Pinhome

Uncategorized

Tips Mengusir Nyamuk dari Rumah Secara Alami

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Nyamuk merupakan binatang kecil yang biasanya menghisap darah manusia maupun hewan. Keberadaan nyamuk memang sangat mengganggu aktivitas, apalagi keberadaanya di dalam rumah. Nyamuk seringkali muncul pada siang dan malam hari. Tetapi Anda harus lebih waspada terhadap nyamuk yang muncul pada waktu siang hari, karena nyamuk tersebut merupakan jenis nyamuk aedes aegypti. Nyamuk jenis ini adalah nyamuk yang dapat menularkan demam berdarah.

Cara mengusir nyamuk-nyamuk tersebut dapat menggunakan obat anti nyamuk yang banyak dijual di pasaran. Bentuk dari obat nyamuk juga beragam, ada yang bentuknya spray, obat nyamuk bakar dan obat nyamuk elektrik. Sebaiknya penggunaan obat anti nyamuk tersebut dibatasi, karena kandungan bahan yang digunakan pada obat anti nyamuk berupa bahan-bahan kimia. Nah berikut ini ada beberapa tanaman alami yang dapat mengusir nyamuk dari dalam rumah Anda.

anti nyamuk
anti nyamuk

Zodia

Zat yang terkandung dalam zodia berupa evodiamine dan rutaecarpine yang tidak disukai nyamuk. Anda dapat menata tanaman zodia ini dalam pot dan tempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari juga sirkulasi udara yang baik agar tanaman tumbuh dengan subur.

Lavender

Lavender merupakan tanaman yang sudah terkenal dapat mengusir nyamuk. Lavender biasanya dimanfaatkan bunganya untuk pengusir nyamuk. Anda hanya perlu menggosokkan bunga lavender pada kulit. Aroma dari lavender yang tidak disukai nyamuk akan dapat menghindarkan kita dari gigitannya.

Geranium

Kandungan geranium yang berupa geraniol dan sitronelol akan membuat nyamuk tidak mau mendekat. Tanaman ini dapat ditempatkan di tempat yang terkena angin. Aroma geranium yang khas akan tercium apabila daun saling bergesekan dan hal itu membuat nyamuk tidak mau mendekat.

Serai

Seperti halnya geranium, serai juga mempunyai kandungan geraniol dan setronelol yang tidak disukai nyamuk. Minyak dari bahan serai dapat langsung disemprotkan ke kaset atau pada sapu, sehingga aroma serai dapat memenuhi ruangan di rumah Anda. Bahkan selain nyamuk, serangga dan juga ular tidak menyukai aroma serai ini.

Rosemary

Daun rosemary dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk, dengan menggosokkan daunnya kekulit nyamuk tidak akan mendekat.

Setelah mengetahui beberapa tanaman yang tidak disukai nyamun, ada cara alami lainnya yang dapat mengusir nyamuk, yaitu menggunakan daun sirih dan kapur barus. Namun Anda juga harus melakukan tindakan mencegah nyamuk, seperti tidak membiasakan menggantung pakaian terlalu banyak,menumpuk barang-barang di kamar, menambah pintu tambahan berupa pintu trails yang dapat digunakan untuk memasang kassa nyamuk dan menutup pintu dan jendela pada sore hari menjelang malam.

Itulah dia beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengusir nyamuk dari dalam rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mempraktekannya di rumah.

Tags :

Bagikan Artikel