Pinhome

Tips Properti

Tips Mendesain Rumah Idaman

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Memiliki rumah pribadi yang nyaman bagi semua penghuninya sangat diidam-idamkan setiap orang. Hanya saja untuk menciptakan desain rumah yang mampu mengakomodasi kebutuhan para penghuninya sekaligus memberikan suasana nyaman, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Sejumlah masalah yang biasanya dihadapi dalam mendesain rumah idaman antara lain:

Pertama, luas lahan yang terbatas. Luas lahan yang terbatas tentu menjadi masalah penting bila kelak rumah akan ditempati oleh sebuah keluarga dengan jumlah anggota yang banyak. Kedua, keterbatasan finansial. Kendala inilah yang sering dihadapi oleh setiap orang yang hendak mewujudkan rumah idaman mereka. Tantangannya adalah menyesuaikan konsep rumah indaman dengan anggaran yang tersedia. Ketiga, keterbatasan kreatifitas untuk menciptakan sebuah desain rumah yang menarik dan mampu memberikan kenyamanan. Keempat, kesulitan dalam memvisualkan desain rumah yang sedang direncanakan.

rumah idaman
Rumah Idaman : amazingpictureonline.blogspot.com

Untuk menyelesaikan masalah di atas, coba Anda pertimbangkan hal-hal berikut ini:

Pertama, ruangan dan furnitur multifungsi. Cobalah untuk menciptakan satu keselarasan antar setiap elemen interior rumah dengan ruangan yang digunakan. Anda bisa menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga. Untuk membedakan fungsi ruangan tersebut cukup dengan menggunakan partisi atau memberikan warna dinding yang berbeda. Demikian halnya dengan ruangan lain yang memungkinkan digabungkan. Ruang dapur bisa menyatu dengan ruang makan. Atau ruang makan menyatu dengan ruang keluarga. Untuk mendukung hal tersebut aplikasikan pula furnitur yang multifungsi.  Misalnya, meja makan atau meja keluarga yang dilengkapi dengan rak. Bisa juga dengan membuat rak TV yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan.

Kedua, keserasian. Pastikan warna dinding, lantai, maupun plafond rumah Anda serasi dengan furnitur dan gordein yang digunakan. Termasuk pula menyerasikan dengan warna kusen jendela dan pintu.

Ketiga, pencahayaan dan sirkulasi udara. Agar rumah Anda benar-benar memenuhi syarat kesehatan serta terlihat bersih, pastikan pencahayaan dan sirkulasi udara bisa berjalan secara optimal. Anda bisa menggunakan jendela dengan ukuran besar, memasang ventilasi pada dinding atas rumah serta membuat taman kecil dengan tanaman perdu di dalamnya. Kesan bersih dan rapi juga bisa tercipta dari ketepatan dalam menata interior rumah.

Tags :

Bagikan Artikel