Pinhome

Tips Properti

Tips Memilih Baja Ringan Untuk Rangka Atap Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 21 April 2020 ∙ 4 menit membaca

Dalam membuat bangunan rumah, memilih bahan atap merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk melindungi penghuninya, Pins. Material rangka atap yang berkualitas baik mampu menyangga atap dengan kuat dan kokoh, salah satunya dengan Baja Ringan. Maka dari itu Pins harus paham tips memilih atap baja ringan.

Pinhome – Atap baja ringan merupakan penemuan terbaru di bidang pembangunan rumah yang digadang-gadang mengalahkan keunggulan atap kayu maupun atap baja konvensional.

Kelebihan utamanya adalah baja ringan beratnya tidak sampai 10kg per m2. Karena ringan, atap baja ringan lebih mudah dipasang. Selain itu baja ringan memiliki sistem sambungan yang cukup mudah. Keunggulan lainnya adalah atap baja ringan lebih tahan lama karena tidak berkarat dan tahan menghadapi cuaca ekstrim dibanding atap kayu yang bisa keropos atau baja konvensional yang sering berkarat.

Pada artikel kali ini, Pinhome akan membahas mengenai mengapa kamu harus memilih baja ringan dan tips memilih baja ringan.

Sesuaikan Rangka Baja Ringan dengan Jenis Atap

Kelebihan yang didapat ketika menggunakan baja ringan adalah Pins bisa menyesuaikan dengan berbagai jenis atap apapun. Selain itu material baja ringan tidak terlalu berat sehingga memudahkan pekerja untuk melakukan pemasangan.

Namun Pins jangan asal memilih baja ringan begitu saja, Pins harus tetap menyesuaikan ketebalan baja ringan dengan beban yang akan dipasang di atasnya. Tips: buatlah jarak yang cukup rapat ketika memasang, pada umumnya jarak kerenggangan yang baik adalah sekitar 150 cm (1.5 meter), tujuannya adalah agar baja ringan bisa menopang atap dengan kuat.

Sesuaikan Rangka Baja Ringan dengan Jenis Penutup Atap

Selain menyesuaikan dengan jenis atap, Pins harus mempertimbangkan juga bahan penutup atapnya. Jenis penutup atap ini bisa Pins pilih sesuai keinginan. Tidak semua konstruksi material menggunakan penutup dari bahan logam. Pins bisa menggunakan atap rumah seperti genteng, keramik, asbes, kaca, maupun beton. Tetapi apabila penutup atap yang dipilih memiliki bobot yang cukup berat, maka Pins harus memilih baja ringan yang berkekuatan paling bagus ya.

Memilih Kualitas Baja Ringan

Kebanyakan orang belum mengetahui standar kualitas material baja ringan seperti apa yang bagus. Nah, bagaimana dengan kamu Pins, apakah kamu sudah tahu? Banyak sekali jenis baja ringan yang terdapat pada pasar saat ini, namun jangan sampai Pins salah dalam memilih baja ringan yang tepat. Salah satu kualitas dari baja ringan dapat dilihat dari standar nilai tegangan tarikan, agar baja ringan kokoh menopang atap. Nilai tegangan tarikan yang dimiliki baja ringan yang baik ialah setidaknya 550 Mpa.

Hal tersebut akan berdampak pada kekuatan baja ringan, karena jika nilai tegangan tarikan lebih kecil berarti baja ringan tersebut memiliki tarikan yang akan semakin rendah pula. Tidak hanya itu saja, Pins, nilai SAE dari sebuah baja ringan merupakan faktor yang penting untuk mengetahui tingkat kualitas baja ringan. Apabila baja ringan memiliki nilai material dengan SAR Grade 980 artinya baja ringan tersebut memiliki uji kualitas yang baik. Tips lainnya adalah Pins juga harus mengetahui lapisan anti karat yang ada. Jenis yang paling baik ialah galvalum karena ketahannya terhadap karat.

Perhatikan Sistem Penguatnya

Karena baja ringan lebih tipis dibandingkan dengan bahan lainnya, material ini sangatlah fleksibel dan dapat disesuaikan dengan berbagai macam bentuk atap, Pins. Baja ringan dikenal dengan materialnya yang bagus karena kuat dan kokoh, tetapi Pins tetap harus memperhatikan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.

Bisa saja baja ringan akan jadi melengkung atau roboh apabila pemasangan yang dilakukan kurang sesuai. Oleh sebab itu, jumlah dari tiang penyangga yang akan digunakan juga penting untuk diperhatikan untuk meminimalisir resiko ambruk yang akan terjadi. Konsultasikan dengan pembuat rumah ya Pins.

Pilihlah Baja Ringan yang Bergaransi

Salah satu faktor penentu apakah baja ringan tersebut memiliki kualitas yang baik atau tidak adalah dengan adanya garansi yang diberikan, Pins. Pastikan juga bahwa ketahanan baja ringan telah lulus uji coba sesuai dengan nilai tegangan tarikan. Karena ciri suatu produk yang berkualitas adalah memiliki garansi. Pastikan baja ringan yang kamu pilih sudah ada garansi ya, Pins.

Baca juga Bangun Rumah Dengan Atap Baja Ringan? Pelajari Harga Baja Ringan

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih baja ringan untuk rangka atap rumah yang berkualitas. Semoga bermanfaat ya!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel