BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Desain Kamar Tidur Multifungsi
0
0

10 Tips Desain Kamar Tidur Multifungsi

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 15, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
desain kamar tidur multifungsitop-right-banner

Sejak pandemi Covid 19, bekerja di rumah adalah hal yang sering Pins jumpai. Itulah kenapa penting membuat desain kamar tidur multifungsi yang tidak hanya sebagai tempat beristirahat. Melainkan juga bisa menjadi tempat untuk bekerja maupun belajar. Bagi Pins yang bekerja work from home atau bekerja di rumah. Lebih dari sebagian waktu Pins akan dihabiskan di dalam kamar. Agar kamar tidur menjadi tempat istirahat dan bekerja yang nyaman bagi Pins. Ikuti 10 tips desain kamar tidur multifungsi berikut ini agar bisa Pins terapkan di rumah.

Pins juga bisa menerapkan tips desain kamar tidur multifungsi ini di rumah yang akan Pins temukan di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Sebelum melakukan pembelian, Pins dapat menitipkan penjualan rumah Pins sebelumnya di titip jual sewa rumah agar rumah Pins di sekitar Bali Safari Marine Park dapat terjual dengan cepat.

Tips Desain Kamar Tidur Multifungsi

Kamar tidur merupakan salah satu unsur yang melengkapi suatu ruangan penting yang harus ada di dalam rumah. Kamar satu ini menjadi kebutuhan manusia dalam meremajakan tubuhnya dari segala aktivitas yang telah dijalankan sebelumnya. Kini, desain kamar tidur tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat saja, melainkan juga jadikan sebagai tempat untuk bekerja, belajar, menonton televisi, bermain game, dan hal lainnya yang dapat dilakukan di kamar tidur.

Saat bekerja tentunya kita membutuhkan suasana sekitar yang tentram, tenang, nyaman, dan menyenangkan. Pins dapat mewujudkan hal itu dengan menciptakan kamar multifungsi yang sesuai dengan selera Pins. Selanjutnya hal itu akan berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan yang kamu lakukan. Berikut ini kamu dapat menerapkan beberapa tips desain kamar tidur multifungsi:

1. Pelajari Ukuran Kamar Tidur

desain kamar tidur multifungsi
Source : Pexels

Penting untuk memahami dan mempelajari ukuran kamar tidur Pins. Bila ukuran kamar tidur Pins tidak terlalu luas, jangan memaksakan diri untuk memasukkan barang-barang yang tidak penting dan tidak sering digunakan ketika Pins sedang berada di kamar tidur.

Menumpuk barang yang tidak perlu atau jarang digunakan bukan hanya membuat kamar menjadi sempit. Namun akan ada debu ataupun kotoran yang menempel pada barang tersebut.

Baca juga: Tips Fengshui Desain Ruangan Kantor Direktur

2. Gunakan Furniture Multifungsi

desain kamar tidur multifungsi
Source : Pexels

Bila Pins ingin membuat desain kamar tidur multifungsi yang bisa pakai untuk bekerja ataupun ruang belajar. Pins harus membuat alat kerja seperti laptop, kertas, buku dan alat tulis tertata rapi. Kamu juga bisa menempatkan alat-alat tersebut pada lemari khusus. Gunakanlah furniture multifungsi seperti meja kerja yang bisa difungsikan untuk belajar. Gunakan juga meja penyimpanan yang bisa juga digunakan untuk meja rias.

Hal yang sama bisa Pins lakukan pada tempat tidur. Kolong tempat tidur bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Pins juga bisa menggunakan lemari maupun rak gantung agar bisa menghemat ruang.

Baca juga: Desain Kantor Kontainer dari Berbagai Negara dan Keuntungannya

3. Perhatikan Pencahayaan

desain kamar tidur multifungsi
Source : Pexels

Karena Pins membuat desain kamar tidur multifungsi di mana ada banyak aktivitas di sana, Pins harus bisa memperhatikan pencahayaan yang masuk. Misalkan pada saat Pins bekerja atau belajar, tentunya Pins membutuhkan pencahayaan yang terang. Sebaliknya ketika Pins tidur, tentunya membutuhkan pencahayaan yang lebih redup. Oleh karena itu, Pins disarankan menggunakan lampu dimmer yang gelap terangnya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Usahakan kamar tidur juga punya tempat masuk cahaya secara alami seperti jendela yang cukup besar. Sehingga ketika cuaca cerah di siang hari, Pins bisa mematikan lampu kamar dan membuka jendela agar cahaya matahari bisa masuk. Dengan begitu, kamar Pins tidak hanya mendapatkan cahaya yang cukup. Tetapi juga udara di dalam kamar berganti dan membuat kamar tidur menjadi lebih segar dan sehat.

