Tips Membangun Rumah Secara Efisien

Diperbarui oleh Tsamira Tya Abigail ∙ December 9, 2021 ∙ 3 menit membaca

Bisa memiliki rumah sendiri adalah suatu kebanggaan tersendiri apalagi jika kita dapat menerapkan beberapa tips membangun rumah secara efisien, mempunyai rumah merupakan salah satu pencapaian yang diinginkan setiap orang dikala mereka telah memutuskan untuk memasuki bahtera pernikahan dan memiliki buah hati. Akan tetapi, tidak semua orang seberuntung itu. Ada kalanya biaya pembangunan menjadi persoalan yang cukup pelik dan ada kalanya mereka terjebak dengan berbagai macam ketakutan yang membuat urung untuk memiliki rumah yang diimpikan. Jika ini adalah persoalan yang anda alami, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar bisa mewujudkan rencana memiliki rumah impian tersebut. Dalam artikel ini akan dikupas habis-habisan rahasia sukses untuk memiliki rumah yang diimpikan.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Mewah

Solusi untuk Memiliki Rumah Impian

Rencanakan Blue Print atau rancangan rumah yang anda impikan, ini sangat penting sekali untuk membuat anda tetap konsisten kepada konsep rumah impian saat pelaksanaan proyek tersebut. Terkadang kita merasa kurang percaya diri dengan desain rumah yang kita buat, itu wajar saja. Yang terpenting adalah bagaimana kita menuangkan konsep ide yang ada di kepala untuk dituangkan di atas kertas. Dengan cara sederhana ini, anda bisa membuat langkah yang lebih besar dan riil.

Pembuatan desain rumah impian tersebut memang agak sulit, namun anda bisa menggunakan sebuah software seperti Visio Technical dan AutoCAD. Software ini sangat efektif untuk membantu anda untuk lebih mudah dalam pembuatan desain yang menarik. Sebelum ditunjukkan kepada pekerja bangunan atau kontraktor, sebaiknya anda berdiskusi dulu dengan anggota keluarga agar bisa menemukan desain gambar yang tepat. Jika sudah ada kesepakatan bersama, inilah saatnya untuk berdiskusi dengan salah satu pekerja bangunan tersebut.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Saat Musim Hujan

Jika belum yakin dengan hasil rancangan anda, berkonsultasi dulu dengan arsitek bisa sangat membantu. Barangkali ada saran ataupun perbaikan yang dibutuhkan demi kelancaran proyek pembangunan dan keberhasilan dalam memiliki rumah yang diinginkan. Setiap orang ingin memiliki rumah yang bisa bertahan hingga sampai anak cucu, sehingga selalu perhatikan kualitas bahan material agar selalu yang terbaik. Untuk masalah harga, anda bisa mencari di toko- toko atau hypermart yang bergerak di bidang bahan bangunan untuk memperoleh harga diskon.

Di Indonesia, kesepakatan antara pekerja bangunan dan pemilik bangunan sering hanya sekedar akad yang disampaikan melalui verbal dan tidak melalui tulisan, mereka cenderung saling percaya satu sama lain tanpa harus mengeluarkan surat perjanjian. Ini adalah hal yang kurang tepat sebab tidak ada kekuatan hukum yang dapat melindungi hak-hak tiap orang yang bersangkutan apabila terjadi suatu permasalahan di masa pengerjaan proyek. Di luar negeri, perjanjian di atas kertas harus ada untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengerjakan proyek tersebut. Pertama adalah IMB atau Ijin Mendirikan Bangunan. Sebagai warga negara yang baik, ijin tersebut harus segera diselesaikan. Selain itu, pendaftaran listrik dan air PDAM perlu untuk melengkapi kebutuhan rumah sehari-hari.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Vivo 3 Jutaan Cocok Untuk Gaming!

Smartphone terbaru selalu menjadi pilihan menarik bagi para pecinta gadget. Kali ini, artikel berik

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Desain atap bambu unik dan menarik serta kental dengan nuansa tradisional. Atap seperti ini cocok u

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri Menyentuh Hati

Hari ulang tahun adalah hari yang paling berbahagia untuk seseorang, termasuk pasangan kamu. Ucapan

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan pada investasi. Terkait investasi, jika

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia