tool digunakan untuk memilih dan memindahkan bagian dari gambar ke area yang berbeda. Photoshop secara otomatis mengisi lubang di tempat asli menggunakan elemen dari area sekitarnya.

Red Eye Tool ( J )

 

Red Eye Tool menghilangkan masalah mata merah yang umum pada foto yang dihasilkan dari lampu kilat kamera.

Brush Tool * ( B )

 

Brush Tool adalah alat lukisan utama Photoshop. Bisa digunakan untuk melukis sapuan kuas pada layer atau pada layer mask.

Pencil Tool ( B )

 

Pencil Tool adalah alat melukis Photoshop seperi pensil biasa digunakan untuk menggambar objek dengan hasil yang halus.

Color Replacement Tool ( B )

 

Color Replacement Tool di Photoshop untuk mengganti warna objek dengan warna yang berbeda dengan mudah.

Mixer Brush Tool ( B )

 

Mixer Brush di Photoshop dapat mensimulasikan elemen lukisan nyata seperti mencampur dan menggabungkan warna.

Clone Stamp Tool * ( S )

 

Clone Stamp Tool adalah fitur yang paling dasar dari retouching tool di Photoshop untuk membuat manipulasi objek dan menduplikasikannya ke gambar tujuan.

Pattern Stamp Tool ( S )

 

Pattern Stamp Tool untuk melukis pola di atas gambar.

History Brush Tool * ( Y )

 

History Brush Tool untuk melukis gambar atau foto Pins sebelumnya.

Art History Brush Tool ( Y )

 

Art History Brush juga melukis berbagai foto untuk melukis dengan berbagai macam efek kuas.

Eraser Tool * ( E )

 

Eraser Tool di Photoshop secara permanen akan menghapus piksel pada layer, juga dapat digunakan untuk melukis gambar atau objek Pins sebelumnya.

Background Eraser Tool ( E )

 

Background Eraser Tool berfungsi untuk menghapus area warna yang sama dalam sebuah gambar dengan mengecat atas mereka.

Magic Eraser Tool ( E )

 

Magic Wand Tool berfungsi untuk menghapus bagian tertentu pada objek secara permanen.

Gradient Tool * ( G )

 

Gradient Tool Photoshop berfungsi untuk memberikan campuran beberapa warna berbeda pada objek. 

Paint Bucket Tool ( G )

 

Paint Bucket Tool berguna untuk mengisi area dengan warna yang sama dengan warna Foreground atau pola yang kamu buat. 

3D Material Drop Tool ( G )

 

Digunakan dalam pemodelan 3D, tool memungkinkan kamu mengambil sampel bahan dari satu area dan memindahkannya ke area lain dari model, mesh atau 3D layer.

Blur Tool *

 

Blur Tool berfungsi untuk mengaburkan dan menghaluskan area pada objek atau gambar.

Sharpen Tool

 

Sharpen Tool berguna untuk mempertajam area yang kamu cat.

Smudge Tool

 

Smudge Tool di Photoshop berfungsi untuk mencoreng area yang diwarnai. Ini juga dapat digunakan untuk membuat efek lukisan jari.

Dodge Tool * ( O )

 

Dodge Tool digunakan untuk melukis area tertentu pada gambar dan mencerahkannya.
Burn Tool ( O )

 

Burn Tool berfungsi untuk menggelapkan area yang akan dicat.

Sponge Tool ( O )

 

Sponge Tool untuk menambahkan atau mengurangi saturasi warna gambar.

Drawing dan Type tools

Ikon Tools
Nama Tools dan Fungsi
Pen Tool * ( P )

 

Pen Tool Photoshop memungkinkan kamu menggambar path, bentuk vektor, atau pilihan yang sangat presisi.

Freeform Pen Tool ( P )

 

Freeform Pen Tool merupakan tools di Photoshop yang memungkinkan kamu menggambar path atau bentuk dengan tangan bebas.