Baca juga: 10 Langkah Sederhana Mewujudkan Kantor Ramah Lingkungan

4. Pilih Warna yang Tepat

desain kamar tidur multifungsi
Source : Pexels

Jangan lupa untuk memilih cat warna yang sesuai selera Pins. Pastikan warna dinding sesuai dengan lantai, furniture maupun gorden yang ada pada kamar tidur. Begitu pula jika Pins menambahkan hiasan dinding, pastikan ukurannya sesuai dengan besarnya kamar. Demikian halnya dengan bentuk dan warnanya, upayakan cocok dengan warna lantai, dinding, gorden serta furniture yang ada pada kamar tidur tersebut.

Dengan memilih warna yang sesuai selera, kamar tidur tidak hanya enak dilihat tetapi Pins juga akan semangat ketika melakukan aktivitas di dalam kamar.

5. Gunakan Ranjang Tingkat

Source : Pinhome

Tips kelima untuk menciptakan desain kamar tidur multifungsi adalah dengan menggunakan ranjang tingkat. Penggunaan ranjang tingkat akan menambahkan ruang di bagian bawahnya yang dapat kamu gunakan sebagai tempat meletakkan furniture berupa meja rias atau meja untuk belajar dan bekerja.

Selain itu, penggunaan ranjang tingkat akan membuat kamar kamu terlihat semakin unik dan luas. Ketahui juga keunggulan dan ide desain ranjang besi minimalis.

6. Aplikasikan Rak Dinding

Source : Pinhome

Di tips selanjutnya ini kamu dapat mengaplikasikan rak yang menempel di dinding kamar untuk menciptakan desain kamar tidur yang multifungsi. Penggunaan rak dinding akan membuat kamar kamu semakin tertata rapi dan berkesan minimalis. Rak dinding juga akan menyediakan tempat-tempat penyimpanan baru, sehingga barang-barang milik Pins tidak akan berantakan.

Kamu bisa menemukan desain rak dinding kayu unik aesthetic yang tepat untuk kamar kamu.

7. Tambahkan Tanaman Hijau

tanaman kaktus di depan rumah

Tips berikut ini dapat kamu terapkan di kamar kamu demi menciptakan desain kamar tidur yang multifungsi, yaitu penambahan unsur tanaman hijau di dalam kamar. Tanaman hijau akan menambah warna di dalam kamar kamu dan dapat juga membersihkan udara di kamar kamu loh!

Kamu dapat meletakkan tanaman-tanaman hijau di sudut kamar dengan tujuan mempercantik hiasan kamar kamu. Coba ikuti ide desain kamar tidur dengan tanaman agar indah dan asri.

8. Menggunakan Wardrobe Terbuka

Tips kedelapan dalam menciptakan ruang kamar yang multifungsi adalah dengan menggunakan wardrobe terbuka. Wardrobe terbuka ini adalah sebagai alternatif penggunaan lemari, jika di kamar kamu sudah terlalu banyak barang atau furniture.

Wujud wardrobe yang simpel akan menambah keestetikan kamar kamu, kamu juga dapat menempatkan wardrobe di mana pun, karena ukurannya tidak memakan tempat yang besar. Kamu dapat mengetahui desain lemari pakaian nempel dinding kamar minimalis.

9. Furniture yang Memiliki Hidden Storage

hidden storage
Source : Pinhome

Tips selanjutnya dalam menciptakan kamar tidur yang multifungsi adalah memilih ranjang tidur yang memiliki kabinet multifungsi di bawahnya. Kabinet multifungsi atau yang biasa disebut dengan hidden storage ini akan bermanfaat menambah ruang penyimpanan kamu.

Selain itu, hidden storage akan membuat kamar kamu menjadi lebih tertata rapi dan minimalis. Kamu dapat mengikuti ide model tempat tidur multifungsi hemat ruang.

10. Menggunakan Konsep Mezzanine

konsep kamar mezzanine
Source : Pinhome

Tips terakhir untuk menciptakan desain kamar tidur yang multifungsi adalah menerapkan konsep mezzanine di kamar kamu. Perlu untuk kamu ketahui, mezzanine adalah konsep penataan ruang yang memaksimalkan bagian ruangan yang mendekati langit-langit.

Salah satu contoh konsepnya adalah dengan penggunaan meja belajar yang menyatu dengan ranjang tempat kamu tidur. Peletakkan meja belajar berada di atas, lalu ranjang tidur berada di bawah, ataupun dapat berlaku sebaliknya. Kamu dapat mencoba mencari tahu desain kamar kost mezzanine yang luas untuk mencari inspirasi.

Itulah beberapa tips desain kamar tidur multifungsi yang nyaman dan sehat untuk Pins, jangan lupa untuk menerapkannya pada hunian kamu ya!

Baca juga:

Feature Source Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Nismara Harapan Indah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download