BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Cara Memilih dan Pilihan Cat Rumah Minimalis Terbaru Paling Terkeren
0
0

10 Cara Memilih dan Pilihan Cat Rumah Minimalis Terbaru Paling Terkeren

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 17, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
pilihan cat rumah minimalistop-right-banner

Hai Pins, masih bingung untuk memilih warna cat tembok rumah yang bagus? Jangan khawatir! Kali ini Pinhome akan memberikan panduan bagaimana cara memilih dan beberapa pilihan cat rumah minimalis. Karena memilih cat merupakan suatu hal yang penting untuk sebuah rumah.

Perlu diingat, walaupun kesan minimalis lebih menekankan untuk memilih warna yang netral, bukan berarti hanya bisa memilih cat warna putih saja. Pins dapat mengkombinasikannya dengan warna lain yang akan membuat ruangan terlihat unik dan berbeda.

Baca juga:

Tips Memilih dan Berbagai Pilihan Cat Rumah Minimalis

Jika Pins salah memilih warna cat rumah, ini akan membuat suasana di rumah menjadi tidak menyenangkan bagi anggota keluarga. Yuk perhatikan beberapa tips dan trik dan pilihan cat rumah minimalis yang baik!

Gunakan Warna Palet yang Netral

pilihan cat rumah minimalis
Source : Arch Daily

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah, pilihlah warna cerah untuk ruangan yang sempit. Kenapa? Dengan tidak menggunakan banyak warna akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Dilansir Architectural Digest India, ruangan dengan palet netral cenderung terlihat bersih, rapi dan luas.

Jika ingin tahu, belilah cat ukuran sampel sesuai warna-warna yang dipilih. Selain untuk melihat mix and match dan saturation, penggunaan warna palet yang netral bisa dilakukan untuk menguji kualitas cat yang kamu miliki.

Baca juga:

Gunakan Warna Netral yang Cerah Untuk Ruangan Sempit

Source : Designcafe.com

Untuk memilih warna cat rumah pada ruang yang sempit, gunakanlah warna yang cerah. Pada dasarnya, memang tidak terlalu banyak warna yang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Penggunaan warna yang terlalu terang atau mencolok seperti merah cerah, biru tua gelap akan membuat ruangan menjadi lebih sempit.

Warna yang netral dan cerah dapat diaplikasikan untuk dinding ruangan rumah minimalis modern. Pins dapat menghindari kesan monoton dengan menggunakan dua warna yang sengaja ditabrakkan. Opsi lainnya, Pins juga dapat melakukan hal yang sama pada saat memilih warna cat untuk pilar rumah. Sedangkan untuk teras, warna cerah dan netral dapat dipercantik dengan bantuan batu alam.

Baca juga:

Buat Skema Warna dengan Color Wheels

pilihan cat rumah minimalis
Source : Homemadelovely.com

Pins belum begitu paham tentang teori warna? Jangan takut. Pins tidak perlu mempelajari tentang teori warna. Saat ini sudah banyak situs-situs yang menyediakan tentang color wheels. Atau, di toko-toko cat sudah disediakan color wheels dan menyediakan pilihan warna yang sesuai. Dengan color wheels, Pins akan tahu, bagaimana warna dapat saling berkomunikasi dan mempelajari dasar-dasar teori warna atau langkah untuk memilih warna cat rumah yang baik.

Baca juga:

Sesuaikan dengan Warna Perabotan

Source : Italianbark.com

Salah satu cara termudah untuk memilih warna cat interior rumah minimalis adalah senadakan dengan warna perabot. Mengutip dari The Spruce, bantal, tempat tidur, dan bahkan sprei atau taplak meja bisa digunakan untuk memilih ide warna cat yang akan digunakan.

Cara paling mudah adalah, bawalah kain sprei yang sering digunakan atau sarung bantal, kain sprei ke toko cat, agar bisa memilih warna yang sesuai dengan perabotan.

Jika ingin menggunakan aksen, gunakan aksesoris ruangan yang bisa menjadi trik untuk meramaikan suasana. Walaupun warna pilihan cat rumah minimalis hanya warna-warna dasar seperti putih atau krem.

Baca juga:

Manfaatkan Pencahayaan

pilihan cat rumah minimalis
Source : Decoist

Meskipun Pins hanya ingin menggunakan warna putih di dinding, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Pins bisa memanfaatkan warna alami sebagai solusinya. Jika kita sedang mengecat tembok, kita selalu diminta untuk menunggu 24 jam sebelum membuat keputusan apakah akan merubah warna atau meneruskannya.

