Tips Desain Kamar Tidur Sempit Agar Terasa Luas dan Nyaman - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tips Desain Kamar Tidur Sempit Agar Terasa Luas dan Nyaman

Tips Desain Kamar Tidur Sempit Agar Terasa Luas dan Nyaman

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 14 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Kamu punya kamar tidur sempit, dan bingung untuk menatanya? Jangan khawatir! Meski terbilang sempit, kamu tetap bisa menyulap kamar tidur yang nyaman dan terasa luas. Berikut ini beberapa tips untuk desain kamar tidur sempit sehingga terkesan lapang dan luas.

Baca juga: Menentukan Ukuran Kamar Tidur Ideal

Tips Desain Kamar Tidur Sempit

desain kamar tidur sempit
(Shutterstock)

Batasi Fungsi Kamar

Pertama, batasi fungsi kamar tidur. Karena ukurannya yang kecil, pastikan kamar tidur hanya digunakan untuk menjalankan fungsi utamanya, yakni sebagai tempat untuk beristirahat. Hindari menjadikan kamar tidur sebagai tempat bekerja, belajar maupun berolahraga.

Hindari Banyak Furnitur

Kedua, hindari pemasangan perabot dan barang-barang yang berlebihan. Hindari menaruh barang-barang yang tidak diperlukan ke dalam kamar tidurmu.

Jika kamu memaksakan hal ini, kamar tidur akan terasa semakin sempit dan terkesan berantakan. Ada baiknya kamu cukup menempatkan furnitur seperti lemari pakaian maupun rak ambalan dari papan ataupun kayu.

Baca juga: Tips Memilih Furnitur Kamar Tidur

Maksimalkan Tempat Penyimpanan

desain kamar tidur sempit
(Shutterstock)

Ketiga, maksimalkan tempat penyimpanan. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan furnitur multifungsi. Agar barang-barang di kamar bisa tersimpan dengan rapi, kamu bisa menggunakan kolong tempat tidur sebagai tempat penyimpanan.

Ada baiknya jika kamu mendesain tempat tidur yang dilengkapi dengan lemari atau rak di bagian kolongnya. Begitu pula dengan meja rias, pastikan dilengkapi dengan lemari.

Maksimalkan Pencahayaan

desain kamar tidur sempit
(Shutterstock)

Keempat, memaksimalkan pencahayaan. Untuk membuat kesan lapang dan luas, kamu bisa menambahkan cermin besar pada salah satu dinding kamar. Jangan lupa membuat jendela kamar berukuran besar sehingga sinar matahari bisa masuk memenuhi ruangan.

Keberadaan jendela ini juga bisa membantu sirkulasi bisa berjalan dengan optimal sehingga bisa mengurangi hawa panas di dalam ruangan. Dengan adanya jendela, kamu bisa menghemat penggunaan listrik khususnya pada siang hari. Kamar tidur pun menjadi lebih sehat.

Baca juga: Tips Desain Kamar Tidur Utama

Pemilihan Warna

Kelima, pemilihan warna. Pemilihan warna cat kamar tidur yang tepat bisa memberikan kesan kamar tidurmu terasa luas dan lega. Warna-warna yang dianjurkan antara lain warna-warna terang yang mendekati warna putih.

Bisa pula menggunakan warna-warna yang tegas seperti kuning dan biru. Kamu juga bisa mengkombinasikan warna-warna tersebut. Misalnya, warna putih dengan warna-warna lain. Jika menginginkan kesan mewah, kamu bisa memadukan warna biru atau merah.

Nah, itulah beberapa tips desain kamar tidur sempit. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, kamu bisa mewujudkan kamar tidur yang nyaman dan terasa luas merki memiliki ukuran sempit. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel