BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Tips Memilih Posisi Rumah di Perumahan dengan Tepat
0
0

6 Tips Memilih Posisi Rumah di Perumahan dengan Tepat

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jun 18, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Kamu berencana membeli rumah di perumahan? Pertama, lihat tip dan saran ini untuk tips memilih posisi rumah di perumahan. Letak suatu rumah sangatlah penting karena secara tidak langsung dapat mempengaruhi kelayakan hidup penghuninya. Hal ini patut menjadi perhatian karena banyak calon pembeli yang sering mengabaikan lokasi rumahnya.

Letak rumah yang tepat juga menunjang berbagai hal, mulai dari kelancaran kehidupan sehari-hari hingga kesehatan Kamu. Dari segi investasi, harga jual rumah di lokasi strategis tidak pernah turun drastis. Menurut geomorfologi kuno seperti Feng Shui, lokasi rumah yang strategis bisa membawa keberuntungan. Sebagai panduan, simak tips kami dalam memilih lokasi rumah di kompleks apartemen Kamu berikutnya.

Tips Memilih Posisi Rumah di Perumahan

Berikut ini adalah tips untuk Kamu pilih posisi rumah di perumahan yang tepat!

1. Menghindari Rumah Tusuk Sate

Source : Pixabay

Tips memilih lokasi rumah yang baik yang pertama adalah menghindari rumah yang tertusuk. Rumah ludah adalah rumah yang dibangun di ujung persimpangan atau di ujung jalan lurus yang tidak berkelok. Hal ini erat kaitannya dengan mitos yang banyak diyakini masyarakat Indonesia.

Konon rumah yang meludah dapat mendatangkan sial bagi penghuninya, yang seringkali mengakibatkan buruknya kesehatan. Beberapa ahli feng shui mengatakan bahwa tusuk sate dapat mengusir energi baik yang masuk ke dalam rumah Kamu. Akibatnya, “qi” buruk menumpuk di dalam, berpotensi menimbulkan bencana.

Dalam mitos lain, rumah yang meludah dikatakan rentan terhadap ilmu hitam. Jika Kamu percaya pada takhayul outlet ini, Kamu harus menghindarinya demi menjaga keamanan keluarga Kamu. Selain mitos yang tersebar luas, Kushiya punya beberapa kelebihan, seperti kebebasan menentukan letak fasad rumah.

2. Mempertimbangkan Rumah Hook

Posisi hook adalah dengan rumah paling ujung dari pemukiman. Dalam posisi ini, rumah kait dinilai sangat strategis sehingga sering dijadikan sasaran. Posisi rumah hook mempunyai keunggulan tersendiri antara lain tapak yang lebih besar dibandingkan posisi rumah lainnya. Selain itu, lokasi ini juga dinilai strategis karena terletak di pinggir jalan sehingga cocok untuk investasi.

3. Perhatikanlah Arah Mata Angin

Source : Pixabay

Tips memilih rumah di komplek perumahan terdekat dengan memperhatikan arah angin dan posisi matahari. Dari sudut pKamung ini, sisi timur adalah lokasi terbaik untuk rumah. Jika rumahmu menghadap ke timur, kamu akan mendapat banyak sinar matahari langsung. Dibandingkan dengan rumah yang menghadap ke selatan, rumah ini hanya menerima sinar matahari langsung setelah jam 14.00.

Kamu dapat menghemat listrik dengan berjemur di bawah sinar matahari dalam waktu lama. Selain itu, rumah yang terkena sinar matahari dianggap lebih sehat.

Baca juga: 7 Tips Rumah Tropis dan Cara Menyiasatinya

4. Pilih Rumah Dekat Gerbang Perumahan

Tidak masalah apakah Kamu membeli apartemen di tengah kompleks atau di sudut kompleks. Namun sebaiknya rumah mudah dijangkau. Ciri-ciri rumah yang mudah dijangkau adalah letaknya yang tidak jauh dari gerbang apartemen. Selain aksesnya bagus, lokasi dekat gerbang juga bagus untuk bisnis. Sebaliknya, rumah yang dekat dengan gerbang kompleks perumahan memiliki harga jual yang lebih tinggi.

5. Dekat dengan Failitas Umum

Source : Pixabay

Tips lainnya dalam memilih lokasi rumah Kamu dalam pembangunan rumah adalah kedekatannya dengan fasilitas umum. Fasilitas umum sangat penting untuk kenyamanan dan kebutuhan sehari-hari. Contoh fasilitas umum yang berada di kawasan pemukiman antara lain taman dan masjid. Apalagi saat ini banyak pengembang yang mengembangkan perumahan di kawasan tersebut dengan menggabungkan konsep perumahan.

Wajar jika apartemen dengan konsep ini biasanya memiliki pertokoan, pertokoan, dan restoran. Hal ini tentu menjadi keuntungan jika Kamu memilih lokasi hunian yang dekat dengan kawasan komersial.

6. Aksesbilitas

Source : Pixabay

Berikutnya, letak rumah di dekat pintu masuk rumah menjadi pilihan yang baik. Rumah di lokasi ini akan memiliki akses yang mudah dari jalan utama sehingga memudahkan dalam berkeliling. Memiliki rumah yang mudah dijangkau, terutama di dekat gerbang depan, memudahkan Kamu keluar dan menerima tamu.

Selain kenyamanan, memiliki rumah yang dekat dengan pintu depan juga dapat bermanfaat dari sudut pKamung bisnis, terutama jika Kamu berencana menjalankan bisnis rumahan. Jika lokasi rumah Kamu strategis dekat dengan pintu gerbang, maka nilai jual rumah atau properti Kamu di masa depan juga akan lebih tinggi.

Itu dia beberapa tips memilih posisi rumah di perumahan yang bisa Pins coba. Dengan memperhatikan tips ini, Kamu dapat memilih posisi rumah yang ideal di perumahan dan menikmati kenyamanan serta keamanan jangka panjang.

Baca juga:

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

    Copied to clipboard
    bottom-sidebar-banner

    Properti Rekomendasi

      Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
      Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
        Rp 181 Juta
        Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
          Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
          Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

          Properti Eksklusif: Green Paradise City

          Parung Panjang, Kab. Bogor
            Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
            Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

            Properti Eksklusif: The Agathis

            Pancoran Mas, Kota Depok
            sticky banner
            sticky banner

            © www.pinhome.id

            Pinhome App

            Coba Aplikasi Pinhome

            Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
            Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

            iOS PCA DownloadAndroid PCA Download