Curvature Pen Tool ( P )

 

Curvature Pen Tool adalah versi sederhana dari Pen Tool. Baru tersedia pada Photoshop CC 2018.

Add Anchor Point Tool

 

Add Anchor Point Tool merupakan tools di Photoshop untuk menambahkan anchor point tambahan di sepanjang path.

Delete Anchor Point Tool

 

Delete Anchor Point Tool untuk menghapus titik sepanjang path yang dibuat.
Convert Point Tool

 

Pada sebuah path, Convert Point Tool berfungsi untuk mengubahnya menjadi titik sudut.

Horizontal Type Tool * ( T )

 

Horizontal Type Tool di Photoshop digunakan untuk menambahkan tulisan atau text dari kiri ke kanan.

Vertical Type Tool ( T )

 

Vertical Type Tool untuk menabahkan text dari atas ke bawah.
Vertical Type Mask Tool ( T )

 

Vertical Type Mask Tool berfungsi untuk memberi seleksi berbentuk teks secara vertikal

.
Horizontal Type Mask Tool ( T )

 

Horizontal Type Mask Tool berfungsi untuk memberikan seleksi berbentuk teks secara horizontal.

Path Selection Tool * ( A )

 

Gunakan Path Selection Tool (panah hitam) di Photoshop untuk memilih dan memindahkan seluruh path sekaligus.

Direct Selection Tool ( A ) 

 

Direct Selection Tool (panah putih) untuk memilih dan memindahkan segmen path individual, titik jangkar, atau arah.

Rectangle Tool * ( U )

 

Rectangle Tool menarik bentuk vektor persegi panjang, path atau bentuk piksel.

Rounded Rectangle Tool ( U )

 

Rounded Rectangle Tool mirip dengan Rectangle Tool tapi menarik bentuk dengan sudut membulat. 

Ellipse Tool ( U )

 

Ellipse Tool berfungsi untuk menarik bentuk vektor elips, path atau bentuk pixel.

Triangle Tool ( U )

 

Triangle Tool untuk menggambar bentuk segitiga. Tahan Shift untuk menggambar segitiga sama sisi atau gunakan opsi Radius untuk membulatkan sudut.

Polygon Tool ( U )

 

Polygon Tool digunakan untuk menarik bentuk poligonal. Gunakan opsi Star Ratio untuk mengubah poligon menjadi bintang.

Line Tool ( U )

 

Line Tool untuk menarik garis lurus atau panah. Gunakan warna dan bobot Stroke untuk mengontrol tampilan garis.

Custom Shape Tool ( U )

 

Memungkinkan kamu dalam memilih dan menggambar dalam bentuk khusus.

Navigation Tools Photoshop

Ikon ToolsNama Tools dan Fungsi
Hand Tool * ( H )

 

Memungkinkan kamu untuk mengklik dan drag gambar di sekitar di layar untuk melihat daerah yang berbeda ketika diperbesar.

Rotate View Tool ( R )

 

Rotate View Tool merupakan tools di Photoshop untuk memutar kanvas sehingga kamu dapat melihat dan mengedit gambar dari berbagai sudut.

Zoom Tool * ( Z )

 

Zoom Tool merupakan tools di Photoshop untuk memperbesar area tertentu. Tekan dan tahan Alt (Win) / Option (Mac) dan klik dengan Zoom Tool untuk memperkecil.

Nah, itu dia Pins penjelasan lengkap mengenai berbagai tools di Photoshop beserta fungsinya yang bisa kamu gunakan untuk mendesain gambar. Mengenali masing-masing tools sangat diperlukan untuk mempermudah pekerjaanmu. Selamat mencoba!

Editor: Sekar Ningtyas

Source feature image: Pexels


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Pahami Apa itu Token Crypto Serta Perbedaannya dengan Koin

Apa itu token crypto? Token satu ini merupakan aset digital yang sekarang ini tengah menjadi trend

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia