BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Tips Rumah Dekat Tower Sutet untuk Mengurangi Dampak Bahayanya
0
0

6 Tips Rumah Dekat Tower Sutet untuk Mengurangi Dampak Bahayanya

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 29, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
perbedaan air pam dan air sumurtop-right-banner

Dengan mengambil langkah perlindungan yang efektif untuk menciptakan lingkungan hunian yang lebih aman dan sehat. Penting bagi Pins untuk mengetahui tips rumah dekat tower sutet guna menghadapi kekhawatiran terkait dampak kesehatan dan lingkungan. 

Kalau Pins ingin memiliki hunian yang jauh dari tower SUTET, Pins bisa menelusuri perumahan di Tangerang Selatan seperti Kronjo Regency yang bagus untuk menjadi tempat tinggal untuk Pins dan keluarga.

Selain itu, ada rumah second di Tangerang yang memiliki lingkungan yang asri sehingga dapat memberikan kenyamanan untuk Pins. Melalui layanan Rumah Eksklusif ini Pins dapat dengan mudah mencari tahu informasi tentang hunian baru serta fasilitasnya.

Terkait rumah yang berada di dekat Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) memiliki fakta mengenai peningkatan paparan radiasi elektromagnetik dan risiko kesehatan jangka panjang.

Inilah ide menarik terkait tips rumah dekat tower SUTET yang harus Pins ketahui. Yuk, simak tips rumah dekat SUTET yang bermanfaat dibawah ini.

Baca juga: 10 Penyebab Utama Ketika Listrik Rumah Mati Sebagian

6 Tips Mengurangi Dampak Bahaya Untuk Rumah Dekat Tower Sutet

Source : Depositphotos

Berikut adalah tips rumah dekat tower yang bisa Pins lakukan untuk mencegah terjadinya masalah terkait kesehatan dan kerusakan lingkungan sekitar. Yuk, simak tips selengkapnya dibawah ini.

1. Mengikuti Peraturan Terkait Pendirian Rumah Dekat SUTET

Peraturan Menteri Nomor 18/2015 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Indonesia.

Dengan tujuan untuk mengatur tata cara pendirian Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dan menetapkan ketentuan mengenai ruang bebas serta jarak bebas minimum yang harus dipatuhi dalam pembangunan SUTET.

Peraturan ini memuat pedoman yang mengatur tata letak, jarak minimum, dan pembatasan area yang dapat digunakan di sekitar SUTET guna melindungi masyarakat dan lingkungan dari potensi bahaya paparan radiasi elektromagnetik. 

Jarak aman minimum antara samping rumah dengan SUTET ditetapkan sebesar 50 meter. Tips rumah dekat SUTET ini diharapkan dapat mengurangi potensi dampak negatif yang mungkin timbul akibat paparan radiasi elektromagnetik dari SUTET bagi masyarakat.

Baca juga: 4 Macam Daya Listrik Rumah yang Harus Kamu Ketahui

2. Perhatikan Tata Letak dan Material Jemuran

Source : RiauSky.com

Untuk membuat jemuran sebaiknya gunakan material yang memiliki risiko radiasi lebih rendah pada jemuran seperti tali atau kayu yang tidak memiliki sifat penghantar listrik. Tips rumah dekat tower sutet ini penting untuk mengurangi dampak radiasi elektromagnetik.

Jikalau Pins menggunakan jemuran dengan bahan logam, maka hal yang harus dilakukan dengan menempatkan jemuran di bawah pohon. Hal ini dapat membantu menciptakan lapisan perlindungan tambahan bagi Pins yang rumah berada di dekat Tower SUTET.

3. Melakukan Sistem Grounding

Sistem grounding merupakan hal penting dalam tips rumah dekat SUTET ( Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi ) dalam menjaga keamanan dan mencegah risiko yang terkait dengan paparan radiasi elektromagnetik. 

Grounding atau penghantar tanah adalah proses menghubungkan sistem listrik rumah dengan tanah untuk arus listrik yang tidak terduga ke tanah. Untuk mencegah terjadinya lonjakan tegangan yang dapat membahayakan keselamatan penghuni.

4. Penggunaan Material Atap dan Antena

Source : Tribun Jateng

Penting untuk memastikan bahwa rumah dilengkapi dengan plafon yang berfungsi sebagai perlindungan tambahan untuk mengurangi dampak paparan radiasi elektromagnetik dari SUTET. 

Dalam memilih material untuk atap rumah disarankan untuk menghindari penggunaan bahan logam yang dapat berperan sebagai penghantar listrik. Sebagai gantinya, lebih baik memilih genteng keramik, atap asbes, atau sirap yang tidak memiliki sifat penghantar listrik.

Perlu dihindari pula pemasangan antena dari seng karena mengingat material tersebut juga meningkatkan potensi paparan radiasi elektromagnetik. Dengan tips rumah dekat tower ini, dapat mengurangi dampak negatif bagi lingkungan.

5. Melakukan Penghijauan Sekitar Rumah

Melakukan penghijauan atau penanaman di sekitar depan rumah yang berada dekat dengan tower SUTET memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu mengurangi dampak negatif dari paparan radiasi elektromagnetik. 

Karena tanaman yang lebat dapat berfungsi sebagai penghalang alami yang menyerap sebagian besar radiasi elektromagnetik yang berasal dari tower SUTET. Sehingga mengurangi tingkat paparan radiasi yang masuk ke dalam rumah.

Penghijauan di sekitar rumah juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara dengan menyerap polutan dan zat kimia berbahaya, sehingga menciptakan lingkungan rumah yang lebih sehat dan segar bagi penghuninya.

Tips rumah dekat tower ini penting untuk dipertimbangkan karena melakukan penghijauan dapat membantu mengurangi dampak negatif dari paparan radiasi elektromagnetik serta menciptakan lingkungan yang lebih sehat 

Baca juga; 5 Penyebab Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa, Begini Solusinya!

6. Hindari Aktivitas Diluar Pada Malam Hari

Source : Harian Terbit

Menghindari aktivitas di luar rumah pada malam hari salah satu hal penting terkait tips rumah dekat tower mengurangi dampak paparan elektromagnetik. Hal ini disebabkan karena radiasi elektromagnetik cenderung menjadi lebih intens pada malam hari.

Karena intensitas paparan radiasi yang lebih tinggi, risiko potensial terhadap kesehatan manusia juga dapat meningkat seperti gangguan tidur, kelelahan, atau dampak neurologis lainnya. Maka dengan menghindari aktivitas di luar rumah risiko tersebut dapat dikurangi.

Dengan menerapkan tips rumah dekat tower dengan tepat maka Pins dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terhindar dari bahaya paparan radiasi elektromagnetik yang berasal dari tower SUTET. Semoga tips ini bermanfaat!

Baca juga: Biaya Instalasi Listrik Rumah Terbaru 2023

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kertamukti Sakti Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download