Saat pagi hari, siang hari, maupun malam hari bisa menjadi opsi terbaik untuk memikirkannya. Berdasarkan hal ini, sesuaikan warna dan pencahayaan serta rencana peletakan barang di masing-masing ruangan, contohnya letak jendela atau ventilasi, atau tempat tidur yang akan dipasang.

Baca juga:

Gunakan Kombinasi Warna Gelap

Source : Pinterest

Pins sering melihat rumah atau cafe kekinian dengan tipe minimalis yang catnya berwarna putih dan hitam? Ternyata, selain putih, menggunakan warna hitam atau warna gelap di rumah minimalis adalah kombinasi yang tepat, karena warna hitam atau warna gelap akan memperkuat desain rumahmu, Pins.

Jadi jangan takut menggunakan tone gelap untuk pilihan cat rumah minamalis, Pins! Tapi pilih-pilih lagi ya, jangan sampai menggunakan warna-warna gelap yang terlalu mencolok, supaya rumahmu tetap terlihat minimalis.

Kamu juga bisa menambahkan furniture dengan warna senada untuk mempercantik rumahmu. Salah satu warna yang bisa Pins coba adalah warna biru navy yang langsung menyulap ruangan menjadi lebih elegan.

Gunakan 2 Atau 3 Warna Saja

pilihan cat rumah minimalis
Source : Archi.ge

Walaupun ini bukan merupakan aturan tetap, namun jika Pins ingin rumah yang terkesan simpel, usahakan menggunakan warna dengan tepat. Jangan gunakan terlalu banyak warna.

Pilih 2 atau 3 warna untuk mengecat rumahmu supaya rumahmu tetap terlihat minimalis namun tidak membosankan. Pins bisa pilih warna kontras lain untuk pintu, jendela, atau dekorasi lain di rumahmu supaya rumah lebih menarik dan memiliki detail. Diskusikan warna dan cara memilih cat rumah dengan pasangan atau keluargamu.

Baca juga:

Gunakan Warna yang Khas Berkarakter Tetapi Lembut

Source : Housing.com

Biasanya, warna ini bisa didapat dari nuansa alam yang membuat bangunan rumah terlihat lebih cantik dan atraktif. Sekarang, ada banyak jenis warna alam yang dapat dijadikan pilihan penghias rumah minimalis modern.

Pilihlah cat rumah minimalis yang cocok dengan desain rumah Pins. Sebenarnya, pilihan cat rumah minimalis dengan warna netral dan cerah dapat digunakan sebagai pilihan warna untuk bagian-bagian rumah minimalis modern yang lain. Hanya saja, cat interior bisa dibuat lebih berkesan personal dengan membedakan warna untuk beberapa ruangan.

Gunakan Warna yang Tepat untuk Dapur

Source : Rohome

Pilihan cat rumah minimalis juga penting untuk dapur. Bagian dapur dapat dicat dengan warna-warna turunan hijau atau warna-warna turuna lain yang Pins sukai. Cara ini akan memberikan kesan yang lebih segar pada bagian dapur. Tentunya, suasana nyaman akan membuat aktivitas memasak lebih mengesankan.

Baca juga:

Gunakan Warna Pastel untuk Kamar Tidur

Source : Lushome.com

Sementara itu, ruang tidur dapat dicat dengan warna-warna pastel untuk menghasilkan efek tenang dan rileks. Hal yang paling penting dalam pemilihan warna turunan adalah keselarasan atau kesesuainan dengan warna keseluruhan rumah dengan warna ruangan yang lainnya. Sehingga, rumah minimalis modern Pins akan terlihat lebih cantik tanpa ada warna yang merusak komposisi dan konsep minimalis yang ada.

Nah Pins, pada intinya, jangan malas bereksperimen dan sering berdiskusi dengan pihak-pihak yang membantu membangun rumah dan anggota keluarga. Karena pada dasarnya warna akan menentukan suasana di rumah.

Diskusikan warna dan langkah memilih warna cat rumah dengan pasangan atau keluargamu, cek toko cat, dan cari inspirasi di internet. Terdapat banyak tips dan panduan untuk pilihan cat rumah minimalis, akan tetapi pilihlah yang sesuai dengan selera Pins.

Baca juga:

Featured Image Source: Hommes Studio

Editor: Voni Sri


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download