Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Perhatikan Hal-Hal Berikut untuk Mendesain Kamar Mandi yang Nyaman

Properti

Perhatikan Hal-Hal Berikut untuk Mendesain Kamar Mandi yang Nyaman

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kamar mandi adalah salah satu ruang privat yang sangat penting bagi penghuni rumah. Meskipun ukurannya relatif lebih kecil daripada ruangan lain yang ada di rumah, desain kamar mandi tidak boleh dikerjakan secara sembarangan. Bagaimana pun juga, penghuni rumah pastilah membutuhkan kenyamanan saat menggunakan kamar mandi tersebut.

Baca juga: 5 Aspek Terpenting Sebelum Renovasi Kamar Mandi

kamar mandi batu alam

Bila Anda hendak mendesain kamar mandi, pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Pertama, ukuran. Sesuaikan ukuran kamar mandi Anda dengan luas lahan yang tersedia. Bila rumah Anda berukuran besar, tak ada salahnya Anda membuat kamar mandi dengan ukuran yang relatif besar. Terlebih lagi bila Anda juga suka spa sendiri di rumah. Sebaliknya, jika rumah Anda berukuran mungil, ukuran kamar mandi pun harus menyesuaikan.

Baca juga: 8 Contoh Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah

Kedua, pencahayaan yang cukup. Agar kamar mandi Anda sehat, pastikan sinar matahari bisa menerobos masuk ke dalamnya. Anda bisa menggunakan beberapa genteng transparan maupun celah ventilasi yang berhadapan langsung dengan arah datangnya sinar matahari. Dengan cara ini, bakteri tidak bisa bertahan di hidup di dalamnya. Selain itu, Anda pun bisa menghemat penggunaan listrik.

Baca juga: Tips Desain Kamar Mandi, Mudah dan Nyaman!

Ketiga, sirkulasi udara. Agar kamar mandi tidak terlalu lembab dan tidak menimbulkan bau yang tidak diinginkan, pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Anda bisa membuat beberapa ventilasi kecil pada dinding bagian atas kamar mandi. Upayakan dinding kamar mandi yang terdapat ventilasi tersebut berhadapan langsung dengan bagian luar rumah sehingga udara luar bisa bebas ke luar masuk. Untuk membantu sirkulasi udara bisa berjalan optimal, lengkapi juga kamar mandi Anda dengan exhaust fan.

Baca juga: Ide Desain untuk Ukuran Kamar Mandi Minimalis Agar Terlihat Luas

Keempat, sekat. Bila Anda menggunakan kamar mandi basah dan kering sekaligus, berikan sekat untuk membedakan kedua area tersebut. Anda bisa menggunakan sekat yang terbuat dari fiber glass atau tirai plastik.

Kelima, aspek keamanan. Pastikan kamar mandi Anda selain nyaman juga aman digunakan. Jauhkan saluran listrik dari sumber air. Selain itu, pastikan pula lantai kamar mandi tidak licin sehingga tidak sampai membuat penggunanya terpeleset.

Keenam, kebersihan. Agar kamar mandi Anda selalu nyaman digunakan, bersihkan kamar mandi secara teratur. Bila perlu, gantungkan pengharum kamar mandi di dalamnya.

Baca juga:

Tags :

Bagikan Artikel