Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Tips Memilih Sangkar Burung Cucak Hijau

Hobi

Tips Memilih Sangkar Burung Cucak Hijau

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Sangkar merupakan rumah tempat tinggal seekor burung, selain berfungsi sebagai tempat tinggal, sangkar juga manjadi alat yang digunakan burung untuk merawat bagian tubuhnya seperti menggosokkan paruh dan kukunya. Sangkar burung tersedia dari berbagai jenis bahan dan model. Maka dari itu Pins harus pintar memilih sangkar burung cucak hijau, agar burung peliharaan merasa nyaman.

Untuk sangkar burung cucak hijau biasanya banyak orang memilih yang berukuran lumayan besar. Sangkar yang dipilihpun berbeda-beda ada yang ukuran 40 x 40, 45x 45 dan lain sebagainya. Ukiran sangkar burung cucak hijau pun beragam mulai dari gaya dan desainnya bisa dipilih sesuai keinginaan. Contohnya dalam bentuk relief, datar dan cukit.

Tips Memilih Sangkar Burung Cucak Hijau

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti keamanan kandang dan jenis burung yang akan dipelihara. Sebab bentuk dan ukuran sangkar harus sesuai dengan jenis burung yang akan Pins pelihara.

Beberapa tips memilih kandang burung cucak hijau yang harus diperhatikan:

Karakater Burung

sumber: UD. Jalak Suren

Jika burung aktif bergerak, terbang, loncat-loncat dan suka mematuk. Pins harus memilih sangkar yang lebih besar dan kuat.

Material Sangkar Burung

sumber: Burungnya.com

Kalau burung berukuran kecil pilihlah yang terbuat dari bamboo, dan jika berukuran besar pilihlah bahan yang terbuat dari kawat.

Kekuatan Jeruji Pada Sangkar

sumber: Dunia Kicau

Kekuatan jeruji sangkar yang baik adalah agak lentur tetapi kuat, biasanya jerujinyaterbuat dari bamboo yang tua. Pilih batang jeruji yang tidak terlalu rapat atau longgar. Dan pastikan jerujinya telah dihaluskan sehingga tidak melukai burung.

Alas Sangkar Burung

sumber: Youtube

Pilihlah yang agak tebal dari papan kayu ataupun triplek yang mudah dilepas, pilih laci penampungan kotoran yang mudah dikeluarkan. Perhatikan jarak antara alas kotoran dan alas berpijak jangan terlalu dekat karena kurang baik bagi kesehatan burung.

Ranting untuk Burung Bertengger di Dalam Sangkar

sumber: UD. Jalak Suren

Ranting atau angkringan bertengger dari kayu yang kuat dengan ukuran tebal dan tidak mudah lapuk. Bila kandang besar, berilah tenggeran lebih dari satu, agar burung bisa berpindah tempat untuk berkicau. Pasang tangkringan secara horizontal dengan diameter sesuai kaki burung dan sediakan tempat pakan dan air.

Gantungan Sangkar

sumber: Batara Bayu

Gantungan kandang harus kuat dan kokoh agar saat burung menggantung tidak mudah copot dan jebol.

Pintu Sangkar Burung

sumber: Tokopedia

Pintu masuk harus cukup lebar yang posisi pintunya berada di tengah, bukan di bawah. Karena jika di bawah akan menyulitkan Pins saat burung akan dimandikan dan selain itu burung akan mudah lepas. Bila perlu, pilihlah sangkar yang pintunya dapat menutup sendiri untuk mencegah pemilik lupa saat menutup pintu.

Model Sangkar

sumber: Burungnya.com

Pemilihan model sangkar, menjadi hal yang penting karena bisa memunculkan karakter burung dan pemiliknya. Namun untuk sangkar harian sebaiknya yang biasa saja, usahakan memilih sangkar yang permukaannya halus dan kuat. Dan gunakan sangkar ukir yang mahal saat moment tertentu.

Corak dan Warna Sangkar

sumber: BL

Corak dan warna sangkar harus disesuaikan dengan warna burung peliharaan, jangan sampai warna burung yang indah tidak terlihat karena warna sangkar yang mencolok, sehingga mengurangi pandangan dalam menikmati keindahan burung kesayangan.

Untuk memilih sangkar burung cucak hijau, bisa dilihat dari karakter burung saat bertarung. Jika burung tersebut mainnya tenang maka sebaiknya gunakan tangkringan tunggal agar semakin nancap. Selain itu juga untuk menghindari kebiasan burung cucak hijau yang suka salto bisa dipasang 3 tangkringan.

Demikian artikel tentang kandang burung cucak hijau, semoga informasi ini bisa membantu dalam memilih sangkar burung yang tepat. Sekian, semoga bermanfaat ya Pins.

Baca Juga: Burung Trucukan yang Sudah Jadi


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel