Pinhome

Tips Menarik Cara Menata Bunga di Depan Rumah Agar Sedap Dipandang

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri ∙ 9 June 2021 ∙ 7 menit membaca

Tampilan depan rumah menjadi hal utama yang amat penting dalam hal estetika hunian. Cat dinding rumah, bentuk bangunan, pagar, hingga tata letak tanaman merupakan unsur yang dapat membuat tampilan depan rumah semakin menarik. Tanaman sendiri bila tidak ditata dengan baik akan membuat suatu hunian seperti tidak terawat lho Pins! Untuk itu, Pinhome akan menyajikan tips menarik cara menata tanaman hias di teras rumah dan bunga di depan rumah agar tampilan depan hunian anda semakin sedap dipandang.

Pinhome – Sebagian orang mungkin senang dengan tanaman yang memenuhi teras depan rumah, tetapi ada pula yang menyukai kerapian dalam peletakan tanaman. Tanaman sendiri selain dapat membantu sirkulasi udara yang baik juga dapat menambah estetika pada hunian bila tahu cara peletakannya dengan benar.

Apalagi bila anda merupakan salah satu kolektor ataupun hobi dengan tanaman-tanaman cantik penghias hunian, pasti anda akan sangat senang menjaga dan merapikannya setiap saat. Di bawah ini ada beberapa tips menarik yang dapat anda gunakan sebagai cara menata bunga di depan rumah agar terlihat cantik dan segar. Simak yuk!

Baca Juga: 11 Tanaman Rambat Untuk Kanopi Yang Lebih Cantik

Baca Juga: Membangun Rumah Sangat Sederhana

Adaptasi Tema Greenhouse

(ArchDaily)

Bila anda merupakan salah satu penghuni yang hobi dengan tanaman hias. Anda bisa mengadaptasi rumah bergaya greenhouse. Teras anda dapat dibuat tertutup dengan pengaplikasian material baja galvanis pada dinding luar. Setelahnya anda bisa menaruh beberapa tanaman hias favorit secara digantung dengan cara acak. Cara menata tanaman hias di teras rumah ini bisa langsung Pins konsep sekarang, dan mulai persiapkan keperluan yang dibutuhkan.

Contohnya seperti pada rumah di atas. Seketika rumah anda akan menjadi kaya akan tanaman dan sejuk terlihat. Cara menata bunga di teras depan rumah seperti ini memang jarang dilakukan, tetapi bisa menjadi ide yang menarik untuk kalian yang mencintai keindahan hunian dengan banyaknya bunga di sekitarnya.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Dengan Benar Bagi Pemula

Multi Pot Rak Dinding Besi

(IKEA)

Rak dinding besi selanjutnya, ini merupakan material menarik yang sering digunakan sebagai penghias tanaman. Dengan penggunaan rak, bunga di rumah anda akan rapi seketika. Taruh di salah satu bagian dinding teras rumah dan lengkapi dengan perabot pendukung untuk membuat teras semakin nyaman dan menarik. 

Cara menata bunga di depan rumah dengan menggunakan rak juga bisa menjadi penolong lho Pins! Mengapa begitu? Hal tersebut dikarenakan tanaman akan berada pada sisi terbaik dan dipastikan rapi tanpa harus mengganggu perabot lainnya. Cara menata tanaman hias di teras rumah ini sepertinya menarik untuk dieksekusi ya Pins!

Sepeda Besi Tanaman

(home-designing)

Ingin membuat tampilan depan rumah lebih unik? Penggunaan rangka berbentuk sepeda besi dapat anda tempatkan dekat dengan pintu masuk. Ini menjadi salah satu cara unik dan menarik membuat tanaman hias anda menjadi pusat perhatian. Cocok sekali untuk anda yang menyukai tanaman hias tetapi tidak memerlukan dalam jumlah yang banyak. 

Sepeda besi tanaman ini juga bisa menjadi spot foto menarik dalam hunian lho Pins! Tertarik? Anda bisa memilih ragam warna sesuai selera yang dapat anda selaraskan dengan warna tampilan depan rumah. Cara menata bunga di depan rumah sederhana ini juga dapat dibentuk sesuai keinginan. Banyak pula jasa yang dapat membuat rak custom sesuai dengan preferensi anda.

Taman Dinding Minimalis

(Pinterest)

Tips menarik cara menata bunga di teras depan rumah selanjutnya mengandalkan dinding pada material utamanya. Anda bisa membuat satu bagian dinding kosong dalam teras dibuat tanaman merambat maupun taman dinding yang terkesan minimalis. Pins bisa mempergunakan pipa-pipa bekas yang diberi lubang, maupun rak serbaguna yang menyerupai taman dinding.

Cobalah tanaman hias yang kaya warna menarik seperti bunga pentas berwarna merah muda terang maupun kembang sepatu. Ini akan membuat tampilan depan rumah anda semakin menarik dan sedap dipandang. 

Perpaduan Jenis Tata Letak Tanaman Pada Teras

(House Beautiful)

Tidak harus semua tanaman hias menggunakan pot bunga klasik saja, ataupun rak bunga. Perpaduan beberapa tempat tanaman hias pada teras rumah juga dapat menjadi ide yang menarik. Cara menata bunga di teras depan rumah dengan perpaduan pot dan dinding taman juga bisa Pins aplikasikan. Pins bisa menempatkan di dekat pintu masuk untuk pot tanaman dan taman dinding di sekitar jendela rumah. Pilih juga beragam tanaman teras rumah dengan warna yang cantik, sehingga tidak hanya didominasi warna hijau saja.

