Pinhome

Tips Properti

Tips Membangun Rumah Secara Efisien

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Bisa memiliki rumah sendiri adalah suatu kebanggaan tersendiri apalagi jika kita dapat menerapkan beberapa tips membangun rumah secara efisien, mempunyai rumah merupakan salah satu pencapaian yang diinginkan setiap orang dikala mereka telah memutuskan untuk memasuki bahtera pernikahan dan memiliki buah hati. Akan tetapi, tidak semua orang seberuntung itu. Ada kalanya biaya pembangunan menjadi persoalan yang cukup pelik dan ada kalanya mereka terjebak dengan berbagai macam ketakutan yang membuat urung untuk memiliki rumah yang diimpikan. Jika ini adalah persoalan yang anda alami, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar bisa mewujudkan rencana memiliki rumah impian tersebut. Dalam artikel ini akan dikupas habis-habisan rahasia sukses untuk memiliki rumah yang diimpikan.

Solusi untuk Memiliki Rumah Impian

Rencanakan Blue Print atau rancangan rumah yang anda impikan, ini sangat penting sekali untuk membuat anda tetap konsisten kepada konsep rumah impian saat pelaksanaan proyek tersebut. Terkadang kita merasa kurang percaya diri dengan desain rumah yang kita buat, itu wajar saja. Yang terpenting adalah bagaimana kita menuangkan konsep ide yang ada di kepala untuk dituangkan di atas kertas. Dengan cara sederhana ini, anda bisa membuat langkah yang lebih besar dan riil.

Pembuatan desain rumah impian tersebut memang agak sulit, namun anda bisa menggunakan sebuah software seperti Visio Technical dan AutoCAD. Software ini sangat efektif untuk membantu anda untuk lebih mudah dalam pembuatan desain yang menarik. Sebelum ditunjukkan kepada pekerja bangunan atau kontraktor, sebaiknya anda berdiskusi dulu dengan anggota keluarga agar bisa menemukan desain gambar yang tepat. Jika sudah ada kesepakatan bersama, inilah saatnya untuk berdiskusi dengan salah satu pekerja bangunan tersebut.

Jika belum yakin dengan hasil rancangan anda, berkonsultasi dulu dengan arsitek bisa sangat membantu. Barangkali ada saran ataupun perbaikan yang dibutuhkan demi kelancaran proyek pembangunan dan keberhasilan dalam memiliki rumah yang diinginkan. Setiap orang ingin memiliki rumah yang bisa bertahan hingga sampai anak cucu, sehingga selalu perhatikan kualitas bahan material agar selalu yang terbaik. Untuk masalah harga, anda bisa mencari di toko- toko atau hypermart yang bergerak di bidang bahan bangunan untuk memperoleh harga diskon.

Di Indonesia, kesepakatan antara pekerja bangunan dan pemilik bangunan sering hanya sekedar akad yang disampaikan melalui verbal dan tidak melalui tulisan, mereka cenderung saling percaya satu sama lain tanpa harus mengeluarkan surat perjanjian. Ini adalah hal yang kurang tepat sebab tidak ada kekuatan hukum yang dapat melindungi hak-hak tiap orang yang bersangkutan apabila terjadi suatu permasalahan di masa pengerjaan proyek. Di luar negeri, perjanjian di atas kertas harus ada untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengerjakan proyek tersebut. Pertama adalah IMB atau Ijin Mendirikan Bangunan. Sebagai warga negara yang baik, ijin tersebut harus segera diselesaikan. Selain itu, pendaftaran listrik dan air PDAM perlu untuk melengkapi kebutuhan rumah sehari-hari.

Tags :

Bagikan Artikel