Pinhome

Tips Properti

Tips Membuat Desain Ruang Kerja di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Dewasa ini bekerja di rumah merupakan hal biasa, contohnya para profesional seperti arsitek, pengacara, dokter, blogger dan macam-macam profesi lain yang meungkinkan untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah. Para karyawan juga terkadang membawa pulang tugas kerja untuk diselesaikan di rumah. Kondisi ini tentu membutuhkan ruangan khusus yang didesain dengan bagus agar aktifitas kerja dapat berjalan dengan baik. Adapun hal-hal yang sebaiknya diperhatikan dalam membuat desain ruang kerja di rumah antara lain sebagai berikut

Tips membuat desain ruang kerja di rumah

  1. Pencahayaan yang cukup, ruang kerja yang terlalu gelap akan mengurangi produktifitas karena ada kemungkinan besar untuk mengantuk.
  2. Sebisa mungkin mendapat sinar matahari secara langsung, hal ini untuk mengurangi penggunaan listrik sekaligus menjaga kelembaban ruangan agar benih-benih kuman tidak sempat berkembang biak.
  3. Sirkulasi udara yang baik, ruang kerja sebaiknya terdapat jendela atau lobang ventilasi sebagai tempat lalu lintas udara bersih masuk dan keluar ruangan.
  4. Pemadangan yang bagus, jika ada sisi yang memungkinkan untuk melihat pemandangan alam secara langsung maka bisa ditaruh jendela pada sisi dinding tersebut.
  5. Ruangan tidak terlalu bising, jika rumah terletak disamping jalan raya dengan lalu lintas kendaraan padat maka bisa membangun dinding tebal disertai material pelapis yang mampu meredam suara dari luar.
  6. Dekat dengan fasilitas kamar mandi atau WC namun tetap terjaga kebersihanya sehingga tidak bau saat bekerja.
  7. Jika ada anggota keluarga yang tergolong masih anak-anak maka perlu diatur sedemikian rupa agar aktifitas bermain anak tetap dapat berjalan dengan baik namun tidak mengganggu kegiatan bekerja di rumah.
  8. Menggunakan material bangunan alami yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga kesehatan anggota keluarga tetap terjaga dengan baik.
  9. Penataan furniture juga perlu didesain sedemikian rupa agar efisien, rapi dan mendukung semangat dalam bekerja.
  10. Ketinggian plafond yang cukup, minimal 2,8m agar ruangan tidak terasa panas. Sehingga diharapkan dapat mengurangi penggunaan AC.
  11. Hiasan dinding yang sesuai dengan tema pekerjaan, contohnya jenis pekerjaan perbankan akan lebih baik jika memasang lukisan bunga.
  12. Mengatur perletakan instalasi listrik dengan rapi dan aman dari bahaya konsleting. Menghindari adanya kabel yang terpasang berantakan. Jika lokasi meja berada ditengah ruangan maka bisa menggunakan floor dak sebagai tempat memasang stop kontak dibawah lantai.

Demikian hal-hal yang sebaiknya dipikirkan ketika membuat desain ruang kerja yang menyatu dengan rumah tinggal. Semoga dapat terwujud ruang kerja terbaik yang dapat memberikan kenyamanan dalam berkarya.

Tags :

Bagikan Artikel