Pinhome

Tips Properti

Tips Mendesain Kamar Tidur Multifungsi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kamar tidur adalah tempat yang spesial untuk melepas kepenatan setelah seharian beraktifitas di luar rumah. Selain sebagai tempat beristirahat di rumah, bagi sebagian orang ada kalanya kamar tidur juga difungsikan sebagai tempat kerja serta tempat belajar.

Agar kamar tidur menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi Anda, berikut ini tips mendesain kamar tidur yang bisa Anda pertimbangkan:

kamar tidur multi fungsi
Kamar tidur multi fungsi : ucrit.net

Pertama, ukuran. Bila ukuran kamar tidur Anda tidak terlalu luas, jangan memaksakan diri untuk memasukkan barang-barang yang tidak penting dan tidak sering digunakan ketika Anda sedang berada di kamar tidur.

Kedua, furnitur multifungsi. Bila kamar tidur Anda difungsikan sebagai ruang kerja sekaligus ruang belajar, pastikan buku-buku maupun alat kerja semisal laptop, kertas, dan alat tulis tertata dengan rapi. Agar terlihat rapi, Anda bisa menempatkan alat-alat tersebut pada lemari khusus. Sesuaikan ukuran dan bentuk lemari itu dengan ukuran kamar. Ada baiknya Anda mendesain lemari multifungsi, yakni bisa digunakan sebagai meja kerja atau meja belajar sekaligus sebagai tempat penyimpanan dan meja rias.

Demikian halnya dengan tempat tidur. Agar kolong tempat tidur bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan, desainlah tempat tidur yang bagian bawahnya dilengkapi dengan rak atau lemari. Pastikan rak atau lemari tersebut bisa ditarik dengan mudah, yakni sebagaimana desain laci meja. Atau bisa pula Anda menggunakan lemari maupun rak gantung untuk mengefisienkan tempat.

Ketiga, pencahayaan. Karena ada lebih dari satu aktifitas yang harus Anda lakukan di kamar tidur, upayakan agar pencahayaan bisa diatur sesuai kebutuhan. Misalkan pada saat Anda bekerja atau belajar, tentunya Anda membutuhkan pencahayaan yang terang. Sebaliknya ketika Anda tidur, tentunya membutuhkan pencahayaan yang lebih redup. Oleh karena itu Anda disarankan menggunakan lampu dimmer yang gelap terangnya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.

Keempat, warna. Pilihlah warna sesuai dengan selera Anda. Pastikan warna dinding sesuai dengan lantai, furnitur maupun gordein yang ada pada kamar tidur Anda. Begitu pula jika Anda menambahkan hiasan dinding, pastikan ukurannya sesuai dengan besarnya kamar. Demikian halnya dengan bentuk dan warnanya, upayakan cocok dengan warna lantai, dinding, gordein serta furnitur yang ada pada kamar tidur tersebut.

Tags :

Bagikan Artikel