Hal tersebut akan membuat rumah anda semakin asri dan sejuk terasa. Cobalah untuk memilih desain jendela dengan rangka besi ataupun bentuk yang mudah dibuka tutup, ini akan menambah kesejukan pula untuk ruang di dalam rumah.

Pilih Pot Minimalis yang Menarik

Poster Frame in living room Psd Mockup

Rumah minimalis memang minim akan barang. Rumah tersebut didesain simpel untuk mereka yang tidak menyukai perabot berlebih pada hunian. Namun, untuk anda yang menyukai tanaman hias, rumah minimalis pun dapat dibuat menarik dengan penambahan tanaman hias pada tampilan teras rumah. Anda hanya perlu memilih material dengan warna yang simpel seperti putih. 

Cara menata bunga di depan rumah sederhana minimalis bisa menggunakan pot minimalis yang tata letaknya tidak dibuat berdekatan satu dengan lainnya. Penghijauan di hunian pun diperlukan lho Pins! Jadi cobalah untuk merawat paling tidak satu sampai 3 jenis tanaman di rumah agar rumah lebih terlihat hidup dan sejuk.

Penggunaan Pot Bunga Besar

(Freepik)

Bagi anda ingin menambah estetika keindahan rumah dengan taman, tapi tidak ingin banyak merawatnya. Penggunaan pot besar dapat menjadi pilihan. Taruhlah satu pot besar dengan warna yang senada dengan tema rumah pada teras depan dan pilih tanaman yang cocok dengan pot besar tersebut. Pilihan tanaman hias terbaik dalam pot besar adalah Anthurium, sri rezeki, keladi ataupun ketapang biola. Cara menata bunga di teras depan rumah dengan menggunakan pot bunga besar cocok untuk anda yang tidak mau ribet. Tanaman teras rumah yang ditanam harus tetap dirawat ya Pins. Apa anda salah satunya?

Rak Tanaman Minimalis

(Pinterest)

Tips menarik lainnya dalam tata cara menata bunga di depan rumah sederhana adalah penggunaan rak berbahan kayu. Rak tersebut berguna untuk mengorganisasi tanaman hias pada tampilan depan yang dapat membuatnya terlihat rapi. Padu padankan jenis pot tanaman yang beragam pada rak sehingga akan semakin terlihat menarik. Untuk tanaman mungil yang cantik, Pins dapat memilih merawat tanaman hias jenis lidah buaya, dischidia geri, suplir, tanaman dolar dan masih banyak lagi.

Penggunaan Tanaman Gantung

(Shutterstock)

Penggunaan tempat tanaman jenis gantung adalah salah satu cara yang banyak dipilih penghuni dalam menghemat ruang di teras rumah. Cara menata bunga di depan rumah sederhana satu ini menjadi favorit para pecinta tanaman hias. Selain tanaman akan lebih aman terjaga dari buah hati maupun hewan-hewan liar seperti kucing dan tikus, tanaman gantung juga kaya akan nilai estetika yang tinggi. Tanaman teras rumah yang digantung juga sekaligus menjadi penghias dinding yang menawan.

Itulah beberapa tips menarik dari cara menata bunga di teras rumah agar terlihat indah dan sedap dipandang. Hal yang paling penting selain penataan adalah merawat bunga itu sendiri. Jangan lupa untuk rajin membersihkan, menyiram dan memberi pupuk pada tanaman ya Pins agar tidak cepat layu dan hilang estetikanya. Cara menata tanaman hias di teras rumah apa pun bisa kamu lakukan, yang penting kamu harus semangat menjalankannya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. 

Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Achlisia

Tags :

    Artikel Pilihan

    Finansial
    Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

    Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

    Berita Pinhome
    Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

    Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

    Finansial
    Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

    Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

    Properti
    Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

    Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

    Properti
    Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

    Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

    Artikel Terkini

    Properti
    Properti 10 Rekomendasi Perumahan di Tangerang

    Saat ini, Tangerang sudah mulai banyak digemari oleh penggiat properti, lho! Infrastrukturnya ya

    Properti
    Properti 3 Perumahan di Atas Mall yang Punya Daya Tarik

    Pernahkah Pins melihat bahwa ternyata terdapat sebuah perumahan eksklusif di atas pusat perbelanjaa

    Arsitektur & Desain
    Arsitektur & Desain 3 Inspirasi Denah rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola

    Bagi Pins yang beragama islam, tentu perlu untuk melaksanakan kewajiban keagamaannya seperti sholat

    Properti
    Properti 10 Perumahan Elit di Jakarta yang Super Mewah

    Bisa tinggal dalam rumah mewah tentunya menjadi mimpi bagi semua orang. Bagaimana tidak? Desain rum

    Berita Pinhome
    Berita Pinhome Untung Berkali-Kali Lipat dengan Membeli Rumah Impian #CumadiPinhome

    Memiliki rumah impian merupakan cita-cita banyak orang. Banyak cara dilakukan untuk menemukan rumah

    Ikuti Media Sosial Kami

    Pinhome Indonesia