Pinhome

Tips menulis Daftar Pustaka dari internet yang tidak diketahui penulisnya

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 7 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Sejarah Negara Com – Siapa yang tidak mengenal Internet? Rasanya di jaman ini susah untuk mencari orang yang tidak tahu tentang Internet, minimal sudah pernah mendengarnya dari pembicaraan dengan orang lain. Perkembangan dunia Internet memang sangat luar biasa, hal ini dapat terjadi karena manfaat Internet sangatlah besar terutama untuk pembelajaran.

Salah satu bidang yang benar-benar diuntungkan dengan keberadaan Internet adalah dunia pendidikan. Internet layaknya sebuah perpustakaan 24 jam yang dapat diakses kapanpun dan di manapun. Para pelajar, mahasiswa bahkan guru dan dosen setiap hari banyak mencari sumber bacaan di Internet guna kegiatan pendidikan. Sayangnya belum semua individu tersebut memahami pentingnya cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet dengan benar.

Tips menulis Daftar Pustaka dari internet

Pentingnya Daftar Pustaka

Kebanyakan dari kita, apabila mencari artikel atau bahan bacaan dari Internet entah digunakan untuk menyelesakan tugas belajar atau demi kepentingan pribadi (misalnya menulis di blog) sering mengabaikan sumbernya. Bahkan tidak sedikit yang hanya copy paste (copas) sehingga seakan-akan hasil tulisan yang dibuat merupakan karya sendiri.

Sebetulnya hal tersebut termasuk pelanggaran hukum karena secara tidak langsung telah melakukan ‘pembajakan’. Laporan-laporan ilmiah mewajibkan kehadiran daftar pustaka agar tulisan yang dibuat dapat dipertanggungjawabkan.

Nah, menulis daftar pustaka dari Internet memang sudah tedapat contoh formatnya, hanya orang masih kesulitan untuk mencari sumber ‘asli’ dari sebuah bahan bacaan karena plagiator demikian marak di Internet.

Baca juga Contoh Tinjauan Pustaka sederhana

Tips menulis daftar pustaka

Agar kita tidak salah langkah mencari dan menulis daftar pustaka dari Internet maka ikutilah beberapa tips berikut ini:

1. Carilah sumber aslinya

Jika Anda menemukan sebuah artikel yang menarik atau bahan bacaan lain di Internet, kemudian ingin menjadikannya sebagai bahan rujukan maka carilah sumber aslinya. Tulislah di mesin cari atau Copyscape misalnya, kata, kalimat atau alamat url page tersebut jika kita menggunakan Copyscape.

Jika memang ditemukan beberapa artikel di tempat berbeda dengan isi sama persis maka secara logika tangal posting paling lamalah yang merupakan tulisan asli. Nah jadikanlah page dari website yang ditemukan tadi sebagai sumber daftar pustaka.

2. Simpanlah halaman website

Simpanlah halaman website yang dijadikan sumber daftar pustaka dalam flasdisk atau data storage lainnya, hal ini berguna untuk melihat tanggal saat kita mengakses website yang akan digunakan dalam format penulisan daftar pustaka dari sumber Internet.

3. Perhatikan website

Perhatikan untuk website yang selalu update, contohnya adalah Wikipedia. Boleh jadi hari ini kita membuka suatu page akan menjadi berbeda format isinya pada keesokan hari untuk page yang sama. Dengan langkah pada no 2, saat dibuka kembali maka kita akan mengetahui kapan modifikasi terakhir dari page tersebut. Modifikasi juga sangat diperlukan nantinya dalam menulis daftar pustaka dari Internet.

4. Format penulisan

Terakhir adalah format penulisan daftar pustaka. Terdapat beberapa cara menulis daftar pustaka dari Internet, sebenarnya itu semua tergantung dari masing-masing institusi yang membutuhkan. Misalnya penulisan daftar pustaka dari Internet di sebuah Universitas B dapat saja berbeda dengan sekolah A. berikut ini beberapa contoh format penulisan umum daftar pustaka dari Internet:

  • Nama penulis (jika tidak ada diisi anonym atau diberi garis bawah kosong) atau nama lembaga, tahun penerbitan atau modifikasi, judul, alamat url di Internet.
  • Nama penulis (jika tidak ada diberi garis bawah kosong), tahun penerbitan atau modifikasi, judul, jenis media, alamat url di Internet, tanggal langkap akses data tersebut.

Bisa saja contoh di atas sedikit berbeda dengan format menulis daftar pustaka dari Internet, di instutusi Anda. Sebaiknya, tanyakan secara jelas agar saat Anda mengerjakan tugas dari institusi tidak salah dalam menulis daftar pustaka dari Internet.

Baca juga Daftar Pustaka: Pengertian, Tata cara penulisan, dan 9 Contohnya di sini

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia